Diet dan Nutrisi

Meski Tumbuh Liar, Ini 7 Manfaat Daun Pegagan yang Menakjubkan

June 10, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Pegagan adalah tanaman yang mudah dijumpai di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Meski tumbuh liar, ada banyak manfaat daun pegagan yang bisa didapatkan, mulai dari kegunaannya sebagai antidepresan, hingga mengobati luka.

Manfaat daun pegagan

Hal tersebut yang menjadikan daun pegagan sebagai obat herbal untuk menangani sejumlah gangguan kesehatan. Ini dia tujuh khasiat daun pegagan yang jarang diketahui:

1. Antidepresan alami

Salah satu manfaat daun pegagan yang tidak banyak orang tahu adalah kemampuannya sebagai antidepresan alami. Antidepresan sendiri adalah senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk mengurangi rasa cemas, stres, dan depresi.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Malaysia pada 2016 memaparkan, daun pegagan yang telah diambil ekstraknya dan diolah menjadi obat herbal memiliki khasiat menakjubkan untuk memengaruhi perilaku, berat badan, detak jantung, hingga suhu tubuh manusia.

2. Menjaga fungsi otak

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, daun pegagan mampu membantu manusia dalam menjaga fungsi otak dan sistem saraf, termasuk kemampuan kognitif.

Beberapa efek positif yang bisa didapatkan adalah peningkatan fungsi hipokampus, bagian otak yang menyimpan memori. Selain itu, daun pegagan juga bisa melindunginya dari penuaan. Efek menakjubkan ini bisa didapat dari konsumsi yang rutin.

Baca juga: Jarang Diketahui! Ini 7 Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami

3. Pengobatan alzheimer

Masih seputar kesehatan otak, ternyata daun pegagan juga bisa digunakan sebagai pengobatan terhadap pasien alzheimer, lho.

Alzheimer sendiri adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh penurunan fungsi saraf di otak. Ekstrak daun pegagan memiliki kemampuan dalam melindungi otak dari toksisitas, atau racun-racun yang melemahkan saraf.

4. Manfaat daun pegagan untuk sendi

Manfaat daun pegagan yang tak boleh diremehkan adalah sifat anti-inflamasi yang ada padanya. Ini sangat berguna untuk mengatasi berbagai aktivitas peradangan, termasuk radang sendi.

Sebuah studi yang dilakukan di India pada 2014 menyebutkan, senyawa pada daun pegagan mampu memberikan perlindungan terhadap sendi, mengurangi terjadinya pengeroposan tulang, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Membantu mengurangi luka

manfaat daun pegagan untuk luka
Ilustrasi luka. Sumber foto: www.healthline.com

Siapa sangka, ternyata daun pegagan juga memiliki senyawa yang cukup efektif untuk menyembuhkan luka. Studi yang dilakukan pada 2015 di Korea menjelaskan, daun pegagan mampu memberikan efek penyembuhan terhadap berbagai jenis luka, seperti akibat benda tumpul dan benda tajam.

Tidak hanya itu, efek infeksi yang terjadi setelahnya juga bisa diminimalkan. Cukup bubuhkan ekstrak daun pegagan pada permukaan kulit yang terdapat luka. Atau, kamu juga bisa menggunakan krim yang mengandung pegagan.

Luka biasanya akan mereda kurang dari 24 jam setelah pengobatan pertama.

6. Membantu proses detoksifikasi

Daun pegagan cukup efektif dalam proses detoksifikasi atau pengeluaran racun-racun dari tubuh secara alami. Ini tak lepas dari senyawa yang berhubungan dengan toksisitas pada hati dan ginjal.

Organ hati sendiri telah dirancang untuk menetralkan racun tubuh, sehingga aliran darah yang mengalir ke semua organ tak terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya.

Baca juga: Awas, 10 Tanda Ini Bisa Jadi Ciri-ciri Sakit Ginjal

7. Membantu menghilangkan stretch mark

Sebuah publikasi di US National Library of Medicine mengungkapkan, daun pegagan bisa membantu menghilangkan stretch mark (gurat) pada kulit. Ini tak lepas dari senyawa terpenoid yang ada padanya.

Senyawa tersebut berperan aktif dalam meningkatkan produksi kolagen. Kolagen sendiri mempunyai tugas utama menjaga sensitivitas dan elastisitas kulit. Saat kadar kolagen tercukupi, stretch mark dapat dihilangkan, bahkan kemunculan baru-nya bisa dicegah.

Kamu bisa membubuhkan ekstrak daun pegagan ke area kulit yang terdapat stretch mark. Jika ingin praktis, kamu bisa membeli krim di apotek yang mengandung senyawa pegagan, lalu oleskan ke permukaan kulit. Lakukan secara rutin hingga stretch mark menghilang.

Nah, itulah manfaat daun pegagan yang baik untuk kesehatan. Kamu bisa rutin mengonsumsi atau menggunakan ekstraknya sebagai pencegahan berbagai penyakit. Selamat mencoba!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
Berita Terkait
register-docotr