Info Sehat

Keuntungan Perusahaan Asuransi yang Punya Layanan Telemedisin

August 4, 2022 | aldi heryadi
feature image

Telemedisin kini menjamur di internet, membuat orang lebih mudah mengakses layanan kesehatan tanpa repot-repot keluar rumah dan mengantre. Oleh karena itu, menyediakan layanan telemedisin dalam produk asuransi kesehatan menjadi kesempatan yang menjanjikan bagi perusahaan. 

Terdapat begitu banyak keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan asuransi jika mereka memasukkan layanan telemedisin ke dalam produknya. Selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini. 

Keuntungan Perusahaan Asuransi Menggunakan Layanan Telemedicine sebagai Tunjangan Karyawan 

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa layanan telemedicine menawarkan berbagai manfaat untuk para penggunanya. Beberapa di antaranya adalah:

  • Akses mudah untuk layanan kesehatan
  • Akses  layanan Kesehatan tanpa harus ke klinik/RS
  • Tidak perlu menunggu
  • Biaya yang murah

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan asuransi jika memasukkan layanan telemedicine sebagai salah satu paket tunjangan karyawan. Beberapa di antaranya akan dijelaskan lewat uraian di bawah ini. 

1. Meningkatkan nilai perusahaan di mata calon nasabah

Perusahaan asuransi yang memasukkan telemedicine ke dalam paket tunjangan karyawan akan tampak berbeda dengan perusahaan asuransi lainnya. Hal ini tentu akan menambah nilai jual perusahaan di mata calon nasabah. 

Jika nilai jual mengalami peningkatan, perusahaan asuransi akan semakin mudah menggaet calon nasabah. Ini yang menjadi salah satu keuntungan utama dari memasukkan layanan telemedicine sebagai produk asuransi. 

2. Menyediakan produk yang berkualitas 

Memasukkan layanan telemedicine ke paket tunjangan karyawan dapat meningkatkan kepercayaan nasabah akan produk yang ditawarkan perusahaan asuransi. Pasalnya, layanan telemedicine berpeluang meningkatkan kepuasan karyawan dan mengurangi ketidakhadiran karyawan akibat memeriksakan kesehatannya ke klinik atau rumah sakit. 

Adanya telemedicine di dalam paket asuransi yang terdapat dalam tunjangan, karyawan tak perlu menyediakan banyak waktu untuk memeriksakan kesehatannya. Berbeda jika tak ada produk ini dalam paket asuransi, karyawan mungkin akan lebih sering mengajukan izin sakit. 

3. Menyediakan produk yang lebih terjangkau 

Telemedicine disebut-sebut menjadi solusi bagi mereka yang ingin menghemat pengeluaran dalam mengakses layanan kesehatan. Hal itu terbukti dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dale H. Yamamoto.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa biaya yang dikeluarkan seseorang untuk memeriksakan kesehatan lewat telemedicine lebih murah daripada melakukan pemeriksaan langsung di klinik atau rumah sakit. Perbedaannya bahkan sampai $126 atau sekitar Rp 1,9 juta. 

Artinya, perusahaan asuransi dapat pula mengurangi biaya meng-cover perawatan dan pengobatan untuk para nasabah. 

4. Meningkatkan pangsa pasar di tengah pandemi

Memasukkan telemedicine ke dalam produk asuransi juga dapat meningkatkan pangsa pasar di tengah pandemi. Seperti diketahui, pandemi COVID-19 yang melanda dunia selama dua tahun terakhir mengubah banyak hal di masyarakat, termasuk cara mereka memanfaatkan layanan kesehatan. 

Layanan telemedicine dalam paket tunjangan karyawan merupakan alternatif untuk memberikan proteksi kepada nasabahnya. Pasalnya, pergi ke klinik atau rumah sakit untuk memeriksakan kesehatan sama saja meningkatkan risiko seseorang tertular dengan virus COVID-19. 

5. Meningkatkan kepuasan nasabah 

Melalui layanan telemedicine, kepuasan nasabah akan meningkat karena mereka dapat mengambil manfaat dari layanan tersebut. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh adalah: 

  • Waktu yang fleksibel 
  • Menghemat uang
  • Kenyamanan
  • Kepuasan
  • Akses yang cepat dan mudah terhadap layanan kesehatan

Itu tadi beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan asuransi yang memasukkan layanan telemedicine dalam produknya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ingin memperluas cakupan benefit kesehatan karyawan Anda dalam upaya meningkatkan kepuasan, produktivitas, dan retensi karyawan yang lebih baik? Kini Good Doctor hadir dengan fasilitas telemedicine dan linking asuransi yang memadai untuk membantu perusahaan Anda. Konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda bersama tim expert kami di Employee Healthcare

register-docotr