Info Sehat

Bibir Bengkak Tiba-Tiba? Ini 7 Penyebab & Cara Mengatasinya!

March 27, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Selain mata, bibir adalah bagian wajah yang bisa menunjang penampilan seseorang. Bibir bengkak tiba-tiba dapat menurunkan rasa percaya diri. Penting untuk mengetahui penyebabnya agar lebih mudah dalam mengatasinya.

Lantas, apa saja hal yang bisa menyebabkan bibir bengkak tiba-tiba? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Penyebab bibir bengkak tiba-tiba

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab bibir bengkak tiba-tiba. Mulai dari kebiasaan menggigit bibir, gigitan serangga, hingga gangguan kesehatan langka yang memerlukan bantuan medis. Berikut tujuh penyebab bibir bengkak yang perlu kamu tahu:

1. Reaksi alergi

Reaksi alergi bisa menyebabkan bibir bengkak tiba-tiba. Kondisi tersebut terjadi ketika sistem imun memberi respons terlalu berlebihan terhadap zat asing dari luar. Pemicu alergi paling umum yang dapat membuat bibir bengkak tiba-tiba adalah gigitan atau sengatan serangga.

Meski demikian, kondisi ini bisa terjadi akibat reaksi dari makanan tertentu, seperti susu, telur, kacang, ikan, kedelai, obat-obatan (antibiotik), serta zat alergen lain dari lingkungan. Selain pembengkakan bibir, kamu mungkin akan mengalami gatal-gatal dan ruam di area kulit lainnya.

Baca juga: Alergi Bulu Kucing: Ketahui Berbagai Gejala & Apakah Bisa Disembuhkan?

2. Cedera pada wajah

Cedera pada wajah, terutama di sekitar rahang atau mulut, dapat menyebabkan bibir bengkak tiba-tiba. Selain gigitan serangga, cedera bisa diakibatkan oleh luka bakar, goresan, atau pukulan benda tumpul.

Tergantung pada jenis cederanya, kamu mungkin akan mengalami memar atau perdarahan di area bibir. Penting untuk segera menghentikan perdarahan untuk meminimalkan terjadinya infeksi.

3. Infeksi

Infeksi pada area dekat bibir dapat menyebabkan bibir bengkak tiba-tiba, biasanya bersifat sementara. Jika kamu memiliki jerawat kistik, lesi besar seperti bisul juga bisa muncul. Tak hanya jerawat, infeksi virus seperti herpes juga dapat memicu pembengkakan secara tiba-tiba.

Biasanya, kamu tidak akan menyadari pembengkakan ini. Bibir tiba-tiba membesar setelah bangun dari tidur.

4. Peradangan

Jika bibir bengkak tiba-tiba tanpa ada penyakit tertentu, bisa jadi itu karena peradangan yang tidak kamu sadari. Cheilitis glandularis misalnya, kondisi peradangan langka yang hanya menyerang bibir.

Dikutip dari Genetic and Rare Diseases Information Center, kondisi tersebut paling rentan terjadi pada pria. Tidak diketahui apa penyebab aslinya. Tapi, kemungkinan besar disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari dan kebiasaan merokok.

Peradangan biasanya disertai dengan perubahan tekstur bibir menjadi lebih halus dan lembut serta permukaan yang tidak rata. Meski umumnya bisa sembuh sendiri, seseorang yang mengalami peradangan akan rentan terhadap infeksi bakteri.

5. Gangguan otot dan neurologis

Penyebab bibir bengkak tiba-tiba yang patut diwaspadai adalah gangguan otot atau masalah neurologis. Keadaan itu biasanya terjadi karena terlalu sering melakukan aktivitas yang melibatkan bibir.

Embrouchure dystonia misalnya, gangguan neurologis yang sering terjadi pada pemain terompet, menghabiskan kegiatan melibatkan bibir berjam-jam dalam menggunakan instrumen musik.

Otot di sekitar bibir dan mulut akan tegang, lalu mati rasa, diikuti pembengkakan tak lama setelahnya. Begitu juga dengan sindrom Melkersson-Rosenthal, kondisi neurologis langka yang dapat menyebabkan pembengkakan bibir dan kelumpuhan otot selama berhari-hari.

6. Mukokel

Mukokel pada umumnya lebih tampak seperti benjolan daripada pembengkakan. Kondisi tersebut disebabkan oleh kebiasaan menggigit bibir yang mengakibatkan kerusakan pada kelenjar ludah.

Cairan kemudian menggenang di bawah kulit lalu membentuk kantong yang disebut dengan kista. Dikutip dari Verywell Health, mukokel tidak dianggap sebagai gangguan kesehatan serius. Namun, pada beberapa kasus, benjolan harus diangkat melalui prosedur operasi.

7. Efek perawatan gigi

Penyebab bibir bengkak tiba-tiba yang terakhir adalah efek perawatan gigi. Prosedur pemasangan kawat gigi misalnya, dapat memicu pembengkakan bibir sehari setelah prosedur dilakukan. Hal tersebut juga terkadang bisa menyebabkan infeksi atau peradangan di dalam mulut.

Baca juga: 6 Cara Merapikan Gigi: Memasang Behel hingga Perbaikan Kontur

Bagaimana cara mengatasinya?

Pada beberapa kasus, pembengkakan bibir tidak disertai rasa nyeri. Namun, terkadang kondisi tersebut juga terasa menyakitkan. Kamu bisa melakukan cara rumahan untuk meredakannya, salah satunya adalah kompres air dingin.

Suhu dingin pada air atau es memberi efek menenangkan. Bungkus es dengan handuk atau kain bersih, lalu letakkan pada permukaan bibir. Jangan letakkan es secara langsung ke bibir tanpa perantara, karena dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Pelembap atau losion lidah buaya cukup efektif untuk mengatasi bibir bengkak akibat sengatan matahari. Oleskan dan ratakan pelembap pada bibir, lalu keringkan. Jika pembengkakan disertai nyeri, tak ada salahnya untuk minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen.

Khusus untuk gangguan neurologis, perawatan medis mungkin diperlukan untuk mengatasi pembengkakan pada bibir.

Nah, itulah ulasan tentang bibir bengkak tiba-tiba dan cara mengatasinya. Jika kondisi tak kunjung membaik, jangan ragu untuk periksakan diri ke dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 12 Maret 2021, Why Is My Lip Swollen When I Wake Up?
  2. Healthline, diakses 12 Maret 2021, 6 Causes of Swollen Lips
  3. Verywell Health, diakses 12 Maret 2021, Possible Causes of Swollen Lips.
  4. Genetic and Rare Disease Information Center, diakses 12 Maret 2021, Cheilitis glandularis.

    register-docotr