Info Sehat

Ini Keuntungan Beli Obat Online via Good Doctor

August 2, 2022 | aldi heryadi
feature image

Kehadiran layanan telemedicine dan online pharmacy yang menjamur saat ini memudahkan orang untuk melakukan transaksi beli obat online. Cukup dengan satu kali klik, Anda bisa mendapatkan obat yang dibutuhkan, langsung di depan pintu rumah. 

Dikutip dari Indian Journal of Pharmacy, layanan online pharmacy membawa sejumlah keuntungan, termasuk keterbukaan akses, rendahnya biaya produk dan transaksi, hingga kenyamanan dan anonimitas yang lebih besar. 

Meskipun begitu, beli obat online memerlukan kehati-hatian yang ekstra agar tak terjerumus dalam kerugian, seperti obat palsu atau diteror operator. Salah satu caranya adalah dengan memilih telemedicine yang tepercaya, seperti Good Doctor. 

Good Doctor memberikan segudang kemudahan untuk konsumen dalam memanfaatkan layanan kesehatan online. Telemedicine ini juga tergolong kredibel dan tepercaya karena merupakan salah satu mitra pemerintah (Kementerian Kesehatan RI). 

Apa saja keuntungan beli obat online via Good Doctor?

Good Doctor merupakan salah satu perusahaan teknologi kesehatan yang berkomitmen memberikan kemudahan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Aplikasi telemedicine ini diluncurkan di Google Play dan App Store pada 1 Maret 2020. 

Good Doctor menyediakan berbagai layanan kesehatan, yaitu konsultasi dokter, belanja produk, benefit kesehatan, hingga asuransi AXA Good Health. Beli obat  online di Good Doctor pun semudah menjentikkan jari. 

Good Doctor menyediakan banyak produk kesehatan, seperti obat-obatan, vitamin, produk kecantikan, dan lifestyle, serta e-voucher pemeriksaan lab. Cara beli obat online di aplikasi ini pun tergolong mudah, yaitu:

  • Pilih menu Grab Kesehatan di halaman depan Grab
  • Pilih Health Mall
  • Pilih kategori produk kesehatan dan kecantikan yang Anda butuhkan
  • Masukkan produk yang sudah dipilih ke keranjang dan atau upload resep dokter untuk obat-obatan tertentu jika dibutuhkan
  • Masukkan alamat pengiriman dan lanjut ke proses pembayaran. 

Pihak Good Doctor kemudian akan memverifikasi pembayaran dan pengguna dapat melihat status pembelian hingga obat  diantarkan. Simak berbagai keuntungan beli obat online via Good Doctor dalam uraian lengkap berikut ini. 

1. Produk yang dijual terjamin aman

Good Doctor mempunyai peraturan yang harus ditaati penjual dalam menjajakan produk kesehatannya dalam aplikasi ini. Penjual dilarang menjual produk berupa kosmetik, obat bius, atau obat yang tidak memiliki izin edar dari BPOM dan/atau produk-produk lainnya yang dilarang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang diberlakukan di Indonesia.

Penjualan juga dilarang untuk menjual produk yang tergolong narkotika, psikotropika prekursor, obat-obatan tertentu (OOT), disfungsi ereksi, injeksi, dan penggugur kandungan. Penjual juga wajib menjamin bahwa produk yang disediakan, disiapkan, dan dijual kepada pelanggan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia. 

2. Bisa melakukan konsultasi dokter sebelum membeli obat

Selain menyediakan layanan beli obat online, Good Doctor juga memiliki layanan konsultasi dokter secara online. Oleh karena itu, pengguna bisa melakukan konsultasi medis terlebih dahulu sebelum memutuskan obat apa yang dibutuhkan untuk mengatasi kondisi kesehatannya. 

Dikutip dari situs layanan kesehatan nasional (National Health Service), jika ingin beli obat online, pastikan menggunakan resep yang valid dari dokter. Karena itu, konsultasi dokter sebelum membeli obat di Good Doctor sangat dianjurkan agar obat-obatan yang dibeli tepat sasaran. 

3. Proses pembayaran yang mudah

Keuntungan beli obat online di Good Doctor lainnya adalah proses pembayaran yang mudah. Pembayaran dalam aplikasi ini dapat dilakukan dengan metode pembayaran OVO, Transfer Virtual Account, dan kartu kredit. 

Pembayaran menggunakan OVO perlu mengaktifkan OVO di aplikasi Grab sebelum bisa mulai menjadwalkan konsultasi maupun beli obat online. Proses pengembalian dana pun tergolong mudah dan hanya membutuhkan waktu maksimal 7 hari kerja (tidak termasuk hari libur dan Sabtu/Minggu). 

4. Proses pengiriman obat yang mudah

Selain proses pembayaran, pengiriman obat yang dibeli di Good Doctor juga mudah. Saat ini, Good Doctor menyediakan dua layanan pengiriman, yaitu:

  • Pengiriman instan dengan Grab Express yang akan sampai dalam waktu maksimal tiga jam
  • Pengiriman nasional selama 2-7 hari kerja (tergantung destinasi) ke seluruh Indonesia untuk produk kesehatan dan kecantikan tertentu

Kurir yang tersedia di Good Doctor juga beragam, tergantung yang dipilih oleh merchant Good Doctor. Contohnya: JNE,JNT,TIKI, Ninja Express, SiCepat.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr