Info Sehat

Benarkah AC Bisa Bikin Flu? Ini Penjelasannya!

April 7, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Berada di ruangan yang menggunakan air conditioner (AC) memang menyenangkan, Apalagi jika cuaca di luar sedang panas. Meskipun demikian, ada beberapa penyakit yang bisa saja muncul karena AC. Salah satunya flu karena AC.

Penggunaan AC sendiri memang berisiko memicu beberapa penyakit. Hal ini disebutkan dalam kajian literatur yang terdapat di International Journal of Epidemiology

Baca juga: Ini Perbedaan Pilek dan Flu yang Perlu Kamu Tahu

Kenapa AC bisa menyebabkan penyakit?

Penelitian menyebut kalau kecenderungan orang mengalami sakit terjadi di gedung perkantoran yang menggunakan AC. Hal ini dikarenakan gedung ber-AC kurang memiliki ventilasi alami.

Beberapa gejala yang timbul karena berada di gedung dengan AC antara lain iritasi membran lendir, sesak napas, kulit iritasi, hingga gejala neurologis seperti sakit kepala dan letih.

Gejala-gejala yang timbul itu disebut sebagai sick building syndrome. Meskipun demikian, sindrom-sindrom ini tidak mengacu pada satu jenis penyakit yang spesifik.

Apakah bisa sakit flu karena AC?

Meskipun jarang, tapi kamu bisa terkena flu karena berada di dalam ruangan dengan AC. Hal ini dikatakan oleh dokter anak Shantanu Ray. Hal ini dikarenakan virus dan bakteri biasanya berkembang di dalam saluran AC.

“Ada kecenderungan untuk menutup pintu dan jendela sepanjang hari karena AC. Tindakan ini justru membuat bakteri dan virus tersebut tidak bisa keluar dari ruangan yang ber-AC itu,” ujar Ray.

Selain itu, permukaan sistem AC yang terus lembap disebut dalam penelitian di International Journal of Epidemiology menjadi satu media tumbuh yang baik terhadap mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit seperti flu dan pilek.

Anak-anak lebih rentan mengalaminya

Ray menyebut anak-anak sebagai satu kelompok yang rentan terkena flu karena AC. Hal ini dimungkinkan lantaran sistem imun mereka masih rendah.

Sementara itu, secara umum Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut anak-anak yang berusia di bawah lima tahun, terutama yang berusia kurang dari 2 tahun merupakan kelompok yang rentan terkena komplikasi dari penyakit flu ini.

Kelompok rentan lainnya

Selain anak-anak, kelompok berikut ini termasuk rentan mengalami komplikasi penyakit flu:

  • Lansia lebih dari 65 tahun
  • Orang dengan penyakit asma
  • Adanya masalah neurologis
  • Memiliki kelainan darah
  • Orang dengan penyakit paru-paru kronis
  • Memiliki kelainan endokrin
  • Memiliki penyakit ginjal, liver dan masalah metabolisme

Apa saja gejala penyakit flu itu?

Penyakit influenza (flu) sendiri merupakan penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini bisa timbul dengan ringan atau parah pada penderitanya. 

Beberapa gejala dari penyakit ini adalah:

  • Demam atau merasa kedinginan
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung meler
  • Badan atau otot yang terasa sakit
  • Sakit kepala
  • Letih

Beberapa orang bisa mengalami muntah hingga diare. Meskipun demikian, gejala yang satu ini lebih umum dialami oleh anak-anak ketimbang orang dewasa.

Bagaimana cara mencegah flu karena AC?

Jika kamu mengalami flu karena AC, maka cara terbaik untuk mencegah sakit di masa depan adalah dengan membersihkan AC secara berkala, setidaknya satu kali dalam setahun. 

Selain itu, secara umum kamu bisa mencegah virus flu tetap tinggal di dalam ruangan ber-AC dengan membersihkan ruangan.

Beberapa peralatan yang perlu kamu waspadai menjadi pusat penyebaran virus flu adalah peralatan yang kerap disentuh seperti keran air, gagang pintu, meja, pegangan teko dan pegangan kulkas.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang kemungkinan sakit flu yang disebabkan oleh AC, selalu jaga kondisi kesehatan supaya kamu tidak mudah sakit, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Times of India, diakses 05 April 2021. Is your airconditioner giving you the flu? – Times of India
  2. Oxford Academic, diakse 05 April 2021. Commentary: Air conditioning as a risk for increased use of health services
  3. Global News, diakses 05 April 2021. Reality check: Can air conditioning make you sick?
  4. New South Wales Government, diakses 05 April 2021. Frequently asked questions about influenza – Influenza
  5. CDC, diakses 05 April 2021. Flu & Young Children
  6. CDC, diakses 05 April 2021. Seasonal Influenza (Flu)
    register-docotr