Covid-19

Hari Anak Nasional: Tips Efektif Belajar Online di Rumah Selama Pandemi

July 24, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Merebaknya kasus COVID-19 membuat metode pembelajaran beralih dari kelas tatap muka ke kelas online. Namun, pembelajaran online ini diketahui kurang efektif karena sejumlah alasan, termasuk kurangnya motivasi belajar atau tidak produktif.

Karena itu, berbagai tips selama melakukan pembelajaran secara online perlu diterapkan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tips efektif belajar online di rumah selama pandemi yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Tips Membersihkan Rumah Setelah Digunakan untuk Isolasi Mandiri

Tips efektif belajar online di rumah selama pandemi

Dilansir dari Nature.com, pandemi virus corona telah memaksa siswa dan pendidik di semua tingkat pendidikan untuk cepat beradaptasi dengan pembelajaran online. Untuk itu, diperlukan beberapa tips agar belajar online di rumah selama pandemi lebih efektif, beberapa tips yang bisa dilakukan, seperti berikut :

Ciptakan tempat belajar yang nyaman

Selama pembelajaran online, tak jarang banyak anak yang merasa malas dan tidak fokus. Anak mungkin akan mudah terganggu karena hewan peliharaan atau anggota keluarga lainnya. Karena itu, untuk menghindari hal tersebut maka perlu diciptakan tempat belajar yang nyaman.

Profesor teknologi pendidikan di Universitas Terbuka, Martin Weller, mengatakan bahwa batasan dengan orang lain selama pembelajaran online harus ditetapkan.

Jika ruang belajar merupakan area umum di rumah, maka cobalah membuat kesepakatan bahwa tempat tersebut akan digunakan untuk jangka waktu tertentu.

Tetapkan rutinitas

Mengelola waktu selama pembelajaran online sangat penting, seperti dengan menetapkan rutinitas harian. Tetapkan waktu untuk bangun, menyegarkan diri, hingga sarapan sebelum memulai pembelajaran agar anak menjadi terbiasa.

Memiliki rutinitas yang baik selama belajar atau sekolah online dapat membantu memberikan sinyal pada otak untuk lebih fokus sehingga cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Jika rutinitas ini dijalani dengan benar, maka waktu istirahat yang cukup juga akan didapatkan.

Rutin untuk melakukan aktivitas fisik

Pembelajaran online seringkali menyebabkan anak menjadi cepat bosan sehingga tidak fokus selama waktu belajar. Karena itu, perlu menetapkan waktu istirahat untuk sesi belajar, yakni setiap 45 menit untuk bangun, bergerak, atau mengaktifkan berbagai bagian otak lainnya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan selama istirahat, seperti peregangan, berjalan-jalan di sekitar ruangan, maupun melihat pemandangan di luar jendela. Selain itu, waktu istirahat juga bisa diisi dengan bermain media sosial apapun agar otak menjadi kembali jernih.

Dampingi dengan camilan sehat

Saat belajar, memilih camilan sehat atau makanan lain perlu dilakukan. Hal ini diperlukan untuk mencegah rasa kantuk selama pembelajaran online. Camilan sehat yang bisa disajikan adalah buah-buahan atau minuman segar seperti jus.

Beri penghargaan pada anak

Ketika sudah belajar keras, jangan lupa untuk memberi penghargaan pada anak. Belajar di saat seluruh dunia sedang mengalami pamdemi memang sulit, namun dengan memberi hadiah pada anak maka akan membantunya kembali semangat dan bisa lebih giat dalam pembelajaran.

Hindari multitasking

Untuk mendapatkan fokus saat belajar, anak harus diajarkan untuk menghindari multitasking. Pastikan untuk menghindari melakukan kegiatan lain saat mengerjakan suatu pekerjaan karena akan membuat anak menjadi kurang produktif.

Tetapkan jadwal anak sedemikian rupa sehingga dapat fokus pada satu hal pada satu waktu, seperti belajar, melakukan pekerjaan rumah, bersantai, atau berolahraga. Tak hanya itu, menetapkan waktu untuk hal-hal lain juga diperlukan untuk meminimalisir multitasking pada anak.

Selama periode pembelajaran online ini, peran orang tua sebagai pendukung bagi anak juga sangat penting.

Untuk itu, pastikan anak mendapatkan perhatian saat belajar dan dukung kegiatan anak dengan mengajarkannya beberapa tips efektif agar bisa fokus dan tidak malas-malasan.

Baca juga: Apakah Melakukan Tes COVID-19 secara Mandiri Lebih Akurat dan Aman?

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference
  1. Nature.com (2021), diakses 23 Juli 2021. Online education in the post-COVID era
  2. Theguardian.com, diakses 23 Juli 2021. How to study at home during coronavirus – by online students and tutors
  3. Washington.edu, diakses 23 Juli 2021 Tips for Studying from Home
  4. India Today (2020), diakses 23 Juli 2021. 10 tips to ace your studies during the Covid-19 pandemic
    register-docotr