Info Sehat

Bahaya, Ternyata Ini Sederet Efek Samping Sepatu Hak Tinggi Bagi Wanita

July 2, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Tujuan setiap wanita memakai hak tinggi tentu agar kaki terlihat lebih jenjang dan seksi. Namun sayangnya efek samping sepatu hak tinggi justru bisa menimbulkan beberapa masalah bagi kesehatan loh.

Sepatu hak tinggi tentu tidak nyaman untuk pemakaian sehari-hari. Namun terkadang pasti kamu ingin memakainya atau perlu dipakai untuk menghadiri sebuah acara penting hingga masalah pekerjaan.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Macam-macam Cara Ampuh Mengobati Eksim di Kaki

Efek samping sepatu hak tinggi bagi kesehatan

Selain menunjang bentuk kaki terlihat lebih jenjang, tentu kamu sudah akrab dengan rasa sakit dan lecet pada kaki karena menggunakan hak tinggi.

Walaupun rasa sakitnya terasa hanya sementara, tetapi ada beberapa efek samping sepatu hak tinggi lainnya yang mungkin akan menyerang kamu di kemudian hari. 

Sebelum menggunakan sepatu hak tinggi, ada baiknya kamu ketahui dahulu yuk apa saja efek samping pemakaian sepatu hak tinggi dan bagaimana mengatasi masalah tersebut yang dilansir dari stylecraze.com

1. Nyeri punggung 

Sepatu hak tinggi adalah fashion terbaik untuk wanita. Mereka biasanya merasa cantik dan seksi ketika menggunakan sepatu hak tinggi. 

Tapi ternyata tidak sebanding dengan tingkat kenyamanan yang kamu rasakan saat memakainya apalagi dalam waktu berjam-jam. Sepatu hak tinggi tidak memberikan dukungan penuh untuk kaki.

Hal ini yang menyebabkan distribusi berat yang tidak merata dapat memicu rasa sakit, peradangan dan nyeri di punggung bagian bawah. 

2. Radang betis

Otot betis yang sakit adalah efek samping lain dari pemakaian sepatu hak tinggi. Hal ini juga dapat menyebabkan pembuluh darah menonjol, yang tidak hanya terlihat mengerikan tetapi juga sangat menyakitkan. 

3. Menyebabkan pergelangan kaki keseleo

Sepatu dengan hak tinggi dan lancip adalah yang paling berisiko menyebabkan cedera loh. Hal tersebut karena berat tubuh yang bertumpu hanya pada dua ujung lancip tersebut membuat kamu berisiko tinggi untuk jatuh dan mengalami keseleo.

Sebaiknya sangatlah berhati-hati terutama pada permukaan lantai atau jalan yang licin ya. 

4. Sakit pada tulang belakang 

Kebanyakan fashionista mengenakan stiletto atau sepatu hak tinggi untuk memamerkan sosok lekuk kaki mereka. Sepatu hak tinggi membuat lengkungan punggung bawah lebih dari biasanya. 

Namun faktanya, ketinggian tumit berbanding lurus dengan tingkat lengkungan di punggung yang dapat menyebabkan rasa sakit di daerah bagian punggung atas hingga bawah.

5. Menyebabkan achilles tendinitis

Bagian achilles yaitu salah satu jaringan ikat yang berperan penting pada pergerakan kaki saat kamu berjalan.

Jika kamu salah satu orang yang sering memakai sepatu hak tinggi secara terus-menerus apalagi dalam jangka waktu panjang, sebaiknya berhati-hati bisa menyebabkan peradangan pada tendon atau tendinitis. 

Peradangan ini terjadi karena jaringan ikat yang menghubungkan otot betis di kaki bawah bagian belakang ke tulang tumit.

Ketika kamu mengalami tendinitis, biasanya akan terasa tegang saat meregangkan kaki dan ditandai dengan nyeri dan bengkak pada tumit saat berjalan.

Saat merasakan hal seperti itu, pastikan kamu tidak mengabaikannya karena akan berisiko tendon Achilles robek hingga membuat kamu tidak bisa berjalan. 

6. Hiperekstensi jari kaki

Efek samping memakai sepatu hak tinggi sepanjang waktu adalah kamu bisa mengalami jari kaki dalam hiperekstensi permanen. Yakni jari-jari kaki mengalami ayunan ke arah belakang secara terus-menerus dan berlebihan.

7. Menghambat pembuluh darah

Sepatu hak tinggi biasanya membuat kaki tampak lebih panjang dan lebih tipis. Bentuk sepatu menekan kaki ke posisi yang tentu saja tidak alami dan sama sekali tidak nyaman.

Stres pada kaki dapat menyebabkan aliran darah menyempit. Dalam kasus seperti ini tentu dapat menyebabkan pembuluh darah pecah. 

Baca juga: Rentan Terjadi pada Wanita, Kenali Tentang Infeksi Saluran Kemih

8. Kaki bengkok

Hammer toe atau kaki bengkok adalah salah satu efek samping paling berbahaya dari pemakaian sepatu hak tinggi. Posisi kaki yang tidak alami, ketegangan pada betis, pembuluh darah dan punggung mengakibatkan kelainan bentuk kaki, yang disebut hammer toe.

Setelah mengetahui beberapa efek samping dari pemakaian sepatu hak tinggi di atas, diharapkan kamu bisa lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

Sangat dianjurkan pakailah sepatu hak tinggi dalam batas sewajarnya dan tidak secara terus-menerus apalagi dalam jangka waktu yang panjang ya. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Insider.com (2018) diakses 26 Juni 2020. 7 scary things that can happen when you wear heels too muc
  2. Stylecraze.com (2020) diakses 26 Juni 2020. 10 Side Effects Of Wearing High Heels
  3. Littlethings.com (2020) diakses 26 Juni 2020. High Heels: Eight Unexpected Health Risks
  4. Simplemost.com (2016) diakses 26 Juni 2020. The 5 Unhealthy Side Effects Of Wearing High Heels

 

    register-docotr