Info Sehat

Hati-hati Akibat Asam Lambung Tinggi, Kamu Bisa Mengalami Masalah Ini

July 20, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Asam lambung dibutuhkan saat proses pencernaan makanan di dalam perut. Karena itu, tubuh memproduksinya secara alami. Namun, keberadaan asam lambung juga harus ideal, karena sejumlah gangguan kesehatan dapat terjadi akibat asam lambung tinggi.

Ada berbagai penyebab terjadinya asam lambung tinggi. Setidaknya ada lima penyebab umum terjadi. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai penyebab asam lambung tinggi dan gangguan kesehatan yang terjadi akibat asam lambung tinggi.

Apa yang menyebabkan asam lambung tinggi?

Asam lambung bisa meningkat karena dipicu oleh beberapa jenis makanan tertentu seperti makanan yang mengandung kafein. Bisa juga disebabkan oleh kebiasaan makan dalam jumlah banyak dalam sekali makan.

Di luar dua hal tersebut, berikut penyebab lainnya yang seringkali menyebabkan peningkatan produksi asam lambung dalam tubuh.

  • Infeksi bakteri. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori. Bakteri ini menyerang lambung dan menyebabkan luka. Keberadaannya juga memicu produksi asam lambung lebih banyak dari biasanya.
  • Gangguan pada saluran lambung. Ketika ada saluran di antara lambung dan usus tersumbat, maka akan menyebabkan peningkatan asam lambung.
  • Pengaruh obat asam lambung. Orang yang mengalami asam lambung tinggi umumnya akan diberikan resep obat berjenis H2 blocker. Namun, kadang-kadang setelah menyelesaikan pengobatan, pasien dapat mengalami peningkatan asam lambung yang berulang.
  • Sindrom Zollinger-Ellison. Kondisi gangguan pencernaan ini jarang terjadi, tetapi saat mengalaminya, akan memengaruhi hormon gastrin yang memicu produksi asam lambung yang tinggi.
  • Gagal ginjal. Ini adalah penyebab yang paling jarang terjadi. Sama seperti sindrom Zollinger-Ellison, gagal ginjal memengaruhi hormon gastrin dan memicu tubuh memproduksi asam lambung berlebih.

Gangguan kesehatan yang timbul akibat asam lambung tinggi

Jika asam lambung tinggi terjadi berulang kali, kamu mungkin akan mengalami rasa tidak nyaman dan kalau dibiarkan, bisa menyebabkan berbagai kondisi seperti:

Gastroesophageal reflux disease (GERD)

GERD atau penyakit asam lambung adalah penyakit yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Jika mengalaminya, seseorang akan menunjukkan gejala seperti mual, muntah, rasa tidak nyaman pada tenggorokan, serta mulut yang terasa asam atau pahit.

Bila dibiarkan, selain dapat mengganggu kegiatan sehari-hari, GERD juga dapat berkembang menjadi penyakit yang lebih serius atau dapat menyebabkan sejumlah penyakit komplikasi.

Heartburn atau nyeri ulu hati

Meski lebih sering disebut sebagai nyeri ulu hati, heartburn sebenarnya adalah kondisi saat kamu merasakan sensasi terbakar dan rasa sakit di bagian dada.

Umumnya rasa sakit akan semakin parah saat malam hari atau saat membungkuk dan berbaring. Salah satu penyebab kondisi ini adalah akibat asam lambung tinggi pada seseorang.

Saat mengalami asam lambung tinggi, bisa diatasi dengan mengonsumsi obat yang dijual bebas. Perubahan gaya hidup seperti menghindari makanan pemicu naiknya asam lambung, juga dapat membantu terhindar dari asam lambung tinggi.

Esofagitis

Esofagitis adalah peradangan pada lapisan esofagus atau kerongkongan. Peradangan terjadi karena asam lambung keluar dari lambung dan naik ke kerongkongan dan mengakibatkan iritasi lapisan kerongkongan.

Jika tidak diobati, orang yang mengalaminya akan merasakan tidak nyaman pada kerongkongan, memiliki masalah saat menelan dan merasakan sakit saat menelan.

Perdarahan pada sistem pencernaan

Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan istilah perdarahan gastrointestinal. Ini bisa terjadi ketika GERD semakin memburuk dan tak ditangani dengan cara medis.

Kondisi ini juga bisa terjadi pada orang yang mengalami peradangan esofagus atau esofagitis. GERD ataupun esofagitis, sama-sama gangguan kesehatan yang terjadi akibat asam lambung tinggi.

Ulkus Peptikum

Ulkus peptikum adalah terjadinya luka pada lapisan lambung atau bagian atas usus kecil. Kondisi dapat terjadi akibat asam lambung tinggi, karena asam lambung dapat menggerogoti lapisan perut.

Gejala lain yang timbul akibat asam lambung tinggi

Selain masalah kesehatan yang sudah disebutkan di atas, seseorang dengan asam lambung tinggi dapat menunjukkan gejala seperti:

  • Kram perut
  • Gangguan pencernaan
  • Nafsu makan menurun
  • Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan

Jika kamu merasakan gejala seperti yang sudah disebutkan di atas, dan telah terjadi berulang-ulang, sebaiknya kamu melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Demikian penjelasan seputar masalah kesehatan akibat asam lambung tinggi.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline diakses 16 Juli 2020 What to Know About High Stomach Acid 
  2. Mayoclinic.org diakses 16 Juli 2020 Gastroesophageal reflux disease (GERD) 
  3. Livestrong diakses 16 Juli 2020 Signs of Too Much Acid in the Stomach 
    Berita Terkait
    register-docotr