Info Sehat

Ketumbar, si Rempah Mungil untuk Kurangi Risiko Kanker

May 1, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ketumbar mungkin dikenal oleh masyarakat umum sebagai penyedap masakan atau bumbu dapur. Faktanya ketumbar punya segudang manfaat untuk kesehatan.

Ketumbar atau Coriandrum sativum L adalah bagian dari keluarga Apiaceae, yang berisi 3.700 spesies, termasuk wortel, seledri, dan peterseli. Semua bagian tanaman dapat dimakan. 

Akan tetapi, orang lebih sering menggunakan daun dan biji ketumbar untuk memasak.

Namun, manfaat ketumbar bukan hanya untuk memasak saja. Ketumbar juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut ini merupakan manfaat ketumbar untuk kesehatan

Ketumbar atau Coriandrum sativum L. Foto: https://www.shutterstock.com/

1. Meredakan gangguan pencernaan

Ketumbar dapat digunakan untuk mengobati penyakit pencernaan seperti mual, diare, perut kembung, sembelit dan Irritable Bowel Syndrome (IBS). 

Dalam suatu penelitian di dapatkan orang yang mengkonsumsi 30 tetes obat herbal yang mengandung ketumbar sebanyak 3 kali sehari dapan menurunkan resiko sakit perut, begah dan rasa tidak nyaman di perut.

Tentunya, kamu bisa memiliki pencernaan yang lebih sehat!

2. Menjaga kesehatan kulit

Antioksidan sudah terkenal manfaatnya bagi kulit. Nah, ketumbar pun memiliki zat yang bermanfaat ini. 

Ketumbar  memiliki beberapa manfaat kulit, termasuk untuk anti aging. 

Baca juga : Ingin Punya Kulit Sehat dan Cerah saat Berpuasa? Simak Tipsnya Yuk!

Antioksidan dalam ekstrak ketumbar juga dapat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mempercepat penuaan kulit, serta kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet B. 

3. Menurunkan kadar gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa biji ketumbar dapat membantu menurunkan gula darah, lho.

Gula di dalam darah berangsur berkurang karena adanya aktivitas enzim yang membantu menghilangkan gula dari darah. Selain itu, kandungan ini juga meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh.

Tidak mengherankan jika manfaat ini digunakan sebagai obat penyakit diabetes, ya.

4. Mengurangi rasa sakit dan peradangan

Dari penilitian di dapatkan ketumbar memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa sakit. Mengkonsumsi ketumbar 3 kali sehari selama satu bulan dapat meringankan migrain lho.

Selain itu, ketumbar juga dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan yang dimiliki ketumbar terbukti melawan peradangan di tubuh, lho.

5. Manfaat ketumbar untuk kesehatan yaitu menjaga kesehatan otak

Kita tahu bahwa ketumbar memiliki zat yang mampu menyembuhkan peradangan. Untuk itu, banyak penyakit yang dapat dicegah karena mengonsumsi tanaman ini.

Dalam penelitian di dapatkan ketumbar dapat mencegah kerusakan sel, meningkatkan daya ingat dan dapat membantu meringankan kecemasan.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketumbar dapat membantu menurunkan kolesterol, lho. Jika kadar kolesterol jahat di dalam darah terlalu tinggi, tentunya akan berbahaya bagi kesehatan jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa masyarakat yang lebih banyak mengkonsumsi rempah-rempah seperti ketumbar memiliki kesehatan jantung yang lebih baik. Alasannya, mengkonsumsi ketumbar membantu membantu mengurangi asupan natrium, menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

7. Menyembuhkan infeksi jamur pada kulit

Ketumbar memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Minyak yang berasal dari daun ketumbar diteliti dapat menyembuhkan infeksi kulit yang disebabkan jamur dan bakteri.

Sifat ini pula yang membuat minyak ketumbar dapat dimanfaatkan sebagai pengawet makanan alami, lho.

8. Mengurangi risiko kanker

Kandungan antioksidan yang dimiliki ketumbar memang mempunyai banyak manfaat. Bukan hanya baik bagi kulit dan menyembuhkan peradangan, antioksidan juga dapat mencegah kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa ketumbar dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat dan payudara. Ekstrak ketumbar  dapat memperlambat penyebaran sel tersebut. Penelitian ini di lakukan pada tikus ya, untuk efeknya padda manusia para peneliti masih terus mendalaminya.

Manfaat ketumbar untuk kesehatan memang baik, tetapi tidak semua orang dapat mengkonsumsinya.

Perempuan hamil atau menyusui, orang yang memiliki tekanan darah rendah, diabetes, atau masih dalam waktu dalam dua minggu sebelum operasi harus berkonsultasi dengan layanan kesehatan bila ingin mengkonsumsi ketumbar.

Perlu diingat, walaupun memiliki banyak manfaat, ketumbar harus tetap dikonsumsi dengan jumlah dan dosis yang tepat, ya. Tentunya, tetap mengkonsumsi makanan lainnya yang kaya akan vitamin dan mineral.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr