Info Sehat

5 Manfaat Menggunakan Asuransi Kesehatan, Apa Saja?

October 15, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Dari banyaknya jenis asuransi, asuransi kesehatan adalah salah satu yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Tentunya, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari menggunakan asuransi tersebut.

Namun, tak sedikit pula orang yang masih ragu untuk mendaftar. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ulasan tentang pentingnya memilih dan menggunakan asuransi kesehatan yang perlu kamu tahu!

Apa itu asuransi kesehatan?

Asuransi kesehatan adalah kontrak yang mengharuskan perusahaan asuransi membayar sebagian atau seluruh biaya perawatan terkait masalah kesehatan yang kamu alami.

Untuk mendapatkannya, pengguna asuransi harus membayar iuran dalam periode yang telah ditentukan, disebut dengan premi.

Layanan yang diberikan tergantung dari fitur dan skema yang dipilih. Umumnya, asuransi kesehatan meng-cover biaya pemeriksaan medis, bedah, obat resep, perawatan gigi, perawatan rumah sakit, hingga kejadian tak terduga seperti kecelakaan.

Dalam praktiknya, pembayaran premi asuransi kesehatan bisa langsung dipotong dari gaji bulanan yang didapat.

Jenis asuransi kesehatan

Secara garis besar, asuransi kesehatan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu swasta dan publik. Asuransi publik dimiliki oleh badan pemerintah, yang biasanya memberi banyak akses kemudahan bagi masyarakat dalam menggunakannya.

Salah satu contoh asuransi kesehatan publik yang dapat dimanfaatkan setiap warga adalah BPJS Kesehatan. Sedangkan asuransi kesehatan swasta, dijalankan oleh institusi non-pemerintah, dengan layanan yang biasanya lebih spesifik.

Manfaat asuransi kesehatan

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari menggunakan asuransi kesehatan. Bukan hanya soal klaim biaya saat sudah sakit, tapi juga tentang coverage perawatan tak terduga seperti kecelakaan.

Berikut lima alasan mengapa kamu perlu mempertimbangkan menggunakan asuransi kesehatan:

1. Kunjungan rutin ke fasilitas medis

Salah satu manfaat utama dari asuransi kesehatan adalah cover biaya pemeriksaan medis, meski dalam skala kecil, misalnya kunjungan rutin ke dokter. Sebagian besar asuransi kesehatan menyediakan fitur ini dalam layanannya.

Bukan hanya pemeriksaan medis, asuransi kesehatan juga memberikan cover terhadap biaya obat-obatan yang diresepkan dokter.

Baca juga: Dokter Gigi Tutup Praktik, Begini Cara Rawat Kesehatan Gigi saat Pandemi COVID-19

2. Perawatan penyakit parah

Saat mengidap penyakit parah yang membutuhkan perawatan rumah sakit, asuransi kesehatan bisa membantu. Pasien kanker dan penyakit kronis misalnya, harus sering berkunjung atau bahkan dirawat di rumah sakit untuk proses penyembuhan.

Dengan biaya yang tidak sedikit, klaim bisa ditujukan kepada asuransi kesehatan. Tapi, ini tergantung dari fitur dan jumlah premi yang kamu pilih saat mendaftar, ya.

3. Pencegahan penyakit

Bukan hanya ketika sudah sakit, beberapa asuransi kesehatan menyediakan fitur untuk pencegahan gangguan kesehatan. Misalnya, ada biaya yang di-cover untuk general check-up, skrining kondisi tertentu, hingga vaksinasi jenis penyakit khusus.

Dengan begitu, asuransi tidak hanya dibutuhkan saat kamu sudah sakit, tapi juga untuk melindungi diri agar tidak mengalami gangguan kesehatan.

4. Perlindungan finansial untuk peristiwa tak terduga

Kejadian tak terduga seperti kecelakaan adalah hal yang tidak bisa diprediksi. Pada beberapa kasus, korban kecelakaan harus mendapatkan perawatan darurat yang membutuhkan biaya tidak sedikit atau di luar kemampuan.

Nah, dengan asuransi kesehatan, kamu bisa mengklaim biaya yang dibutuhkan untuk perawatan tersebut. Sehingga, tak perlu pusing lagi untuk memikirkan keuangan. Tapi, saat mendaftar asuransi, pastikan kamu telah membaca kontraknya dan ada coverage untuk hal yang satu ini, ya.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Memberi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Lalu Lintas?

5. Mendapat layanan kesehatan terbaik

Menurut sebuah publikasi, asuransi kesehatan secara tidak langsung bisa meningkatkan kualitas rumah sakit dan dokter dalam pemberian layanan. Ini berhubungan dengan standar yang telah diberikan kepada pengguna asuransi dalam memilih fasilitas layanan kesehatan terbaik.

Semakin baik kualitasnya, maka semakin tinggi pula peluang untuk dipilih oleh pengguna asuransi sebagai fasilitas layanan kesehatan. Ini juga termasuk layanan medis yang diberikan, misalnya tindakan atau prosedur andalan yang dimiliki oleh fasilitas kesehatan tersebut.

Artinya, dengan menggunakan asuransi kesehatan, kamu bisa memilih dan mendapatkan layanan kesehatan dan fasilitas yang terbaik.

Nah, itulah ulasan tentang asuransi kesehatan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah mendaftar. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakannya?

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini ya.

Reference

  1. HealthCare.gov, diakses 15 Oktober 2021, Why it’s important to have health insurance?
  2. HealthCare.gov, diakses 15 Oktober 2021, Health insurance.
  3. Investopedia, diakses 15 Oktober 2021, Health insurance.
  4. American Hospital Association, diakses 15 Oktober 2021, The Importance of Health Coverage.
  5. JAMA Network, diakses 15 Oktober 2021, The 6 Functions of Health Insurance.
  6. Medical News Today, diakses 15 Oktober 2021, What is health insurance?

    register-docotr