Info Sehat

Bye-Bye Gigi Kuning! Begini Cara Memutihkan Gigi yang Ampuh

November 5, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Kesehatan gigi adalah hal yang penting dalam menjaga penampilan agar tetap terlihat baik. Buat kamu yang memiliki masalah gigi kuning, jangan khawatir lagi. Berikut cara memutihkan gigi baik secara medis maupun alami, simak yuk!

Baca Juga: Serba-serbi Operasi Keloid: Prosedur, Persiapan dan Efek Sampingnya

Apa penyebab gigi kuning?

Memiliki gigi kuning bisa menurunkan kepercayaan dirimu lho. Sebelum mengetahui tips memutihkan gigi, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab dari gigi kuning.

Pada dasarnya, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning, ini termasuk:

  • Makanan dan minuman tertentu, seperti buah blueberry, kopi, atau bahkan teh
  • Merokok
  • Efek samping dari obat-obatan tertentu atau bahkan obat kumur
  • Usia
  • Genetik
  • Trauma mulut
  • Penggunaan fluoride yang berlebihan
  • Perawatan gigi dan kebersihan mulut yang kurang baik
  • Mulut sangat kering yang berlangsung kronis atau kekurangan air liur

Cara memutihkan gigi di dokter

Pada umumnya, ada beberapa cara untuk menghilangkan gigi kuning yang biasa dilakukan oleh dokter, antara lain:

Scalling gigi

Cara memutihkan gigi di dokter yang bisa menjadi pilihan adalah scalling. Scalling merupakan perawatan rutin yang biasa dilakukan sebelum melakukan penambalan gigi yang bertujuan untuk membersihkan seluruh permukaan gigi dengan alat khusus.

Scalling sendiri dapat membantu menghilangkan noda hitam dan membersihkan kotoran di permukaan gigi. 

Cara memutihkan gigi dengan bleaching

Cara memutihkan gigi di dokter dengan teknik ini dilakukan dengan mengoleskan bahan khusus ke permukaan gigi lalu menyinarinya dengan laser. 

Kamu dapat melihat hasilnya setelah beberapa kali pemakaian. Hasilnya akan maksimal jika kamu mengikuti anjuran dokter. Biasanya perawatan gigi satu ini dapat bertahan hingga empat bulan.

Veneer gigi

Veneer merupakan lapisan tipis dari bahan khusus yang berfungsi melapisi permukaan gigi. Bahan yang digunakan sebagai pelapis bermacam-macam, termasuk porselen, komposit, dan keramik.

Dengan lapisan buatan ini dapat membuat warna gigi kamu akan menjadi lebih putih, bersih, dan berseri. Prosedur ini juga dapat dilakukan untuk memperbaiki struktur gigi yang tidak rata atau berantakan.

Prosedur ini merupakan cara memutihkan gigi di dokter yang juga bisa menjadi pilihan. Tetapi sebelum melakukannya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya.

Memutihkan gigi kuning dengan bahan alami di rumah

Tidak hanya dengan perawatan dokter, adapun cara memutihkan gigi degan bahan-bahan alami, antara lain:

Larutan air garam

Selain dijadikan bumbu dapur, garam ternyata juga berguna sebagai antibakteri yang dapat membunuh kuman penyebab gigi berlubang. Caranya dengan menggunakan larutan air garam untuk berkumur-kumur setiap hari.

Kandungan antibakteri pada garam akan membunuh kuman yang menyebabkan gigi berlubang. Namun perlu diperhatikan juga bahaya memutihkan gigi dengan garam.

Jangan gunakan garam kimia terlalu banyak karena bisa membahayakan mulut.

Baca Juga: Cara-cara Efektif untuk Menghilangkan Keloid, Berminat Mencoba?

Cara memutihkan gigi dengan baking soda

Tak hanya dengan larutan air garam, cara memutihkan gigi dengan baking soda juga bisa kamu lakukan di rumah. Ternyata bahan yang satu ini menyimpan fungsi tersembunyi, yakni memutihkan gigi kuning.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda sangat mudah dilakukan lho. Kamu hanya perlu menggosok baking soda ke bagian gigi, lalu diamkan selama 3-5 menit. Setelah itu, bilas dengan berkumur-kumur.

Daun sirih

Memutihkan gigi secara alami lainnya yaitu dengan daun sirih. Sejak dahulu daun sirih sudah dijadikan bahan untuk membersihkan gigi. Kandungan yang terdapat di dalam daun sirih mampu membasmi kuman penyebab kerusakan gigi dan bahkan dapat memutihkan gigi secara alami. 

