Kamus Penyakit

Wajib Tahu! Ini 6 Penyebab Tenggorokan Gatal yang Bikin Tak Nyaman

July 20, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Hampir semua orang bisa mengatasi rasa gatal di kulit, tapi tidak saat di tenggorokan. Maklum saja, lokasinya yang ada di dalam mulut membuatmu sulit untuk menjangkaunya. Tak ada salahnya untuk mengetahui berbagai penyebab tenggorokan gatal agar mudah meredakannya.

Gatal biasa mungkin akan menghilang dengan sendiri seiring berjalannya waktu. Namun, jika ternyata pemicunya adalah sesuatu yang serius, misalnya penyakit, tentu harus ada pengobatan. Yuk, cari tahu apa saja penyebab tenggorokan gatal dengan ulasan berikut ini.

Faktor penyebab tenggorokan gatal

Tenggorokan gatal tak muncul dengan sendirinya. Ada faktor-faktor yang bisa membuatnya terjadi, seperti kurang cairan, alergi, peradangan, hingga asam lambung yang naik. Ini dia enam penyebab tenggorokan gatal yang paling umum.

1. Kurang cairan atau dehidrasi

Penyebab tenggorokan gatal yang pertama adalah dehidrasi. Kondisi ini bisa terjadi saat tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada asupan yang masuk. Tanda paling umum yang bisa dirasakan adalah tenggorokan kering.

Ketika tidak ada air yang membasahi, rasa gatal bisa tiba-tiba muncul. Situasi ini lebih sering terjadi saat kamu berada di bawah terik matahari, cuaca panas, berolahraga, atau sedang sakit.

Pada kasus dehidrasi akut, beberapa bagian tubuh lainnya juga akan ikut merasakan gejala seperti pusing, gemetar, dan lemas.

Baca juga: Moms, Yuk Kenali Ciri-ciri Dehidrasi pada Bayi yang Harus Diwaspadai!

2. Infeksi bakteri

Bakteri yang mengontaminasi makanan ternyata bisa membuat tenggorokanmu gatal, lho. Infeksi yang disebabkan bakteri biasanya berupa peradangan, ditandai dengan munculnya warna kemerahan pada faring.

Tak hanya gatal, infeksi ini juga akan membuatmu sulit menelan sesuatu. Untuk meredakannya, hindari makanan pedas dan minuman dingin. Pengobatan dokter biasanya cukup efektif untuk mempercepat proses penyembuhan.

Dalam kasus yang parah, radang tenggorokan bisa terasa sangat menyakitkan, hingga mengganggu aktivitas harian. Penyakit ini sering membuat banyak orang akan sulit tidur di malam hari.

3. Gejala flu

Saat tubuh terserang flu, hampir bisa dipastikan bahwa tenggorokan akan ikut terdampak. Mengutip dari Fast Med, flu adalah infeksi virus yang dapat memengaruhi sistem pernapasan bagian atas manusia, termasuk tenggorokan.

Rasa gatal sebagai gejala flu biasanya akan semakin mengganggu di malam hari. Kamu bisa meredakannya dengan air hangat. Jika memungkinkan, tambahkan jahe di dalam minuman tersebut.

Berdasarkan sebuah penelitian, jahe memiliki kandungan bioaktif yang berfungsi untuk meringankan peradangan bakteri maupun virus. Selain itu, jahe juga mempunyai senyawa antimikroba, efektif untuk melawan virus pemicu flu.

4. Alergi makanan

Tidak hanya menimbulkan ruam di kulit, alergi makanan juga dapat membuat tenggorokan gatal. Alergi sendiri adalah kondisi saat sistem imun mengeluarkan zat kimia tertentu untuk melawan benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Beberapa orang tidak bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tertentu, seperti produk susu, telur, kacang-kacangan, ikan laut, hingga buah-buahan.

Rasa gatal yang disebabkan oleh alergi makanan biasanya disertai dengan pusing, lidah menebal, hingga sulit menelan. Pada kasus yang parah, keadaan ini bisa berakhir pada anafilaksis, yaitu syok akibat alergi berat berupa kejang, sulit bernapas, tekanan darah menurun, hingga pingsan.

5. Penyakit rhinitis

Penyebab tenggorokan gatal lainnya adalah rhinitis, yaitu peradangan yang terjadi pada membran mukosa di dalam hidung. Biasanya, rhinitis akan muncul sebagai reaksi dari alergi yang sudah ada. Gejalanya meliputi pilek, bersin, dan hidung tersumbat.

Pemicu utama dari rhinitis adalah masuknya partikel kecil ke dalam tubuh melalui hidung, seperti debu, bulu, asap knalpot, hingga polusi udara. Untuk memberikan perlawanan dalam menjaga tubuh, sistem imun akan mengeluarkan histamin.

Sayangnya, pelepasan histamin juga dapat menimbulkan berbagai gejala alergi, seperti ruam di kulit, bercak merah, hingga rasa gatal di sejumlah anggota tubuh.

Baca juga: Hidung Gatal Jangan Diremehkan, Bisa Jadi Kamu Kena Rhinitis Alergi

6. Asam refluks

Penyebab tenggorokan gatal yang jarang diketahui adalah asam lambung yang naik, atau biasa disebut dengan refluks. Asam refluks mengacu pada kebocoran cairan yang ada di lambung, lalu naik ke bagian esofagus, dan membawa sensasi panas saat mencapai kerongkongan.

Oleh karena itu, gatal di tenggorokan akibat asam refluks biasanya disertai dengan gejala lain, yang paling sering adalah nyeri di dada. Kondisi ini tak boleh disepelekan. Sebab, asam refluks bisa membuat dinding kerongkongan terkikis dan teriritasi.

Nah, itulah enam penyebab tenggorokan gatal yang paling umum terjadi. Kamu bisa meredakannya dengan banyak minum air hangat serta tambahan jahe. Jika kondisi tak kunjung sembuh, tak perlu pikir panjang untuk hubungi dokter. Tetap jaga kesehatan, ya!

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

  1. Fast Med, diakses 10 Juli 2020, Itchy Throat.
  2. Medical News Today, diakses 10 Juli 2020, Everything you need to know about itchy throat
  3. Healthline, diakses 10 Juli 2020, Everything You Need to Know About Throat Irritation.
  4. Healthline, diakses 10 Juli 2020, How Does Ginger Help a Sore Throat?
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 10 Juli 2020, Anti-Oxidative and Anti-Inflammatory Effects of Ginger in Health and Physical Activity: Review of Current Evidence.

    register-docotr