Info Sehat

Jenis-Jenis Operasi Plastik Wajah dan Tips Aman Melakukannya!

March 31, 2021 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bedah kosmetik adalah salah satu jenis operasi plastik yang sering dilakukan dan bertujuan untuk memperbaiki penampilan seseorang. Operasi plastik yang sering dilakukan yaitu untuk bagian wajah, berikut ini berbagai jenis dan tips aman melakukannya. 

Apa itu operasi plastik wajah? 

Melansir penjelasan dari laman NCBI, Operasi plastik wajah berfokus pada peningkatan penampilan wajah pasien. 

Prosedur operasi plastik wajah yang umum dilakukan yaitu rhinoplasti, blepharoplasty (operasi kelopak mata), rhytidectomy (pengencangan wajah), pengencangan alis, genioplasty (pembesaran dagu), otoplasti (reposisi telinga), sedot lemak, dan transfer lemak. 

Banyak pasien yang melakukan operasi plastik untuk membalikkan perubahan yang terjadi akibat penuaan, seperti kulit kendur, kerutan di sudut mata, garis-garis halus di dahi, hilangnya kontur garis rahang, rahang yang kendur, dan dagu ganda atau sering disebut sebagai double chin

Prosedur operasi pun tersedia untuk hampir semua bagian tubuh, tetapi pilihan untuk menjalani operasi tidak boleh dianggap enteng. Hasilnya seringkali permanen, jadi penting untuk memastikan keputusan, menggunakan praktisi yang tepat, dan memiliki motivasi yang tepat.

Umumnya, dokter ahli bedah dapat merujuk pasien untuk konseling sebelum operasi jika mereka yakin ada masalah mendasar yang tidak dapat diselesaikan dengan operasi, atau jika pasien menunjukkan tanda-tanda Body Dysmorphic Disorder yaitu gangguan pada bagian tubuh. 

Body Dysmorphic Disorder ini dapat menyebabkan seseorang merasa bahwa ada sesuatu yang sangat tidak beres dengan penampilannya, padahal bukti obyektif menunjukkan sebaliknya.

Jenis-jenis operasi plastik wajah 

Operasi kelopak mata

Jenis operasi ini juga disebut sebagai Blepharoplasty, bertujuan untuk membentuk kembali kelopak mata. Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi kendur, dan mungkin ada kelopak mata yang terkulai atau tertutup, dan kantung di kelopak bawah. 

Biasanya tindakan ini melibatkan pengangkatan atau pemosisian ulang kulit dan lemak berlebih, serta prosedur ini dapat memperkuat otot dan tendon di sekitarnya. Prosedur operasi dapat mengubah bentuk wajah atau mengencangkan kulit.

Operasi hidung 

Untuk operasi hidung disebut sebagai rhinoplasty. Dokter ahli bedah akan membentuk kembali hidung pasien untuk memperbaiki penampilan. Operasi ini melibatkan pembentukan kembali ujung dan mengurangi punuk tulang di bagian atas hidung.

Tindakan operasi hidung dapat dilakukan dengan sayatan kecil yang tersembunyi dengan baik, seringkali di dalam lubang hidung.

Dokter bedah tidak merekomendasikan operasi hidung sampai pasien berusia minimal 15 tahun, hal itu bertujuan untuk memungkinkan pertumbuhan penuh tulang rawan dan tulang hidung.

Operasi telinga

Jenis operasi ini disebut juga otoplasti, tujuannya untuk merawat telinga yang menonjol atau cacat dengan cara menjepit telinga lebih dekat ke kepala menggunakan jahitan, membentuk kembali tulang rawan, atau keduanya.

Satu atau kedua telinga mungkin dapat dioperasi. Hal ini paling sering dilakukan pada anak-anak setelah 5 atau 6 tahun karena telinga pada dasarnya telah mencapai ukuran dewasa pada usia tersebut.

Operasi pengencangan wajah

Rhytidectomy juga dikenal sebagai pengencangan wajah, bertujuan untuk menghilangkan kerutan dan mengencangkan kulit wajah melalui pembedahan untuk mendapatkan penampilan yang lebih muda.

Biasanya, sayatan ditempatkan di depan dan belakang telinga, meluas ke garis rambut di area pelipis. Kulit diangkat dari jaringan wajah yang lebih dalam, dikikis lebih erat, dan kelebihan kulit dihilangkan. Sayatan kemudian ditutup dengan jahitan.

Jaringan yang lebih dalam pada wajah dan leher juga mungkin mengencang. Blepharoplasty, atau operasi kelopak mata dapat dilakukan pada waktu yang bersamaan.

Operasi alis 

Pengencangan alis, pengangkatan alis, atau pengencangan dahi bertujuan untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan dengan mengangkat alis yang turun dan menghilangkan kerutan di dahi.

Ini sering dilakukan bersamaan dengan prosedur kosmetik lainnya untuk mendapatkan penampilan wajah yang lebih harmonis.

Operasi dagu

Augmentasi dagu bertujuan untuk membuat dagu lebih menonjol dan memberikan keseimbangan fitur wajah yang lebih baik.

Ini dapat dilakukan bersamaan dengan operasi hidung, tergantung pada pengukuran yang dilakukan sebelum operasi. Prosedur operasi ini dilakukan dengan implan prostetik atau melalui manipulasi tulang dagu.

Operasi pipi

Malar, atau pipi, augmentasi bisa membuat tulang pipi lebih menonjol. Dokter bedah dapat memasang implan di bagian atas tulang pipi.

Baca juga: Bukan Cuma Wajah! Ini 8 Jenis Operasi Plastik Terpopuler di Dunia

Tips aman melakukan operasi plastik 

Sebelum melakukan operasi plastik, pasti akan muncul banyak pertanyaan dan meyakinkan diri sendiri apakah hal ini benar atau tidak.

Jadi ketika sedang mempertimbangkan operasi plastik perlu mempertimbangkan pilihannya dengan hati-hati sebelum melanjutkan, ya. 

Berikut ini tips aman melakukan operasi plastik seperti dilansir dari laman Medical News Today

  • Pilih dokter bedah terkemuka dan periksa kredensial mereka.
  • Setelah mendapatkan pendapat dari dokter, buat keputusan diri sendiri, dan tahan dibujuk untuk memilih sesuatu yang sebelumnya tidak kamu inginkan.
  • Dapatkan informasi lengkap tentang prosedur dan pertimbangkan semua pro dan kontra operasi plastik wajah.
  • Waspadai risiko dan batasan apa pun, misalnya, apakah ini perlu diulang dalam 6 bulan atau tidak. 
  • Pilih momen yang tepat kapan kamu harus melakukan operasi plastik. Hindari melakukan operasi dengan terburu-buru atau misalnya, waktu di sekitar peristiwa yang membuat stres, seperti berganti pekerjaan, cinta kasih sayang, memiliki bayi, atau pindah rumah.
  • Jangan pernah mencari operasi kosmetik untuk menyenangkan atau membuat orang lain terkesan.
  • Jangan bepergian terlalu jauh untuk perawatan, atau jika perlu bepergian, pastikan pengaturannya dapat diandalkan, terutama jika memilih operasi di luar negeri.
  • Waspadalah terhadap deposit yang tidak dapat dikembalikan, dan bersiaplah untuk berubah pikiran.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Ncbi.nlm.nih.gov (2016) diakses pada 30 Maret 2021. Overview of Facial Plastic Surgery and Current Developments
  2. Medicalnewstoday.com (2017) diakses pada 30 Maret 2021. Cosmetic surgery: What you should know 
    register-docotr