Caranya mudah, ambil 1 – 2 helai daun sirih yang masih segar kemudian gosokkan ke bagian gigi secara merata. Selain itu, kamu juga bisa merebusnya kemudian gunakan untuk berkumur-kumur.

Minum susu

Selain kaya akan kandungan kalsium, susu juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan gigi. Ini adalah cara memutihkan gigi alami yang paling mudah dilakukan.

Kandungan fosfor dan magnesium yang ada di susu juga dapat menghilangkan warna kuning dan berguna untuk memperkuat gigi dari dalam. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup konsumsi susu setiap hari secara rutin.

Lemon

Kandungan asam yang ada pada lemon dapat mengangkat bakteri penyebab gigi kuning. Tingkat PH yang seimbang mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi. 

Cara memutihkan gigi alami dengan lemon yaitu ambil 1 buah lemon segar, kemudian ambil perasan air lemon yang dicampurkan dengan 1 sendok teh baking soda. Lalu, gosokkan dengan menggunakan sikat ke bagian gigi.

Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis

Tak hanya lemon, cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis juga bisa kamu coba lakukan di rumah. Perlu kamu ketahui bahwa baik jeruk nipis maupun lemon mengandung asam sitrat yang merupakan zat pemutih yang efektif.

Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis ini bisa dilakukan dengan mencampurnya bersama baking soda.

Campur setengah sendok the soda kue dengan setengah sendok the jeruk nipis. Gunakan sikat gigi untuk menyikat gigi dengan campuran kedua bahan tersebut. Biarkan selama 1 menit sebelum kamu berkumur.

Bagaimana, mudah bukan melakukan cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis?

Cara memutihkan gigi alami dengan cuka apel

Selain dijadikan bahan untuk menambah cita rasa, cuka apel juga memiliki manfaat untuk memutihkan dan membersihkan gigi yang kuning.

Caranya pun sangat mudah, kamu cukup dengan menggosok 1 sendok cuka apel pada gigi secara merata, noda dan kotoran pada gigi pun akan tersingkirkan.

Stroberi

Buah yang memiliki rasa sedikit masam ini menjadi buah yang dapat memutihkan gigi secara alami. Selain bisa dikonsumsi setiap hari, kamu bisa memutihkan gigi dengan buah stroberi lho.

Untuk melakukan cara memutihkan gigi alami ini kamu hanya perlu menggosok-gosokan bagian luar buah stroberi ke gigi. Cara ini cukup efektif untuk mengangkat noda dan kotoran pada gigi kamu.

Adakah cara mencegah gigi kuning?

Memutihkan gigi kuning dengan melakukan perawatan di dokter maupun secara alami memang bisa kamu lakukan. Tetapi ternyata ada beberapa cara mencegah gigi kuning serta menjaga gigimu agar tetap putih lho.

Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan:

1. Hindari makanan atau minuman yang bisa menyebabkan gigi kuning

Seperti yang sudah diketahui bahwa, beberapa makanan dan minuman memang dapat menyebabkan gigi kuning. Untuk mencegah gigi kuning, kamu harus menghindari makanan dan minuman tersebut.

2. Praktikan kebersihan mulut yang baik

Sikatlah gigi sebanyak 2-3 kali sehari. Untuk menghilangkan plak pada gigi, kamu bisa menggunakan benang gigi setidaknya sekali sehari.

Untuk menghilangkan noda di permukaan gigi dan mencegah gigi kuning, kamu juga bisa menggunakan pasta gigi pemutih sekali atau dua kali seminggu, dan gunakanlah pasta gigi biasa selama sisa waktu.

Tak hanya itu, jika kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa meninggalkan noda pada gigi, sebaiknya segeralah menyikat gigi ya untuk mencegah warna gigi menjadi kuning.  

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2019) diakses 2 Juli 2020. 7 Simple Ways to Naturally Whiten Your Teeth at Home. 2 Juli 2020 pukul 17.30. 
  2. webmd.com (2020) diakses 2 Juli 2020. 10 Secrets to Whiter Teeth. 2 Juli 2020 pukul 18.00
  3. hawaii Family Dental (2018) diakses pada 5 November 2020. Does Baking Soda Whiten Teeth?. 5 November 2020 pukul 14.00  
  4. healthline (2019) diakses pada 5 November 2020. How to Get Rid of Yellow Teeth. 5 November 2020 pukul 14.00 
  5. webmd (2020) diakses pada 5 November 2020. Tips to Keep Your Teeth White. 5 November 2020 pukul 14.00
    Berita Terkait
    register-docotr