Info Sehat

Baru Berhenti Merokok, Ini 5 Cara Ampuh Hilangkan Noda Nikotin di Gigi!

August 6, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Tak hanya dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan organ tubuh, merokok juga dapat memaparkan nikotin ke gigi. Akibatnya, gigi jadi berwarna kuning atau bernoda.

Apabila kamu baru berhenti merokok, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda nikotin di gigi yang ampuh. Nah, untuk mengetahui penjelasan selengkapnya, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Perhatikan, Ini Bahaya Mengunyah Makanan Hanya di Satu Sisi Mulut

Merokok dapat memengaruhi gigi dan gusi

Sebelum mengetahui cara menghilangkan noda nikotin pada gigi, penting bagi kamu untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai dampak merokok terhadap gigi maupun gusi.

Merokok memang dapat menyebabkan gigi mudah untuk ternoda nikotin. Akan tetapi, gigi bernoda bukanlah merupakan satu-satunya dampak dari merokok. Gusi juga dapat terpengaruh akibat paparan nikotin.

Di samping itu, merokok juga dapat menyebabkan sistem kekebalan melemah. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), hal tersebut membuat sulit untuk melawan infeksi gusi.

Jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok, perokok memiliki risiko sebesar dua kali lipat terkena penyakit gusi.

Cara menghilangkan noda nikotin di gigi

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa salah satu dampak dari merokok adalah noda nikotin pada gigi. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda nikotin di gigi agar kembali tampak putih.

1. Baking soda dan peroksida

Menyikat gigi dengan baking soda dan beberapa tetes hidrogen peroksida dapat membantu menghilangkan noda nikotin sekaligus memutihkan gigi.

Kamu dapat menambahkan beberapa tetes hidrogen peroksida ke baking soda hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian, gunakan pasta tersebut untuk menyikat gigi. Meskipun demikian, sebelum kamu mencoba metode ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dokter gigi Dr. Natalie Pennington menyarankan untuk mengoleskan pasta dan menggosok enamel alias lapisan terluar gigi secara perlahan selama 30 detik. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan pada gigi.

Baca juga: Tumbuh Gigi Bungsu Bikin Gusi Bengkak dan Sakit, Haruskah Dicabut?

2. Berkumur dengan hidrogen peroksida

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan noda nikotin di gigi adalah dengan berkumur menggunakan hidrogen peroksida.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan sejumlah kecil (kurang dari satu ons) hidrogen peroksida pada air, kemudian berkumur selama beberapa detik, buang airnya dan jangan lupa setelahnya membilas mulut hingga bersih.

Akan tetapi, dilansir Medical News Today, hidrogen peroksida dapat meningkatkan sensitivitas gigi. Maka dari itu, hidrogen peroksida sebaiknya tidak digunakan dalam jangka panjang atau yang memiliki gigi sensitif.

3. Menggunakan mouthwash dan sikat gigi

Selain cara yang sudah disebutkan di atas, kamu juga dapat berkumur dengan mouthwash, kemudian menyikat gigi. Dengan kata lain, menggunakan mouthwash atau obat kumur sembari menyikat gigi. Cara ini juga dapat menciptakan tampilan gigi yang berkilau.

4. Menjaga kebersihan mulut dengan baik

Menjaga kebersihan mulut dengan baik adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh seseorang untuk mengurangi noda pada gigi. Misalnya saja dengan menyikat gigi dan flossing secara teratur dapat melindungi enamel, mencegah kerusakan gusi, hingga menghilangkan noda pada gigi.

Kebersihan mulut yang baik juga dapat meliputi:

  • Menyikat gigi minimal dua kali sehari. Ketika menyikat gigi, selalu pastikan untuk menyikat bagian belakang gigi
  • Melakukan flossing untuk menghilangkan plak di sela-sela gigi

5. Rutin ke dokter gigi

Apabila kamu sudah melakukan cara di atas, namun noda nikotin masih terdapat pada gigi, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya kunjungilah dokter gigi.

Menurut Dr. Lana Rozenberg, asap rokok dapat menodai gigi dengan sangat melekat. Untuk menjaga gigi tetap putih dalam kurun waktu yang lama, berkunjung ke dokter gigi merupakan langkah yang paling tepat.

Dokter gigi dapat membantu merekomendasikan prosedur tertentu untuk menghilangkan noda nikotin yang menempel

Pada dasarnya, ada beberapa produk pemutih gigi yang dijual di pasaran. Akan tetapi, sebelum mencoba produk apapun untuk menghilangkan noda nikotin pada gigi atau memutihkan gigi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, ya.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara menghilangkan noda nikotin di gigi dengan ampuh. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan gigi dan gusi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Centers for Disease Control and Prevention (2015). Diakses pada 05 Agustus 2021. 2004 Surgeon General’s Report Highlights: Smoking Among Adults in the United States 

Healthline (2019). Diakses pada 05 Agustus 2021. How to Remove Nicotine Stains from Your Teeth 

Healthline (2020). Diakses pada 05 Agustus 2021. Smoking’s Effect on Teeth

Medical News Today (2020). Diakses pada 05 Agustus 2021. Six natural ways to whiten teeth

    register-docotr