Puasa

Ingin Cegah Lapar Saat Puasa? Coba Konsumsi Makanan Berikut!

May 1, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu
no-image

Cara mencegah lapar saat puasa bisa disiasati dengan mulai mengonsumsi makanan penuh nutrisi saat sahur. Rasa lapar merupakan cara alami untuk menyampaikan jika tubuh kamu membutuhkan bahan bakar lebih. 

Tubuh akan mengirimkan sinyal ini ketika perut sedang dalam keadaan kosong. Terkadang rasa lapar ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan susah konsentrasi. Nah, untuk menghindari hal tersebut kamu perlu tahu cara mencegah rasa lapar saat puasa.

Memperhatikan kandungan nutrisi dalam makanan selama periode puasa penting karena dapat membantu mencegah rasa lapar. Konsumsi makanan yang tepat akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat terlalu lapar di siang hari.

Makanan yang Mampu Mencegah Lapar saat Puasa

Rasa kenyang bisa dipertahankan dengan mengonsumsi makanan dengan karakteristik tertentu. Umumnya, rasa lapar bisa ditunda jika kamu rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan protein. 

Namun, terkadang orang-orang cenderung mengkonsumsi makanan yang tidak sehat saat selama puasa. Padahal, sangat disarankan untuk menghindari makanan tidak sehat dan rasa terlalu kenyang.

Untuk membantu kamu dalam mengatasi rasa lapar berlebih saat berpuasa, coba awali dengan mencari tahu makanan sehat yang cocok untuk dikonsumsi. Beberapa makanan yang bisa menjadi tips mencegah rasa lapar saat puasa adalah:

1. Kentang rebus

Dalam sebuah studi, rasa kenyang yang lebih lama bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi kentang rebus. Kentang rebus diketahui memiliki skor rasa kenyang tertinggi yakni 323. Sementara, kentang goreng memiliki skor yang relatif rendah yakni 116.

Kentang sendiri merupakan makanan yang sangat padat dan kaya akan pati, vitamin C, dan beberapa nutrisi sehat lainnya. Selain itu, kentang rebus juga mampu mengolah nutrisi menjadi energi karena kandungan vitamin B6 di dalamnya.  

2. Telur

Telur adalah sumber protein, vitamin, serta mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh selama berpuasa. Kandungan dalam sebuah telur mampu mengurangi rasa lapar dan sekaligus memperpanjang rasa kenyang.

Kandungan gizi yang cukup banyak dalam telur juga bisa menambah energi dalam tubuh. Karena itu, telur menjadi salah satu makanan yang cocok dikonsumsi saat sahur karena mampu menunda rasa lapar cukup lama di siang hari. 

3. Kacang-kacangan

Selain telur, makanan yang bisa menunda rasa lapar lebih lama adalah kacang-kacangan. Kacang memiliki kandungan protein tinggi serta lemak tak jenuh yang merupakan lemak sehat. Kacang juga memiliki kalori tinggi, tetapi juga kaya nutrisi sehingga efektif meningkatkan rasa kenyang.

Penelitian The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan kacang tidak meningkatkan berat badan. Karena itu, kamu bisa menjadikan kacang sebagai cemilan karena tidak akan membuat berat badan bertambah. 

4. Daging dan ikan tanpa lemak

Daging serta ikan tanpa lemak memiliki protein yang tinggi dan rendah lemak jenuh. Daging tanpa lemak dapat membantu kamu mendapatkan asupan protein yang cukup dan menjaga asupan kalori tetap rendah.

Kandungan protein dalam ikan tanpa lemak juga bisa membantu berat badan tetap terjadi selama periode puasa. Pastikan juga untuk mengonsumsi sayur-sayuran agar asupan nutrisi tetap terkontrol dengan baik. 

5. Makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat merupakan komponen paling penting karena mampu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol. Serat yang tinggi dalam makanan juga berguna dalam mengendalikan rasa lapar dan memperpanjang rasa kenyang. 

Tak hanya itu, makanan yang tinggi akan serat efektif untuk menurunkan berat badan. Beberapa makanan tinggi serat yang bisa dikonsumsi adalah gandum, wortel, dan buah-buahan seperti pisang atau jeruk. 

Hindari Hal Berikut Saat Berbuka Puasa

Tidak terlalu banyak makan ketika berbuka puasa juga harus dilakukan agar asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh menjadi seimbang. Beberapa makanan yang perlu dihindari saat berbuka, antara lain:

1. Segala jenis gorengan

Makanan yang digoreng memang nikmat dikonsumsi saat berbuka puasa. Padahal, makanan jenis ini akan menyebabkan sistem pencernaan bekerja lebih keras. Jika ingin tetap mengonsumsi makanan yang digoreng, makanlah saat malam hari dan bukan saat berbuka puasa. 

2. Makanan pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan asam lambung naik sehingga rasa tidak nyaman akan muncul. Selain makanan pedas, hindari juga minuman dengan kandungan kafein saat sahur atau berbuka puasa. 

3. Makanan tinggi gas

Makanan yang memiliki kandungan gas, seperti nangka dan durian perlu dihindari selama periode puasa. Minuman berkarbonasi serta makanan tinggi kalori juga disarankan untuk dihindari karena bisa menyebabkan dehidrasi serta mengganggu proses detoksifikasi.

Jika sudah mengetahui cara mencegah lapar saat puasa, coba terapkan selama periode puasa ini, ya! Semoga bermanfaat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Times of India (2017) diakses 22 April 2020. How not to feel hungry when fasting
  2. Medical News Today (2019) diakses 22 April 2020. What are the most filling foods?
  3. The American Journal of Clinical Nutrition (2013) diakses 22 April 2020. Nut intake and adiposity: meta-analysis of clinical trials
  4. The Jakarta Post (2017) diakses 22 April 2020. 5 foods to avoid during sahur and iftar
    Berita Terkait
    register-docotr