Info Sehat

8 Cara Menebalkan Alis, Mau Pilih Transplantasi atau Pakai Bawang Merah?

June 2, 2021 | Muhammad Hanif S.
feature image

Alis yang tipis atau botak bisa berpengaruh pada penampilan dan rasa percaya diri. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa cara menebalkan alis yang bisa dilakukan. Bisa dengan cara medis atau memanfaatkan sejumlah bahan alami.

Lantas, apa saja bahan alami dan cara medis yang dapat digunakan untuk menumbuhkan atau menebalkan alis? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Berbagai cara menebalkan alis

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menebalkan alis. Mulai dari penggunaan bahan alami seperti lidah buaya dan bawang merah, hingga bantuan medis seperti transplantasi. Berikut tujuh cara menebalkan alis yang perlu kamu tahu:

1. Minyak kelapa

Rambut di alis terdiri dari protein. Minyak kelapa dapat dipakai sebagai cara menebalkan alis karena bisa meminimalkan kehilangan protein di bagian tersebut.

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, hal itu tak lepas dari kandungan asam laurat yang ada pada minyak kelapa. Zat yang sama juga dipercaya dapat menstimulasi rambut agar tumbuh lebih cepat.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu oleskan minyak kelapa ke alis sebelum tidur, lalu biarkan semalaman. Setelah itu, bilas hingga bersih ketika kamu sudah bangun. Minyak kelapa cukup aman dipakai secara berkala, maka kamu bisa menggunakannya setiap hari.

Baca juga: 8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut: Cegah Kerontokan hingga Basmi Kutu

2. Minyak zaitun

Cara menebalkan alis berikutnya adalah dengan minyak zaitun. Menurut studi oleh sejumlah peneliti di Yonsei University, Korea, minyak zaitun mempunyai oleuropein, senyawa fenolik yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Namun, untuk hasil yang maksimal, pertimbangkan untuk memilih minyak zaitun murni (virgin oil). Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu teteskan minyak zaitun ke ujung jari, lalu pijat ke bagian alis. Diamkan selama beberapa jam, lalu bersihkan menggunakan air.

3. Lidah buaya

Lidah buaya sudah dikenal karena manfaatnya untuk kulit dan rambut. Tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai cara alami menebalkan alis. Sebuah riset yang terbit di International Journal of Molecular Sciences menyebutkan, ini tak lepas dari senyawa bernama aloenin yang dimiliki.

Senyawa itu bisa meningkatkan dan memberi stimulasi rambut untuk tumbuh, termasuk alis. Cara pakainya cukup mudah, yaitu kupas bagian luar daun lidah buaya lalu keluarkan gelnya. Setelah itu, oleskan serta pijat-pijat gel ke alis sampai terserap.

Biarkan selama 30 menit, lalu bersihkan. Simpan sisa gel yang belum dipakai ke kulkas agar bisa digunakan di lain waktu. Kamu bisa melakukan cara ini beberapa kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Lidah Buaya Bisa Luruskan Rambut secara Alami? Ini Cara Pakainya!

4. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh atau yang lebih dikenal dengan tree tea oil bisa dipakai untuk merangsang pertumbuhan rambut, termasuk alis, dengan cara menyehatkan sel dan folikel. Kamu bisa mendapatkannya dalam bentuk ekstrak.

Cara pakainya, cukup oleskan tree tea oil ke alis setiap hari, lalu biarkan semalaman. Namun, minyak ini dapat memicu reaksi alergi seperti dermatitis bagi sebagian orang yang mempunyai sensitivitas.

5. Bawang merah

Siapa sangka, ternyata bawang merah bisa dipakai untuk menebalkan alis, lho. Berdasarkan sebuah penelitian pada 2002, senyawa aktif pada bawang merah bisa mencegah kerontokan dan menstimulasi pertumbuhan rambut baru.

Karena bawang memiliki aroma yang menyengat, kamu bisa menambahkan lemon agar terasa lebih segar. Untuk hasil yang maksimal, oleskan jus bawang merah dan lemon ke alis setidaknya dua kali dalam sehari.

6. Kuning telur

Cara menebalkan alis berikutnya adalah menggunakan kuning telur. Kuning telur adalah salah satu sumber biotin yang baik. Nutrisi tersebut dapat membantu menstimulasi dan meningkatkan pertumbuhan alis hingga membuatnya lebih tebal.

Cukup oleskan kuning telur yang sudah dikocok sampai halus ke alis, diamkan 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Perlu diketahui, kuning telur bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jadi, jangan terlalu sering memakainya, cukup 2-3 kali dalam seminggu.

7. Minyak bunga rosemary

Selain beberapa bahan alami di atas, kamu bisa menggunakan minyak bunga rosemary sebagai cara menebalkan alis. Penelitian pada 2015 menyebutkan, senyawa aktif pada bunga rosemary dapat mengoptimalkan sirkulasi darah dan pembelahan sel.

Dua hal tersebut bisa menstimulasi pertumbuhan rambut baru. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mencampurnya dengan minyak zaitun, oles ke alis dan pijat-pijat. Biarkan semalaman sebelum dicuci di pagi harinya.

8. Bantuan medis

Penggunaan bahan-bahan alami mungkin membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk menebalkan alis. Solusinya, ada pula cara lain yang dapat dipilih yaitu menggunakan bantuan medis, seperti:

  • Serum dan obat topikal: Beberapa serum dan obat topikal untuk menumbuhkan bulu mata biasanya juga bisa dipakai untuk menebalkan alis, salah satunya adalah bimatropost.
  • Transplantasi alis: Prosedur pencangkokan menggunakan rambut di kepala untuk ditanam di area alis. Tujuannya agar rambut baru bisa tumbuh di area alis dari hasil cangkok tersebut.

Nah, itulah beberapa cara menebalkan alis yang perlu kamu tahu, baik yang pakai cara alami maupun bantuan medis. Jadi, cara mana yang akan kamu pilih untuk menebalkan alis?

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 25 Mei 2021, 5 Ways to Grow Thicker Eyebrows.
  2. Healthline, diakses 25 Mei 2021, What to Expect from an Eyebrow Transplant: Procedure, Cost, and Side Effects.
  3. Cleveland Clinic, diakses 25 Mei 2021, 5 Ways to Get Overplucked Eyebrows to Grow Back.
  4. Stylecraze, diakses 25 Mei 2021, How To Thicken Your Eyebrows Naturally.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 25 Mei 2021, Rosemary oil vs minoxidil 2% for the treatment of androgenetic alopecia: a randomized comparative trial.
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 25 Mei 2021, Onion juice (Allium cepa L.), a new topical treatment for alopecia areata.
  7. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 25 Mei 2021, Aloe Genus Plants: From Farm to Food Applications and Phytopharmacotherapy.
  8. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 25 Mei 2021, Topical Application of Oleuropein Induces Anagen Hair Growth in Telogen Mouse Skin.
  9. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 25 Mei 2021, Antimicrobial Property of Lauric Acid Against Propionibacterium acnes: Its Therapeutic Potential for Inflammatory Acne Vulgaris.

    register-docotr