Info Sehat

6 Manfaat Ngulet Saat Bangun Tidur untuk Kesehatan

May 31, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ngulet alias melakukan peregangan adalah salah satu hal yang sering kali dilakukan ketika bangun tidur. Tahukah kamu bahwa ngulet saat bangun tidur ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan?

Intip informasi tentang serba-serbi ngulet dalam ulasan berikut ini, yuk!

Baca juga: Benarkah Yoga Mata Ampuh Bikin Mata Sehat?

Mengapa kita sering ngulet setelah bangun tidur?

Perlu kamu ketahui bahwa melakukan ngulet pada saat bangun tidur dapat membantu membuat otot rileks. Ngulet juga mengurangi kekakuan pada otot.

Gerakan ngulet pada saat tidur sendiri sering kali disertai dengan gerakan meregangkan tangan di atas dan diikuti dengan menguap. Mekanisme otomatis ini dikenal sebagai pandiculation.

Dapat dikatakan bahwa hal tersebut dianggap sebagai cara tubuh mengurangi rasa tegang pada fasia.

Fasia sendiri adalah jaringan ikat yang mengelilingi otot, organ, hingga pembuluh darah di seluruh tubuh. Ngulet atau peregangan adalah salah satu cara untuk menjaga kelenturan serta fleksibilitas fasia.

Menjaga fleksibilitas fasia itu penting. Sebab jika kelenturan serta fleksibilitas fasia terjaga, ini dapat memudahkanmu untuk bergerak, berolahraga, atau menjalani aktivitas sehari-hari.

Berbagai manfaat ngulet saat bangun tidur

Nah, berikut ini adalah manfaat ngulet saat bangun tidur untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui.

1. Meningkatkan fleksibilitas sendi

Manfaat pertama dari ngulet saat bangun tidur adalah dapat membantu mendapatkan atau meningkatkan kelenturan dari persendian. Di sisi lain, peregangan juga dapat mengurangi risiko terjadinya arthritis atau radang sendi.

2. Memperbaiki postur tubuh

Peregangan di pagi hari juga dapat membantu merilekskan atau membuat otot tubuh menjadi lebih fleksibel. Ketika otot tubuh menjadi lebih fleksibel, ini dapat membantu memperbaiki postur tubuh.

Manfaat ini bisa didapatkan oleh siapa saja. Namun utamanya bisa didapatkan oleh mereka yang sering kali duduk di depan komputer dalam waktu yang lama.

Jika postur tubuh tidak terjaga dengan baik pada saat duduk, efeknya dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk. Sebab pada posisi yang salah, otot punggung dan dada bisa terlalu tegang.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Dikutip dari laman Only My Health, tidur dalam posisi yang sama sepanjang malam dapat mengganggu sirkulasi darah di dalam tubuh, Nah, melakukan ngulet pada saat bangun tidur dapat mengurangi kekakuan pada otot tubuh.

Bahkan, American Council on Exercise Fitness mengatakan bahwa peregangan juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk pada otak. Sirkulasi darah yang baik dalam tubuh juga dapat meningkatkan konsentrasi.

Baca juga: Susah Tidur Nyenyak di Malam Hari? Ini 7 Cara Mengatasi Insomnia!

4. Meningkatkan energi

Melakukan peregangan di pagi hari juga dapat memberikanmu tingkat energi yang lebih besar. Energi yang meningkat juga dapat mencegah perasaan lesu dan lelah.

5. Meredakan rasa sakit atau nyeri

Manfaat lain dari ngulet di pagi hari yakni dapat mengurangi rasa nyeri pada otot atau sendi. Untuk mendapatkan manfaat lebih, kamu dapat melanjutkannya dengan teknik peregangan lain secara perlahan.

6. Mengurangi stres

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, manfaat lain dari ngulet saat bangun tidur adalah dapat membantu mengurangi stres.

Dengan melakukan peregangan di pagi hari kamu dapat melepaskan ketegangan di tubuh. Selain itu, peregangan juga dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang mana ini dapat memicu rasa tenang.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat ngulet

Melakukan ngulet pada saar bangun tidur memang dapat membuat terasa nyaman. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan ngulet atau melakukan peregangan secara berlebihan.

Sebab, melakukan peregangan secara berlebihan atau meregangkan otot secara signifikan di luar rentang gerakan normalnya justru dapat menimbulkan risiko cedera. Pada saat kamu melakukan peregangan dengan benar, kamu akan merasakan sedikit tarikan pada otot.

Namun, jika peregangan dilakukan secara tidak benar dan berlebihan, ini dapat menimbulkan rasa sakit yang terasa seperti menusuk. Sebab, fleksibilitas otot melebihi kapasitas normalnya.

Salah satu gejala lain yang dapat ditimbulkan dari peregangan yang dilakukan secara berlebihan adalah rasa sakit yang terjadi sehari setelah kamu melakukan peregangan.

Nah, itulah beberapa manfaat ngulet atau peregangan pada saat bangun tidur untuk kesehatan. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai manfaat dari peregangan atau seputar kesehatan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

American Council on Exercise Fitness (2017). Diakses pada 28 Mei 2021. 10 Reasons Why You Should Be Stretching 

Healthline (2021). Diakses pada 28 Mei 2021. What’s the Purpose of Stretching and Why Do We Do It? 

Healtlhline (2020). Diakses pada 28 Mei 2021. What Are the Dangers of Overstretching? 

Livestrong.com (2019). Diakses pada 28 Mei 2021. What Are the Benefits of Stretching in the Morning? 

Onlymyhealth (2019). Diakses pada 28 Mei 2021. Benefits of Stretching In The Morning First Thing After Waking Up 

    register-docotr