Info Sehat

Ini Lho Manfaat Ketumbar Bagi Jantung yang Perlu Kamu Tahu

May 9, 2020 | Husni Efendi | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Apa sih manfaat ketumbar untuk jantung? Pasti kamu mulai bertanya-bertanya, bukan? Daripada bingung, Yuk, simak ulasan berikut.

Jantung adalah organ tubuh yang sangat sensitif, dan merawatnya adalah hal yang penting. Salah satu makanan terbaik yang dapat kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung adalah ketumbar (Coriandrum Sativum).

Penelitan ketumbar untuk kesehatan jantung

Manfaat ketumbar
Manfaat ketumbar. Sumber Foto: healthline.com

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Dietary Supplements menemukan bahwa ramuan ini menawarkan efek perlindungan terhadap gagal jantung.

Para peneliti di Institut Ilmu dan Penelitian Medis (HIMSR) Hamdard dan Universitas Jamia Millia Islamia di India melakukan penelitian pada tikus untuk melihat efek terapi dan perlindungan dari ekstrak ketumbar terhadap gagal jantung.

Penelitian tersebut memberikan isoproterenol pada tikus untuk menginduksi gagal jantung. Isoproterenol adalah obat sintetis yang dapat menyebabkan detak jantung lebih cepat dan peningkatan curah jantung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ketumbar dapat secara signifikan melindungi jantung dari gagal jantung.

Efek perlindungan dari ketumbar ini dapat dikaitkan dengan kemampuannya untuk meningkatkan fungsi ventrikel kiri dan sensitivitas baroreflex, mengurangi peroksidasi lipid, dan mengatur ekspresi reseptor endotelin.

Berdasarkan temuan penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi ketumbar dapat melindungi jantung dari kerusakan seperti gagal jantung.

Tentang ketumbar

Orang menggunakan ketumbar sebagai tambahan rasa untuk sup, salad, kari, dan hidangan lainnya.

Di beberapa bagian dunia, ketumbar sudah umum dipakai untuk bumbu masak, baik daun ketumbar maupun biji ketumbar.

Ketumbar (Coriandrum Sativum) adalah bagian dari keluarga Apiaceae, yang berisi 3.700 spesies, termasuk wortel, seledri, dan peterseli.

Semua bagian tanaman bisa dimakan, tetapi orang paling sering menggunakan daun segar dan biji kering untuk memasak.

Ketumbar juga sumber antioksidan yang baik. Menggunakan ketumbar untuk makanan dapat mendorong orang lebih sedikit menggunakan garam serta mengurangi asupan natrium.

Manfaat ketumbar untuk kesehatan jantung

Selain menambahkan rasa ke berbagai hidangan, ketumbar juga menawarkan manfaat bagi kesehatan saat dikonsumsi, khususnya kesehatan jantung.

Di Amerika Serikat (AS), lebih dari 610.000 orang meninggal karena penyakit jantung setiap tahun. Itu berarti 1 dari setiap 4 kematian disebabkan oleh penyakit jantung.

Namun, berita baiknya adalah makan makanan kaya sayuran hijau dapat melindungi jantung. Dan ketumbar adalah salah satu bumbu makanan dan sayuran yang dapat memberi kamu keunggulan ekstra terhadap kerusakan oksidatif.

Bukti menunjukkan bahwa phytochemical dalam daun ketumbar dapat melindungi jantung dari kerusakan oksidatif yang membantu menjaga kesehatan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL (buruk).

Ekstrak ketumbar tampaknya bertindak sebagai diuretik, membantu tubuh membersihkan kelebihan natrium dan air. Ini dapat menurunkan tekanan darah kamu lho.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ketumbar dapat membantu menurunkan kolesterol. Satu studi menemukan bahwa tikus yang diberi biji ketumbar mengalami penurunan kolesterol LDL (buruk) yang signifikan dan peningkatan kolesterol HDL (baik).

Dalam populasi mereka yang mengonsumsi ketumbar dalam jumlah besar, di antara rempah-rempah lainnya, tingkat penyakit jantung cenderung lebih rendah, terutama dibandingkan dengan orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak garam dan gula.

Nutrisi pada ketumbar

Satu cangkir ketumbar mentah dengan berat sekitar 16 gram (g) memberikan:

  • 3,68 kalori
  • 0,083 gram (g) lemak
  • 0,587 g karbohidrat
  • 0,341 g protein

Ketumbar juga mengandung vitamin C, provitamin A, dan K, serta jumlah nutrisi lain seperti

  • folat
  • kalium
  • mangan
  • kolin
  • beta karoten
  • beta-cryptoxanthin
  • lutein
  • zeaxanthin

Ketumbar dalam olahan jus

Memasukkan ketumbar dalam makanan adalah cara yang bagus untuk menambahkan rasa pada hidangan atau sayuran tanpa menambahkan kalori, lemak, atau natrium ekstra.

Jika kamu ingin tetap memanfaatkan daun ketumbar, kamu dapat menambahkannya dalam olahan jus hijau yang dipadukan dengan buah/sayur segar lainnya.

Olahan hijau organik yang mengandung berbagai sayuran atau buah dapat kamu campur menjadi smoothie, atau bisa disajikan dalam semangkuk sarapan.

Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat ketumbar untuk jantung. Dengan mengonsumsi ketumbar (biji atau daun) kamu bisa terhindar dari risiko penyakit jantung, sambil tetap bisa berkreasi menggunakan ketumbar untuk olahan sayur atau daunnya untuk dibuat jus.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

– 8 Surprising Health Benefits of Coriander – diakses 06 Mei 2020

https://www.healthline.com/nutrition/coriander-benefits

 

– Why is cilantro (coriander) good for you? – diakses 06 Mei 2020

https://www.medicalnewstoday.com/articles/277627

 

– 7 Health Benefits of Cilantro – diakses 06 Mei 2020

https://thegoodinside.com/7-health-benefits-of-cilantro/

 

– Eating coriander protects your heart from damage – diakses 06 Mei 2020 https://yournews.com/2018/12/11/782241/eating-coriander-protects-your-heart-from-damage/

 

    Berita Terkait
    register-docotr