Covid-19

Berobat ke Rumah Sakit saat Pandemi? Tak Perlu Takut asal Ikuti Tips Ini!

November 7, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kamu mungkin termasuk satu dari sekian banyak orang yang takut ke rumah sakit saat pandemi corona. Hal ini wajar, karena banyak rumah sakit yang dijadikan tempat tes dan rujukan penanganan COVID-19.

Tapi, bukan berarti kamu harus mengurungkan niat ke rumah sakit untuk pemeriksaan atau penanganan masalah kesehatan lainnya. Berobat di rumah sakit saat pandemi corona bisa dilakukan asalkan kamu melakukan berbagai tindakan preventif.

Baca Juga: Apakah Donor Darah Saat Pandemi COVID-19 Aman? Ini Panduan Lengkapnya!

Kunjungan ke rumah sakit saat pandemi corona menurun

Tidak bisa dipungkiri kalau pandemi corona membuat kunjungan ke rumah sakit menjadi turun. Alasan utamanya, masyarakat takut akan paparan virus corona.

Di Sulawesi Utara saja, dilansir Tribunnews, terjadi penurunan kunjungan ke rumah sakit hingga 80 persen. Penurunan kunjungan untuk penyakit umum ini berbanding terbalik dengan kenaikan okupansi di ruang-ruang isolasi rumah sakit.

Kondisi ini terjadi hampir di seluruh penjuru dunia. Dr. Phillip L. Coule, chief medical officer dari The Augusta University Health System di Georgia menyebut, penerimaan pasien di rumah sakitnya menurun hingga 40 persen.

“Beberapa di antara pasien ini takut terhadap COVID-19 dan potensi penularannya kalau mereka harus ke rumah sakit,” ucap Dr. Phillip dalam artikel yang diterbitkan American Heart Association.

Cara aman ke rumah sakit saat pandemi corona

Sebaiknya kamu tidak menunda untuk ke rumah sakit sekalipun pandemi corona, apalagi kalau kamu membutuhkan perawatan untuk penyakit kardiovaskular. “Risiko karena mengindahkan penyakit jantung dan stroke jauh lebih besar ketimbang risiko terpapar COVID-19,” terang Dr. Phillip.

Kamu yang ingin ke rumah sakit untuk mengunjungi kerabat atau saudara pun ternyata masih bisa dilakukan, lho. Akan tetapi kamu harus tetap paham terhadap bahaya dan risiko penularan berbagai penyakit di rumah sakit termasuk corona ini.

Berikut ini adalah berbagai tips untuk tetap bisa ke rumah sakit saat pandemi corona dengan mengurangi risiko penularan:

Pahami jam kunjungan ke rumah sakit saat pandemi corona

Beberapa rumah sakit membatasi kunjungan dan hanya menerima kunjungan yang prioritas dan mendesak. Untuk itu, kamu harus pahami jam kunjungan dari rumah sakit yang hendak kamu datangi.

Jika kamu tidak bisa mengunjungi rumah sakit di jam yang sudah mereka tentukan, coba berbicara dengan pihak rumah sakit untuk mengetahui apabila ada kesempatan untuk dapat menjadwalkan ulang kunjungan kamu.

Menjaga kebersihan tangan

Saat mengunjungi seseorang atau memeriksakan diri ke rumah sakit, selalu ingat akan kebersihan tangan kamu, ya! Untuk itu, sering-seringlah membersihkannya menggunakan sabun dan air atau hand sanitizer.

Lakukan langkah pencegahan ini saat kamu memasuki atau keluar dari rumah sakit, baik itu dari kamar pasien, ruang pemeriksaan ataupun area lain dari rumah sakit yang kamu datangi.

Kalau kamu memang peduli terhadap kebersihan tangan dari dokter, perawat atau siapapun yang akan melakukan kontak dengan kamu di rumah sakit, jangan ragu untuk menanyakan apakah mereka sudah membersihkan tangan mereka.

Perhatikan kondisi fisik

Sebelum kamu pergi ke rumah sakit, ada baiknya kamu sadari kondisi fisik kamu. 

Kalau kamu ternyata sakit batuk, pilek, diare, muntah-muntah atau menderita penyakit infeksius lainnya, cobalah berbicara dan minta saran pada penjaga atau pihak rumah sakit sebelum datang berkunjung ke sana.

Baca Juga: Apakah jadwal yang terdapat di menu Buat Janji Medis sesuai dengan jadwal dokter dirumah sakit?

Tips saat mengunjungi dokter

Jika kamu harus ke rumah sakit untuk berkonsultasi dengan dokter kala pandemi corona, cobalah terapkan langkah berikut untuk mengurangi risiko infeksi dan penularan virus:

  • Jaga jarak aman, setidaknya 2 meter dari orang lain yang kamu temui di rumah sakit
  • Gunakan masker
  • Cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer
  • Jangan menyentuh wajah 
  • Hindari menyentuh permukaan dinding atau barang lainnya
  • Gunakan tisu atau lap disinfektan untuk membersihkan permukaan yang akan kamu sentuh.

Tips saat mengunjungi pasien 

Jika kamu harus ke rumah sakit untuk mengunjungi kerabat atau keluarga saat pandemi corona, lakukan langkah berikut untuk mengurangi potensi penularan segala jenis penyakit:

  • Jangan duduk di tempat tidur pasien
  • Jangan naikkan kaki ke tempat tidur pasien
  • Hindari menyentuh luka pasien atau perlengkapan medis yang menempel di tubuhnya
  • Jangan menggunakan toilet pasien.

Demikianlah berbagai tips untuk berkunjung ke rumah sakit saat pandemi corona. Selalu waspada dan jaga diri kamu dari kemungkinan penularan virus ini, ya!

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference
  1. American Heart Association, diakses 29 Oktober 2020. Is it safe to go to the hospital during COVID-19 pandemic? Doctors say yes
  2. Tribun Sulut, diakses 29 Oktober 2020. Orang Takut Corona di RS Kandou: Kunjungan Turun hingga 60 Persen
  3. National Health Service, diakses 29 Oktober 2020. Visiting someone in hospital
  4. WebMD, diakses 29 Oktober 2020. What If You Have a Medical Issue That’s Not Coronavirus?
    register-docotr