Info Sehat

Kak Seto Hobi Parkour di Usia 70 Tahun, Ini Tips Tetap Bugar Saat Menua!

September 2, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Semakin tua, kebanyakan orang akan kehilangan kekuatan tubuh dan menjadi renta. Namun, baru-baru ini psikolog anak, Seto Mulyadi alias Kak Seto, diketahui masih tetap energik meski sudah berusia 70 tahun.

Tubuh yang bugar ini didapatkan dari pola hidup sehat, lho. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara agar tetap bugar dan fit di usia senja, yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Tahapan Usia saat Metabolisme Mulai Melambat

Tips tetap bugar di usia senja: utamakan pola hidup sehat

Dilansir Everyday Health, tidak ada kata terlambat untuk mulai mengambil langkah proaktif dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan. Untuk itu, terdapat beberapa tips agar tubuh tetap bugar di usia senja yang perlu diketahui, yakni:

Tetap aktif secara fisik

Aktif secara fisik dapat membantu mengimbangi banyak efek penuaan. Berolahraga secara teratur misalnya, bisa meningkatkan keseimbangan, meningkatkan suasana hati dengan mengurangi perasaan cemas, dan berkontribusi pada fungsi kognitif yang lebih baik.

Tak hanya itu, fisik yang aktif juga merupakan bagian penting dari pengelolaan beberapa penyakit kronis. Penyakit-penyakit yang mungkin terhindar karena rutin beraktivitas misalnya diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kanker payudara, usus besar, dan osteoporosis.

Centers for Disease Control and Prevention atau CDC merekomendasikan 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang, seperti berenang atau jalan cepat setiap pekan.

Selanjutnya, kamu bisa meningkatkan intensitas olahraga menjadi 30 menit aktif sehari selama lima hari dalam seminggu.

Berinteraksi dengan teman atau keluarga

Melakukan interaksi dengan teman atau keluarga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam The Journals of Gerontology, dilaporkan bahwa tingkat aktivitas sosial tinggi cenderung meningkatkan suasana hati menjadi lebih positif.

Namun, jika saat ini kamu tidak memiliki kehidupan sosial yang aktif, maka carilah kesempatan untuk berhubungan kembali dengan teman. Lebih banyak berinteraksi dengan orang lain dapat membangun perasaan bahagia dan menjauhkan perasaan negatif yang merugikan.

Konsumsi makanan sehat

Untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, maka konsumsilah makanan utuh dengan tinggi serat dan rendah lemak jenuh. Karena itu, kamu bisa mencoba diet Mediterania seperti mengonsumsi minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, buah dan sayuran, serta ikan.

Pastikan juga untuk menghindari penggunaan lemak padat untuk memasak, makanan olahan, gula halus, dan lemak tidak sehat. Agar tekanan darah dapat terjaga, kamu perlu menjaga asupan garam seminimal mungkin.

Istirahat yang cukup

National Sleep Foundation merekomendasikan agar orang dewasa di atas 65 tahun untuk tidur antara 7-8 jam setiap malam. Perlu diketahui, seiring bertambah usia maka perubahan pada jadwal tidur mungkin terjadi sehingga penerapan jam tidur tersebut perlu diterapkan.

Jika kamu mengalami insomnia kronis atau akut, bicarakan dengan dokter. Membicarakan masalah bersama dokter dapat membantu menentukan apa yang membuat kamu terjaga dan memberi tahun tentang solusi tepat untuk mengatasinya.

Minum banyak air putih

Mengonsumsi cukup air bisa membantu tubuh dalam meningkatkan energi dan fungsi otak. Kebiasaan ini telah terbukti dapat membantu menjaga kulit agar lebih sehat dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Banyak air yang dikonsumsi tergantung pada beberapa kondisi, seperti rasa haus, tingkat aktivitas, seberapa sering buang air kecil, dan berapa banyak keringat yang keluar. Untuk itu, jika kamu memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang asupan air, maka bisa bicarakan dengan dokter.

Baca juga: Mengenal Siklus Pelana Kuda pada Pasien DBD, Berikut Fase-fase dan Bahayanya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Ageuk.org.uk (2021), diakses 1 September 2021. 10 tips for ageing better
  2. Cleveland Clinic (2021), diakses 1 September 2021. Stay Fit in Your 40s, 50s, 60s, 70s and Beyond
  3. Everyday Health (2020), diakses 1 September 2021. 10 Steps to Healthy, Happy Aging
  4. Healthline (2019), diakses 1 September 2021. How to Live Your Best Life as You Age
    register-docotr