Info Sehat

Daftar Obat Eksim Kering dari yang Alami sampai Pengobatan Medis

March 14, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Jika bicara tentang eksim, mungkin sudah tidak asing. Eksim adalah salah satu masalah kulit yang menyebabkan gatal, kemerahan, ruam dan kulit menjadi kering. Beberapa orang menyebutnya sebagai eksim kering. Apa sebenarnya eksim kering dan apa saja obat eksim kering yang biasa digunakan? 

Apa itu eksim kering?

Dalam istilah medis sebenarnya tidak ada yang disebut eksim kering. Namun kemungkinannya, ini adalah penyebutan umum untuk salah satu jenis eksim, yaitu dermatitis atopik

Karena dermatitis atopik adalah jenis eksim yang paling umum yang membuat kulit kering, gatal dan sering berubah menjadi ruam kemerahan. Eksim jenis ini bisa dialami siapa saja, dari bayi sampai orang dewasa.

Pada bayi gejalanya berupa kulit kering, gatal dan bersisik. Pada anak gejala yang muncul juga sama, kulit kering, gatal dan bersisik, biasanya muncul di lipatan tubuh seperti siku, lutut. Kulit anak juga menjadi tebal dan kasar. 

Sementara pada orang dewasa, yang pernah mengalami eksim saat anak-anak, selain gejala kulit kering, gatal dan timbul ruam, kulit juga mungkin mengalami kulit yang berubah warna, sehingga mudah teriritasi. 

Bagaimana dengan eksim basah? 

Jika kamu pernah mendengar istilah eksim kering, kemungkinan kamu juga pernah mendengar istilah eksim basah. Nah, sama seperti eksim kering, sebenarnya tidak ada eksim basah dalam istilah medis.

Penyebutan ini mungkin untuk membedakan jenis-jenis eksim. Karena dalam dunia medis ada 7 jenis eksim berbeda. Selain dermatitis atopik, ada juga yang disebut dermatitis kontak, eksim dyshidrotic, eksim tangan, neurodermatitis, nummular dan dermatitis statis. 

Dari ketujuh jenis tersebut, beberapa di antaranya, seperti dermatitis kontak dapat menyebabkan munculnya lepuhan berisi cairan, ketika pecah akan mengeluarkan cairan. Sehingga dianggap sebagai eksim basah. Eksim dyshidrotic juga memungkinkan timbulnya lepuh berisi cairan di jari tangan dan kaki. 

Apa saja obat eksim kering?

Ada dua pilihan yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala eksim. Terutama meredakan gatal. Kamu bisa memilih obat eksim alami ataupun obat-obatan medis. 

Obat alami

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi eksim kering di rumah secara alami. 

  • Menggunakan pelembap kulit setelah mandi, untuk mempertahankan kelembapan. 
  • Memakai bahan katun atau pakaian berbahan lembut agar tidak memicu gatal. 
  • Menggunakan humidifier saat udara kering, ini membantu melembapkan kulit.
  • Menggunakan sabun lembut atau sabun yang diformulasikan khusus untuk penderita eksim.
  • Sebisa mungkin menghindari pemicu eksim.
  • Mandi dengan air hangat. 
  • Menggunakan gel lidah buaya, membantu meredakan gejala eksim, karena sifatnya yang antibakteri, antimikroba, meningkatkan sistem kekebalan dan membantu penyembuhan luka.
  • Memakai cuka sari apel, karena sifatnya yang asam mungkin akan mengembalikan tingkat keasaman kulit. Karena penggunaan sabun yang biasanya dapat menurunkan keasaman kulit. 
  • Minyak kelapa, karena dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit, dengan begitu dapat mengurangi kulit kering pada penderita eksim kering.
  • Mengoleskan madu bisa menjadi obat eksim kering, karena selain membantu melembapkan kulit juga bisa mencegah infeksi. 

Obat eksim kering medis

Biasanya obat-obatan berikut ini bisa didapatkan melalui resep dokter. Di antaranya:

  • Salep kortikosteroid, yang merupakan obat antiinflamasi yang dapat meredakan gejala gatal dan peradangan kulit.
  • Kortikosteroid sistemik. Obat eksim kering ini biasanya disuntikkan atau berupa obat minum. Hanya bisa didapatkan jika diresepkan khusus oleh dokter. 
  • Obat antivirus dan antijamur. Ini adalah salah satu obat yang mungkin diresepkan oleh dokter. 
  • Antibiotik. Jika dokter meresepkan antibiotik jika sudah terjadi infeksi pada kulit.
  • Antihistamin. Ini mungkin akan diberikan jika terjadi eksim kontak, yang terjadi akibat reaksi kekebalan tubuh terhadap pemicu seperti lateks atau logam tertentu.
  • Pelembap, yang dapat membantu menahan air di kulit dan bekerja untuk memperbaiki kulit.
  • Fototerapi. Menggunakan gelombang UVA atau UVB, bisa digunakan untuk mengatasi dermatitis sedang, dan dipantau oleh dokter. 

Setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda. Karena itu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu, agar mendapat perawatan dan obat eksim kering yang tepat. 

Punya pertanyaan lebih lanjut? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 6 Maret 2021
What Are the 7 Different Types of Eczema?
Healthline, diakses 6 Maret 2021
What Is Atopic Dermatitis?
Medical News Today, diakses 6 Maret 2021
What to know about eczema
Medical News Today, diakses 6 Maret 2021
Top 12 natural remedies for eczema

    register-docotr