Info Sehat

Patut Dicoba, 8 Cara Mengeluarkan Dahak yang Nyangkut di Tenggorokan

July 26, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ketika tenggorokan penuh dahak, biasanya kita akan merasakan gatal atau sakit pada tenggorokan. Namun jangan khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara lho. Simak ulasan mengenai cara mengeluarkan dahak di tenggorokan di bawah ini ya.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi

Apakah dahak berbahaya? 

Keberadaan lendir dalam saluran pernapasan sebenarnya adalah hal yang normal. Lendir yang lengket dapat menjebak debu, alergen, dan virus yang ada pada jaringan tubuh. Ketika tubuh sehat, lendir pada tubuh akan terlihat tipis.

Sedangkan ketika sakit, lendir bisa menebal karena berhasil menjebak virus yang menyerang tubuh sehingga disebut dahak. Namun lendir yang menumpuk tersebut akan membuat tubuh terasa tidak nyaman sehingga kamu perlu mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Beberapa kondisi kesehatan juga dapat menjadi penyebab dahak yang menumpuk, seperti:

  • Refluks asam
  • Alergi
  • Asma
  • Cystic fibrosis.

Namun bila kemunculan dahak ini berangsur sangat lama dan mengganggu aktivitasmu, segeralah buat janji untuk bertemu dokter. 

8 cara mengeluarkan dahak di tenggorokan 

Kemunculan dahak memang dapat mengganggu, tapi kamu tidak perlu terlalu khawatir. Berikut sejumlah cara mengeluarkan dahak di tenggorokan yang bisa kamu terapkan di rumah dengan bahan alami maupun obat resep dokter.

1. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam yang hangat menjadi cara mengeluarkan dahak di tenggorokan yang terbilang mudah dan aman. Enggak hanya itu, air garam juga dapat membunuh kuman dan meredakan sakit tenggorokan.

Caranya, cukup campurkan secangkir air hangat dengan 1/2 hingga 3/4 sendok teh garam. Air hangat sangat disarankan karena dapat melarutkan garam dengan cepat. Kumurlah dengan larutan tersebut selama 30-60 detik lalu keluarkan airnya. Ulangi beberapa kali hingga kamu merasa lebih baik. 

2. Gunakan minyak kayu putih

Menggosok minyak kayu putih merupakan salah satu cara mengeluarkan dahak di tenggorokan yang cukup umum dilakukan. Minyak kayu putih dapat memberikan sensasi hangat sehingga membantu mengencerkan dahak. 

Gosoklah minyak kayu putih di sekitar tenggorokan dan dada agar wanginya dapat terhirup dengan baik sampai hidung. Kamu juga bisa memilih minyak esensial yang mengandung kayu putih dan menggunakan diffuser untuk menghirup uapnya. 

3. Minum banyak air

Banyak minum air putih terutama yang hangat, dapat membantu dahak mengalir keluar dengan lebih mudah. Untuk itu, pastikan kamu tidak kekurangan cairan ya.

Selain air putih kamu juga bisa kok meminum jus buah hangat atau air lemon. Tapi hindari ya meminum minuman seperti alkohol, kopi, dan minuman berkafein lainnya.

4. Lembapkan udara 

Melembabkan udara di sekitarmu dapat membantu menjaga lendir agar tidak menebal. Untuk mendapatkan udara lembap, kamu bisa menggunakan alat humidifier yang bisa dinyalakan selama seharian. Tetapi pastikan kamu mengganti air dan membersihkannya ya.

5. Makan makanan yang melegakan tenggorokan

Cobalah mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu melegakan tenggorokan. Misalnya sup ayam, lemon, jahe, atau bawang putih. Mengonsumsi makanan pedas yang mengandung zat capsaicin, seperti cabe rawit atau cabai, juga bisa menjadi cara mengeluarkan dahak di tenggorokan.

Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa makanan serta suplemen di bawah ini juga dapat mencegah atau mengobati penyakit pernapasan yang disebabkan virus

6. Minum obat yang dijual bebas

Dahak di tenggorokan bisa dikeluarkan dengan mengonsumsi obat pengencer dahak yang bisa kamu beli di apotek. Mulai dari yang berbentuk tablet, sirup, atau serbuk. Jangan lupa untuk selalu instruksi penggunaan obat yang tertera pada kemasan ya. 

Baca juga: Mengenal Ambroxol: Obat Pengencer untuk Batuk Berdahak

7. Istirahat dengan cukup

Ketika kamu mengalami batuk dan pilek disertai dahak yang menghambat pernapasan, kamu perlu banyak beristirahat. Istirahat yang baik dapat memberi tubuh ruang dan waktu untuk menangkal infeksi.

Hindari melakukan banyak berolahraga terutama pada siang hari. Olahraga justru dapat memicu kamu mengalami dehidrasi sehingga dahak lebih sulit keluar. 

8. Komsumsi obat dokter

Ada obat-obatan khusus yang dapat mengencerkan dahak bila ternyata kamu memiliki kondisi paru-paru kronis seperti cystic fibrosis. Bila kamu memiliki kondisi medis tertentu dokter juga mungkin akan meresepkan obat khusus yang dihirup melalui nebulizer.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
    register-docotr