Info Sehat

Tetap Lezat saat Disantap, Ini Cara Membuat Ketupat Lebaran Sehat

May 23, 2020 | Arianti Khairina
no-image

Setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa, umat Islam tentu akan merayakan Idul Fitri. Tak lengkap rasanya jika suasana lebaran tanpa ketupat atau lontong sayur. Lantas, bagaimana cara membuat ketupat lebaran sehat untuk dikonsumsi?

Membuat ketupat lebaran sehat sebenarnya bisa kamu masak sendiri dengan mudah loh. Agar tetap sehat kamu juga harus memperhatikan bahan-bahan serta tips membuatnya. Untuk lebih jelas, yuk, simak penjelasan berikut.

Cara membuat ketupat lebaran sehat

cara membuat ketupat lebaran sehat
Ketupat lebaran sehat dan lezat. Sumber gambar : https://shutterstock.com

Bahan utama:

  1. Siapkan 1 kg beras (pilihlah beras yang wangi pandan)
  2. Air putih secukupnya
  3. Garam dapur secukupnya
  4. Daun pandan beberapa helai saja
  5. Tak lupa anyaman ketupat (kamu dapat membelinya di pasar tradisional)

Cara membuat

  1. Pastikan kamu telah mencuci beras dengan air sampai bersih.
  2. Kemudian rendam beras dalam wadah yang sudah diisi air baru.
  3. Tambahkan juga garam dan aduk sampai rata.
  4. Buang air bekas beras yang tadi dan tiriskan selama beberapa menit.
  5. Selanjutnya kamu masukkan beras dan daun pandan yang sudah ditiriskan ke dalam anyaman ketupat.
  6. Rebus air sampai setengah mendidih, lalu masukkan ketupat yang sudah diisi beras.
  7. Pastikan seluruh badan ketupat terendam air.
  8. Rebuslah ketupat dan tunggu selama 4 sampai 5 jam.
  9. Angkat dengan hati-hati dan letakkan di wadah lain.
  10. Diamkan selama beberapa saat dan ketupat lebaran kamu sudah siap dihidangkan.

Tips anti gagal membuat ketupat lebaran sehat

Selain menentukan beras dan anyaman yang sesuai, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Takaran beras yang tepat untuk membuat ketupat adalah 2/3 dari volume anyaman ketupat yang kamu miliki.

Jika kamu menggunakan beras yang tidak terlalu pulen atau pera, cukup isi 1/3 bagiannya saja. Hal ini harus kamu perhatikan karena menjadi salah satu faktor yang dapat membuat beras mengembang dengan sempurna.

Saat merebus gunakan panci biasa yang berukuran lebih besar. Tujuannya agar ketupat bisa lebih sempurna saat dimasak. Lalu, perhatikan juga air dalam panci untuk menjaga suhu tetap stabil.

Tips terakhir yang sangat penting adalah kamu harus menyimpannya di dalam kulkas. Namun sebelum itu, kamu harus membungkusnya terlebih dahulu dengan plastik agar tidak cepat kering. Jika ingin menyantapnya, sebaiknya cukup dikukus saja untuk menghangatkannya.

Dilansir dari fatsecret.co.id dalam satu piring lontong atau ketupat sayur yang dikonsumsi terdapat 357 kalori dengan 21 persen lemak, 66 persen kabohidrat dan 12 persen protein. Sebesar 90 persen dari total lemaknya adalah lemak jenuh.

lemak
Lemak pada tubuh. Sumber gambar : https://shutterstock.com

Tentu saja lemak jenuh ini telah terkontaminasi berbagai macam radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit bagi tubuh dan mengancam kesehatan organ tubuh bagian dalam loh.

Namun lemak jenuh tak selalu berbahaya bagi tubuh. Hal tersebut terjadi jika kamu mengonsumsi dalam kadar yang tepat.

Lemak jenuh bisa juga bermanfaat, salah satunya sebagai bantalan organ dan dapat membantu daya tahan tubuh. Tetapi dalam kadar yang berlebih, malah bisa menghambat kerja organ loh.

Cara sehat saat makan ketupat lebaran

1. Perbanyak minum air putih

Minum banyak air putih saat lebaran bertujuan untuk memperbaiki asupan cairan tubuh. Pada saat lebaran, nafsu makan dan minum bertambah apalagi jika kamu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Nah, setelah lebaran inilah saatnya bagi kamu untuk mulai mengonsumsi air putih dengan lebih teratur lagi.

2. Kembali rajin olahraga

Selama sebulan penuh berpuasa sebagian dari kamu pasti mulai membatasi berolahraga karena takut mengganggu ibadah puasa. Momen setelah lebaran tentu menjadi saat yang tepat untuk kembalikan rutinitas olahraga seperti biasa.

tekanan darah rendah saat puasa
Rutin berolahraga. Sumber gambar : https://shutterstock.com

3. Diet sehat

Tips terakhir jika kamu masih merasa kurang fit dan kelebihan berat badan maka tak ada salahnya jika mulai melakukan diet sehat. Hindari menjalani diet ketat hingga membuat kamu sakit ya. Jangan sampai lupa bahwa diet bukan berarti tidak mengonsumsi makan sama sekali loh.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. steemit.com (2018) diakses 25 April 2020. The Benefits of Consuming Ketupat Or Lontong in Hari Raya
  2. healthline.com (2020) diakses 25 April 2020. Is Saturated Fat Unhealthy?
  3. fatsecret.co.id (2014) diakses 25 April 2020. Lontong Sayur
  4. dailycookingquest.com (2015) diakses 25 April 2020. Rice Cooker Ketupat – Rice Cooker Rice Cakes
  5. healthline.com (2019) dikases 25 April 2020. 27 Health and Nutrition Tips That Are Actually Evidence-Based
    Berita Terkait
    register-docotr