Covid-19

Mengenal Perbedaan Masker N95, KN95 dan KF94

June 28, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Selama pandemi, penggunaan masker menjadi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari masker medis, hingga masker yang dianggap lebih ampuh menyaring partikel udara, seperti masker N95, KN95 dan KF94

Ketiga masker ini dianggap memiliki kualitas tinggi, yang dapat melindungi pemakainya dari penularan virus SARS-CoV-2. Ketiga jenis masker ini memang memiliki kelebihan, tetapi juga ada beberapa kekurangannya. 

Nah, untuk lebih tahu lebih jauh tentang masing-masing masker tersebut, berikut penjelasan tentang perbedaan masker N95, KN95 dan KF94! 

Masker N95

Dibandingkan masker jenis lainnya, bisa dibilang N95 adalah yang paling dipercaya dapat melindungi dari penularan COVID-19.

Alasannya, penggunaan N95 ini direkomendasikan langsung oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), yang diprioritaskan untuk petugas kesehatan. 

Kelebihan masker N95 

Dari segi kemampuan filtrasi, N95 sudah tidak diragukan lagi. Dikutip dari Healthline, N95 dapat menyaring hingga 95 persen partikulat aerosol. 

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau FDA, masker N95 memiliki penyaringan partikel udara yang sangat efisien. 

Selain itu, dari segi bentuk, masker ini dirancang untuk fit di wajah pemakainya. Dengan demikian, filtrasi udara akan lebih efisien.

Di bagian batang hidung juga dirancang dapat menyesuaikan bentuk hidung pemakainya. Ini akan mengurangi celah udara yang terhirup langsung. 

Kekurangan N95

Di Amerika, penggunaan masker ini diprioritaskan untuk petugas kesehatan. Sementara untuk kegiatan sehari-hari, lebih disarankan masker lain seperti masker medis atau masker kain.

Selain itu, masker ini cukup tebal. Orang dengan masalah pernapasan kronis, jantung atau kondisi medis lain yang berhubungan dengan pernapasan pun perlu berkonsultasi dulu sebelum menggunakannya.

Kekurangan lainnya, masker ini tergolong yang tidak tahan lama. Tidak seperti masker kain yang bisa dipakai berulang kali setelah dicuci. 

Masker KN95

Masker KN95 disebut sama efektifnya dalam menyaring udara, seperti masker N95.

Sempat ditemui sekitar 70 persen masker KN95 yang diimpor dari Tiongkok tidak memenuhi standar efektivitas filtrasi. Namun kemudian, dilakukan penelitian dan keluarlah hasil yang menyatakan masker KN95 memenuhi persyaratan dari FDA.

Sampai saat ini, masker KN95 pun dapat digunakan untuk melindungi selama pandemi. 

Kelebihan masker KN95

Masker ini dikatakan dapat menyaring hingga 95 persen partikulat aerosol. Kemampun ini sama seperti dengan masker N95. Masker ini juga mudah didapatkan dan lebih tipis dibanding N95.

Kekurangan masker KN95

Walau diperbolehkan sebagai pelindung diri selama pandemi COVID-19, tetapi penggunaan KN95 belum disetujui oleh National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH). 

Alasannya, meski ada beberapa masker yang ditemui sesuai dengan standar filtrasi, tetapi beberapa masker yang didatangkan dari Tiongkok, tidak sesuai dengan standar tersebut.

Masker KF94

Sama seperti dua jenis masker lainnya, masker KF94, juga dikenal memiliki penyaringan udara yang baik. Masker ini berasal dari Korea Selatan, itu sebabnya masker ini juga dinamai KF94. 

KF adalah kependekan dari Korean Filter. “Sementara 94 mewakili efisiensi filtrasi, yang berarti kemampuan masker dalam menyaring partikel,” kata Sara Andarabi, MD, asisten profesor pengobatan darurat di Baylor College of Medicine, dilansir Health

Kelebihan masker KF94

Masker KF94 telah diakui sama baiknya dengan masker lain seperti N95 dan KN95, oleh beberapa sumber. Karena efektif menyaring hingga 94 persen. Penelitian juga telah membuktikan efektivitas masker ini. 

Dari segi bentuk, KF94 seperti masker N95 yang dapat disesuaikan di bagian hidung sehingga akan lebih aman melindungi. Selain itu, masker ini juga memiliki penutup samping yang membentuk wajah.

Bentuknya yang menyesuaikan wajah akan menutup celah. Ini akan membatasi udara yang masuk tanpa melalui filtrasi. Tentunya ini akan semakin mengurangi risiko penularan COVID-19. 

Kekurangan masker KF94

Masker KF94 termasuk masker sekali pakai yang tidak bisa dicuci. Meski begitu, masker ini termasuk yang direkomendasikan untuk menekan penularan COVID-19. 

Selain itu, sama seperti KN95, masker KF94 juga belum disetujui NIOSH. Meski begitu, masker ini tetap terbukti ampuh dalam hal menyaring udara dan partikel hingga 94 persen. 

Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan masker

Apapun masker yang kamu gunakan, baik itu N95, KN95 atau KF94, hal yang harus dipastikan adalah masker tersebut asli. Sebab ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang menjual masker palsu, yang tidak memiliki kemampuan filtrasi baik. 

Karena itu, untuk menghindari penggunaan masker palsu, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Beli di toko terpercaya, yang memiliki proses pemeriksaan yang ketat, serta memiliki ulasan baik dari pembeli. 
  • Waspada dengan penjual baru yang menawarkan harga lebih murah. 
  • Periksa daftar produk, sesuai atau tidak dengan izin yang dikeluarkan.

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

register-docotr