Info Sehat

Sering Merasa Pusing Hebat, Yuk Ketahui Ini Dia Beberapa Makanan Penyebab Vertigo!

November 4, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Makanan penyebab vertigo harus dihindari untuk mengurangi risiko kekambuhan dan ketidaknyamanan terhadap gejala yang terkait. Ya, vertigo sendiri dikenal dengan gejala umumnya berupa sensasi berputar dan pusing yang hebat.

Meskipun obat untuk vertigo tersedia, namun beberapa tindak pencegahan juga perlu dilakukan. Nah, untuk mengetahui makanan penyebab vertigo lebih lengkap yuk simak penjelasannya berikut. 

Baca juga: Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Cegah Anemia hingga Cacat Lahir pada Bayi

Apa saja makanan penyebab vertigo?

Dilansir dari Medical News Today, vertigo merupakan perasaan pusing dan berputar di mana biasanya terjadi dengan atau tanpa gerakan apapun. Hal ini disebabkan ketika otak merasa tubuh sedang tidak seimbang padahal sebenarnya bukan demikian.

Saat merasa pusing, seseorang harus segera duduk untuk mengurangi kemungkinan terluka jika jatuh. Biasanya, vertigo adalah gejala dari kondisi medis yang mendasari atau beberapa kondisi berbeda.

Vertigo terkadang hanya terjadi satu kali, namun bagi beberapa orang bisa juga berulang sampai penyebab yang mendasari ditentukan. Untuk mempermudah penyembuhan, berikut beberapa makanan penyebab vertigo yang perlu dihindari.

Makanan yang memicu peradangan

Peradangan memang berperan penting sebagai komponen patogenesis dimana hal ini juga berlaku untuk gangguan telinga dalam. Makanan yang memiliki kecenderungan untuk memicu peradangan, di antaranya gorengan, roti dan kue kering, serta daging olahan.

Makanan tinggi gula

Makanan penyebab vertigo lainnya yang perlu dihindari adalah apabila memiliki kandungan gula cukup tinggi. Kandungan gula tinggi pada makanan dapat menyebabkan fluktuasi volume cairan di telinga sehingga memicu vertigo kambuh. 

Untuk meminimalkan fluktuasi, pilih gula kompleks yang terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian, kentang, dan sayuran. Usahakan untuk menghilangkan konsumsi makanan yang menggunakan gula meja, gula merah, madu, sirup maple, dan sirup jagung.

Makanan yang mengandung tyramine

Tyramine merupakan asam amino yang diketahui dapat memicu migrain dan kondisi lain pemicu pusing atau vertigo. Beberapa makanan yang mengandung tyramine, yakni hati ayam, daging asap, acar ikan haring, coklat, pisang, dan buah sitrus.

Memiliki kandungan garam tinggi

Salah satu makanan penyebab vertigo adalah yang mengandung kandungan garam cukup tinggi. Perlu diketahui, garam sodium menjadi penyebab utama dalam memperparah vertigo.

Mengonsumsi garam bisa menyebabkan retensi kelebihan air di tubuh dan memengaruhi keseimbangan serta tekanan cairan. Kelebihan garam dalam makan juga bisa mengganggu keseimbangan internal.

Nah, beberapa makanan yang perlu dihindari seperti keripik, keju, serta makanan kaleng. Untuk itu, pilih makanan yang secara alami rendah natrium, seperti buah, sayuran segar, unggas, ikan, dan biji-bijian yang belum diolah.

Bagaimana cara mencegah vertigo kambuh?

Melakukan modifikasi pada diet mungkin dapat membantu menghindari pemicu vertigo atau mengontrol gejalanya. Selain mengetahui makanan penyebab vertigo, beberapa pencegahan juga perlu dilakukan seperti:

Batasi konsumsi kafein

Kafein yang ada di dalam kopi, teh, coklat, minuman energi, serta soda dapat meningkatkan sensasi dering di telinga sehingga akan memicu vertigo kambuh.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutritional Neuroscience pada 2018 menyarankan penghapusan asupan kafein.

Hindari alkohol

Alkohol diketahui dapat memperburuk pusing, rasa keseimbangan, dan mual jika kamu rentan terhadap vertigo. Tak hanya itu, alkohol juga memiliki efek negatif pada metabolisme dengan mendehidrasi tubuh dimana membuat metabolit berbahaya bagi telinga bagian dalam dan otak.

Minuman yang mengandung alkohol bisa memperburuk vertigo dengan mengubah volume dan komposisi cairan di telinga bagian dalam. Anggur merah yang merupakan alkohol diketahui sebagai pemicu serangan migrain di mana bisa mengakibatkan pusing dan mual.

Hindari dehidrasi

Tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik bisa menyebabkan gejala vertigo mengalami kekambuhan. Karena itu, terhidrasi dapat membantu meminimalkan pusing dan masalah keseimbbangan lain.

Tubuh kamu umumnya membutuhkan delapan hingga 12 gelas cairan setiap hari. Air putih menjadi pilihan terbaik karena bebas kalori dan kafein sehingga risiko gejala vertigo bisa dihindari.

Baca juga: Punya Masalah Kecemasan? Yuk, Cobain Beberapa Makanan Ini

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medical News Today (2020), diakses 26 Oktober 2020. What are the home remedies for vertigo?
  2. Livestrong.com (2019), diakses 26 Oktober 2020. Foods to Avoid for Vertigo
    Berita Terkait
    register-docotr