Info Sehat

7 Obat Asam Lambung Alami, dari Jahe hingga Kunyit

January 28, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Perut tidak nyaman, mulas, mual, kembung hingga rasa terbakar di dada setelah makan bisa menjadi tanda atau gejala adanya masalah asam lambung. Kamu bisa coba mengatasinya dengan obat asam lambung alami. 

Obat alami ini bisa berupa herbal atau berasal dari bahan-bahan rumahan lain yang mudah didapatkan. Berikut daftar selengkapnya!

Daftar obat asam lambung alami

Masalah asam lambung ini bisa bermacam-macam, salah satunya asam lambung tinggi. Refluks asam atau naiknya asam lambung ke kerongkongan, serta gastroesophageal reflux (GERD), juga bisa jadi pemicunya.

Kondisi tersebut memiliki ciri-ciri yang serupa. Kamu pun bisa menggunakan beberapa obat asam lambung alami berikut ini untuk meredakan gejalanya:

1. Jahe

Menurut Gastroenterology Research and Practice, sejumlah orang menggunakan jahe untuk meredakan masalah pada pencernaan seperti mual, diare hingga kehilangan nafsu makanan. 

Selain itu, jahe juga dapat menurunkan asam lambung. Tapi sebaiknya konsumsi jahe secukupnya, karena terlalu banyak jahe juga dapat menyebabkan gas, tenggorokan seperti terbakar dan mulas. 

2. Kayu manis

Dilansir Medical News Today, kayu manis dapat mengurangi gas, kembung, kram dan serdawa yang berlebihan. Herbal yang juga menjadi bumbu dapur ini juga dapat membantu menetralkan keasaman lambung untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan gangguan pencernaan. 

3. Cengkeh

Cengkeh mengandung zat yang membantu mengurangi gas di perut dan meningkatkan sekresi lambung. Ini membantu mempercepat pencernaan yang lambat, juga dapat mengurangi mual dan muntah. 

Kamu bisa mencampur 1 atau 2 sendok teh bubuk cengkeh dengan 1 sendok teh madu dan dikonsumsi sekali sehari sebelum tidur untuk meredakan sakit perut. 

Sementara meredakan mual dan mulas, kamu dapat menyampur 250 ml air dengan cengkeh dan menjadikannya teh cengkeh. Bisa diminum sekali atau dua kali sehari. 

4. Soda kue

Dilansir Medical News Today, soda kue yang dilarutkan dalam dalam air juga dapat meredakan gejala refluks asam. Namun pengobatan ini mungkin berbahaya bagi kesehatan jantung. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait teori ini.

5. Lidah buaya untuk obat asam lambung alami

Jus lidah buaya dapat mengurangi asam lambung dan dibuktikan melalui sebuah penelitian. Dalam studi tersebut, responden yang minum 10 ml jus lidah buaya setiap hari selama 4 pekan merasakan kelegaan dari gejala GERD. 

Gejala yang dimaksud seperti perut kembung, serdawa, mual, muntah dan rasa asam yang naik ke kerongkongan. 

6. Basil

Kandungan eugenol pada basil dipercaya dapat membantu mengurangi jumlah asam di perut. Selain itu, tumbuhan sejenis kemangi ini dapat mengurangi gas dan mengatasi masalah pencernaan secara umum. 

7. Kunyit untuk obat asam lambung alami

Kunyit dengan kandungan ekstrak kurkuminnya bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Dengan kandungan itu, kunyit dipercaya dapat meredakan GERD. 

Selain itu, efek antiinflamasi kunyit dapat mencegah terjadinya peradangan esofagus. Kunyit juga dikenal dapat melindungi usus dari kerusakan akibat penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid seperti aspirin dan ibuprofen. 

Perubahan gaya hidup untuk mencegah asam lambung naik

Hidup lebih sehat akan membantu kamu mengatasi masalah asam lambung, beberapa di antaranya yang bisa kamu lakukan antara lain:

  • Menjaga berat badan ideal. Berat badan berlebih dapat menyebabkan tekanan dan asam lambung bisa kembali ke kerongkongan, sehingga terjadi refluks asam.
  • Berhenti merokok. Merokok dapat mengurangi kemampuan otot yang menjaga asam lambung kembali ke kerongkongan. 
  • Perhatikan pola makan. Pilihlah makanan sehat dan bernutrisi seimbang dan hindari makanan yang memperburuk kondisi asam lambung seperti kopi, cokelat, makanan pedas, alkohol dan makanan berlemak. 
  • Tidur miring ke kiri. Tidur miring ke kanan dapat meningkatkan risiko asam ‘bocor’ dan menyebabkan refluks asam lambung. 
  • Jeda dari makan ke waktu tidur. Disarankan untuk menghindari makan dalam tiga jam sebelum tidur. Meski masih butuh banyak bukti, tapi dilansir Healthline, makan menjelang waktu tidur dapat memperburuk kondisi asam lambung.

Demikian pilihan obat asam lambung alami dan juga tips gaya hidup lebih sehat. Jika mengalami gejala masalah asam lambung yang semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Cek kesehatan lambungmu di Klinik Maag bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini ya!

Reference

Mayoclinic, diakses 21 Januari 2021
Gastroesophageal reflux disease (GERD)
Healthline, diakses 21 Januari 2021
8 Home Remedies for Acid Reflux/GERD
Healthline, diakses 21 Januari 2021
Can You Use Turmeric to Treat Acid Reflux?
Healthline, diakses 21 Januari 2021
14 Ways to Prevent Heartburn and Acid Reflux
Webmd, diakses 21 Januari 2021
Natural Home Remedies for Heartburn
Medical News Today, diakses 21 Januari 2021
Home and natural remedies for upset stomach
Medical News Today, diakses 21 Januari 2021
How can you stop acid reflux?

    register-docotr