Info Sehat

Asam Lambung Kambuh Disertai Kaki Dingin, Apa Penyebabnya & Berbahayakah?

March 28, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kadar asam lambung yang tidak seimbang biasanya ditandai dengan rasa tidak nyaman di perut. Namun, sebagian orang mungkin juga merasakan kondisi tidak seimbangnya asam lambung dan kaki dingin pada waktu yang sama.

Lantas, apa sebenarnya hubungan antara asam lambung dan kaki dingin? Apakah berbahaya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu asam lambung?

Asam lambung adalah cairan encer dan tidak berwarna yang diproduksi oleh lapisan bagian dalam perut. Cairan tersebut sangat asam, memiliki pH yang sangat rendah. Asam lambung memiliki fungsi utama memecah makanan agar lebih mudah dicerna sebelum berpindah ke usus.

Untuk memecah segala sesuatu yang keras seperti daging dan makanan berserat, tingkat keasaman cairan pada lambung harus sangat tinggi. Selain berguna dalam pencernaan makanan, asam lambung juga berperan sebagai pertahanan pertama dalam melawan patogen dan mikroba.

Jika diukur, asam lambung memiliki pH antara 1 dan 2, terbuat dari satu zat dominan yaitu asam klorida (HCl) dan sejumlah komponen kecil seperti kalium klorida (KCl) dan natrium klorida (NaCl).

Tiga zat tersebut diproduksi secara alami oleh dinding lambung. Pada waktu yang sama, dinding lambung juga melepaskan enzim dan lendir untuk melindungi lapisan perut dari asam yang bisa mengiritasi.

Kondisi kadar asam lambung tidak seimbang

Seperti yang telah disebutkan, cairan pada lambung harus benar-benar asam agar proses pencernaan bisa berlangsung optimal. Tenang, tubuh sudah dirancang untuk menyeimbangkan kadar asam tersebut, sehingga jarang memicu penyakit atau gangguan kesehatan.

Namun, terkadang mekanisme atau fungsi tersebut tidak berjalan dengan baik. Akibatnya, kadar keasaaman lambung bisa sangat tinggi atau sebaliknya. Di sinilah awal mula terjadinya gangguan kesehatan pada sistem pencernaan.

Baik kadar asam lambung yang rendah maupun tinggi akan menimbulkan gejala pada perut, seperti kembung, rasa sakit, mual dan muntah, hingga sering kentut.

Kondisi asam lambung yang sangat rendah disebut dengan hipoklorhidria. Sedangkan jika kadarnya tinggi, dapat memicu gangguan kesehatan seperti tukak lambung dan penyakit gastroesophageal refluks (GERD).

Baca juga: 5 Bahaya Asam Lambung Rendah: Bisa Picu Heartburn hingga Gangguan Imun

Asam lambung dan kaki dingin

Selain gejala pada organ pencernaan, beberapa orang melaporkan keluhan tidak stabilnya asam lambung dan kaki dingin pada waktu yang sama. Kondisi tersebut umumnya terjadi ketika kadar asam di lambung cukup tinggi.

Penyebab asam lambung dan kaki dingin

Kaki dingin akibat ketidakseimbangan kadar asam lambung sebenarnya tidak dijelaskan secara langsung. Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, kadar asam lambung yang terlalu tinggi bisa berdampak pada sirkulasi darah.

Dikutip dari Healthline, sirkulasi darah yang tidak normal merupakan salah satu penyebab paling umum dari kaki dingin. Darah tidak bisa menjaga suhu pada area yang seharusnya dituju.

Berbahaya atau tidak?

Saat kamu mengalami peningkatan asam lambung dan kaki dingin pada waktu yang sama, sebaiknya jangan abaikan keadaan tersebut. Sebab, seperti yang telah disebutkan, hal itu bisa menandakan bahwa sirkulasi darah terganggu.

Penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter, terutama jika suhu yang dingin hanya terjadi pada kaki.

Cara menurunkan kadar asam lambung

Tanpa obat-obatan, kamu bisa menyeimbangkan atau menurunkan kadar asam lambung yang tinggi, yaitu dengan cara:

  • Makan secara perlahan
  • Hindari makanan dan minuman tertentu, seperti menu yang pedas, bawang putih, bawang merah, kopi, teh, cokelat, dan alkohol
  • Jauhi minuman berkarbonasi
  • Jangan begadang setelah makan
  • Usahakan untuk tidak bergerak terlalu cepat
  • Turunkan berat badan, jika memungkinkan
  • Berhenti merokok
  • Periksa obat-obatan yang mempunyai efek samping pada lambung

Nah, itulah ulasan tentang hubungan antara asam lambung dan kaki dingin yang perlu kamu ketahui. Jika kondisinya tak kunjung membaik, jangan ragu untuk periksakan diri ke dokter, ya!

Cek kesehatan lambungmu di Klinik Maag bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini ya!

Reference

  1. Healthline, diakses 19 Maret 2021, How Strong Is Stomach Acid?
  2. Healthline, diakses 19 Maret 2021, Why Are My Feet Cold?
  3. Harvard Medical School, diakses 19 Maret 2021, 9 ways to relieve acid reflux without medication.
  4. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 19 Maret 2021, Association between gastroesophageal reflux disease and coronary heart disease.
  5. Medscape, diakses 19 Maret 2021, How is blood supplied to the esophagus in the anatomy of gastroesophageal reflux disease (GERD)?

    register-docotr