Kehamilan

Selain Segar dan Manis, Apa Saja Manfaat Sirsak untuk Ibu Hamil?

July 26, 2020 | Dhiamara Arradea
no-image

Tahukah kamu bahwa buah sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk pada ibu hamil. Ya, selain disukai karena rasanya yang manis khas, sirsak juga bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil.

Hal tersebut dikarenakan terdapat kandungan nutrisi yang tinggi di dalamnya. Di antaranya seperti vitamin B2, vitamin C, kalsium, fosfor, kabohidrat, dan serat.

Kandungan nilai gizi sirsak

Mengonsumsi 225 gram sirsak dapat menghasilkan 1,4 mg mangan; 46,4 mg vitamin C; 37,89 gram karbohidrat; 0,193 mg tembag;, 1,35 mg besi dan 626 mg kalium.

Selain itu, terdapat juga asam amino yakni 0,025 gram tryptophan; 0,135 lysine dan 0,016 gram methionine.

Apa saja manfaat sirsak bagi ibu hamil?

Berbeda dengan mitos yang ada, selama dikonsumsi dalam jumlah yang cukup buah sirsak justru memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil.

Berikut adalah beberapa manfaat sirsak untuk kehamilan:

Mencegah mual

Memiliki rasa yang asam manis, buah sirsak sangat cocok dikonsumsi oleh wanita yang mengalami mual di awal kehamilan. Hal tersebut dikarenakan, rasa asam dan manis yang akan merangsang produksi air liur sehingga mual akan segera hilang.

Rasa manis pada buah sirsak juga bisa meningkatkan nafsu makan. Seperti diketahui, masa awal kehamilan membuat sebagian calon ibu rentan mengalami penurunan nafsu makan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Dalam buah sirsak yang matang, kandungan vitamin C-nya sangat tinggi. Hal tersebut bisa dimanfaatkan sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas.

Jika kamu sering melakukan aktivitas di luar rumah, mengonsumsi buah sirsak sebagai hidangan penutup setidaknya seminggu sekali bisa mencegah terjangkit panas dalam.

Melancarkan sistem pencernaan

Buah sirsak memiliki manfaat lain yaitu untuk membantu menangani masalah konstipasi atau sembelit. Mengapa begitu? Sirsak memiliki serat yang banyak sehingga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan bagi ibu hamil.

Merangsang produksi ASI

Sama seperti daun suropus androgynous, sirsak juga mampu merangsang produksi ASI pada ibu hamil. Oleh sebab itu, persiapkan sejak dini kelancaran produksi ASI dengan mengonsumsi sirsak pada trimester akhir kehamilan.

Memperkuat tulang janin

Buah sirsak juga bisa membantu untuk memperkuat perkembangan tulang janin dalam kandungan. Perkembangan tulang pada janin membutuhkan banyak kalsium, mineral, dan vitamin nutrisi dalam tubuh ibu.

Mengonsumsi buah sirsak dan diolah sebagai jus bisa membantu tulang janin yang baru tumbuh menjadi lebih kuat.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Baca Juga: Keguguran Tanpa Pendarahan, Apa Mungkin? Ini Dia Penjelasannya!

Reference
  1. Benefits-of.com. diakses pada 22 Juli 2020. Advantages of soursop fruit for being pregnant
  2. Healthbenefitstimes.com. diakses pada 22 Juli 2020. Soursop facts and health benefits
  3. Health-benefits-of-fruit.blogspot.com. diakses pada 22 Juli 2020. 4 Health Benefits of Soursop (Shawachop) Fruit for Pregnant Women (During Pregnancy)
    Berita Terkait
    register-docotr