Covid-19

Vaksin COVID-19 Bikin Ngantuk? Ini Penjelasannya!

May 8, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Vaksin covid bikin ngantuk merupakan satu keluhan yang paling banyak disuarakan. Efek samping ini dirasakan oleh hampir semua penerima vaksin COVID-19 dari segala golongan usia.

Baca juga: Program Vaksinasi COVID-19 Lansia Grab & Good Doctor

Apa saja efek samping vaksin COVID-19?

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mencatat efek samping setelah vaksin sebagai hal yang normal terjadi. Hal ini karena tubuh kamu sedang menyesuaikan diri dan membentuk pertahanan terhadap virus COVID-19.

Beberapa efek samping yang umum terjadi di tangan adalah rasa nyeri, kemerahan dan bengkak di lokasi suntikan. Selain itu di seluruh tubuh pun kamu bisa bisa saja merasa lelah, mengantuk, sakit kepala, nyeri otot, demam, menggigil dan mual.

Benarkah vaksin covid bikin ngantuk?

Efek samping yang dicatat oleh CDC adalah efek samping umum. Karena reaksi yang hadir pada setiap orang tidak sama, maka beberapa orang bisa saja merasakan efek samping yang berbeda.

“Teman nakes (tenaga kesehatan) ada yang mengalami demam, nyeri, lemas, ada yang jadi merasa lapar terus, hingga ngantuk,” ucap dr Muhammad Fajri Adda’I yang merupakan dokter dan tim penanganan COVID-19. 

Menurut dia, reaksi ini adalah wajar dan masuk dalam kategori ringan. Jikapun ada demam yang timbul bersama reaksi tersebut, hal ini pun masih bisa dikatakan wajar karena merupakan reaksi pembentukan imunitas dalam tubuh.

Baca juga: Mengenal COVID Arm, Efek Samping Akibat Vaksin COVID-19

Kenapa vaksin covid bikin ngantuk?

Rasa kantuk yang timbul bersama dengan lelah dan letih merupakan efek samping yang wajar pascavaksin. Hal ini disebabkan oleh terserapnya energi di dalam tubuh untuk pembentukan antibodi.

Hal itu dikatakan oleh Ahli Biologi Molekuler dan Vaksinolog Ines Atmosukarto. “Sistem imun sedang beraksi dan energi diprioritaskan untuk membentuk respons imun. Ngantuk itu respons tubuh supaya menggunakan energi secara efisien,” kata dia.

Nah, meskipun beda vaksin beda cara kerja, tapi semuanya akan membuat tubuh mengingat sel darah putih B-limfosit dan T-limfosit yang akan terbentuk untuk melawan COVID-19.

Biasanya proses tubuh membentuk kedua sel darah putih yang bisa melindungi kamu dari COVID-19 memakan waktu beberapa minggu setelah vaksinasi. Di awal pembentukannya, akan sangat normal efek samping terjadi, salah satunya mengantuk.

Bagaimana cara mencegahnya?

Salah satu cara untuk mencegah vaksin covid bikin kamu ngantuk adalah dengan banyak istirahat sebelum vaksinasi. Pasalnya, tidur yang cukup sebelum vaksinasi akan membantu memperkuat sistem imun juga, lho!

Situs kesehatan WebMD menyebut beberapa penelitian sudah membuktikan hal ini. Pemberian vaksin dapat berjalan efektif pada mereka yang sebelumnya mendapatkan waktu tidur yang cukup setidaknya dua hari sebelum penyuntikan.

Selain itu, Ines Atmosukarto menyarankan agar kamu makan yang cukup sebelum menerima suntikan vaksin COVID-19. Hal ini agar tubuh dapat membentuk antibodi secara optimal. Oleh karena itu, makanlah makanan yang bergizi seimbang sebelum suntik vaksin.

Selain itu, vitamin penambah nafsu makan pun dapat kamu konsumsi sebelum vaksin COVID-19. Terutama jika kamu memiliki nafsu makan rendah atau sudah lansia sehingga hasrat untuk makan cenderung berkurang.

Bagaimana mengatasi kantuk pasca vaksin?

Ketua riset uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac, Prof Dr Kusnadi Rusmil, SpA(K), MM, menyebut salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa kantuk yang timbul pasca vaksin adalah dengan istirahat yang cukup.

“Kalau ngantuk ya itu, istirahat saja. Kan setelah itu enak habis tidur pasti segar lagi,” ucap dia. 

Tidur bukan hanya diperlukan sebelum vaksin. Setelah vaksin pun kamu harus bisa mendapatkan istirahat yang cukup agar tubuh bisa merespon pembentukan imun dengan maksimal. 

Fungsi imun banyak dipengaruhi oleh siklus circadian dan tidur yang cukup. Tubuh kamu menghasilkan protein sitokin saat sedang tidur dan tubuh membutuhkan senyawa ini saat sedang membentuk sistem imun.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang vaksin covid yang kerap bikin ngantuk. Selalu jaga kesehatan kamu sebelum dan sesudah vaksin, ya!

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

register-docotr