Covid-19

Cara Pakai Masker yang Efektif untuk Melindungi Diri dari COVID-19

June 29, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Penggunaan masker yang benar dan konsisten menjadi langkah penting untuk dilakukan setiap orang. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 dengan mudah antara satu individu ke individu lainnya.

Masker bekerja paling baik ketika semua orang menggunakannya sehingga cara pakai yang tepat perlu diketahui agar pencegahan lebih efektif. Nah, untuk mengetahui agar pemakaian masker dapat efektif yuk simak penjelasan lebih lengkapnya berikut.

Baca juga: Apakah Aman Menggunakan Hand Sanitizer untuk Bayi dan Balita?

Bagaimana cara memastikan masker dapat berfungsi sebaik mungkin?

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention atau CDC, pastikan untuk mengenakan masker yang pas dengan wajah. Adanya celah pada masker dapat membiarkan udara dan percikan pernapasan bocor masuk dan keluar sehingga berisiko terjadinya penularan.

Selain itu, kamu juga perlu memilih masker dengan lapisan untuk mencegah paparan dari percikan pernapasan orang lain. Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan agar penggunaan masker dapat efektif, yakni:

Pilih masker dengan kawat hidung

Kawat hidung adalah strip logam di sepanjang bagian atas masker yang bertujuan untuk mencegah kebocoran udara.

Masker dengan kawat hidung ini sangat efektif dalam menghindari penularan virus dan cukup mudah digunakan. Cukup tekuk kawat hidung bagian atas agar sesuai dengan bentuk wajah.

Gunakan masker fitter atau brace

Tak hanya memilih masker dengan kawat hidung, kamu juga bisa menggunakan masker fitter atau brace. Masker fitter atau brace adalah penyangga atas masker sekali pakai yang berguna untuk mencegah kebocoran udara di sekitar tepi masker.

Periksa celah dengan menangkupkan tangan

Untuk memastikan keefektifan masker, kamu bisa memeriksa celah dengan menangkupkan tangan di sekitar tepi luar masker. Pastikan tidak ada udara yang mengalir dari area dekat mata atau dari sisi masker. 

Jika masker sudah pas, maka kamu akan merasakan udara hangat masuk melalui bagian depan dan mungkin juga bisa melihat bahan masker bergerak masuk dan keluar dengan setiap napas yang dihembuskan.

Tambahkan masker lain untuk melapisi

Ketika ingin melindungi diri lebih maksimal, kamu bisa menerapkan cara dengan menggunakan dua masker sekaligus. Kenakan masker sekali pakai di bawah masker kain dan pastikan masker kain harus mendorong tepi masker sekali pakai ke wajah.

Berbagai jenis masker yang bisa digunakan

Terdapat beberapa jenis masker yang direkomendasikan untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari maupun bagi petugas kesehatan. Berbagai jenis masker tersebut, antara lain sebagai berikut:

Masker medis

Masker medis atau biasa disebut masker bedah merupakan masker sekali pakai. Masker ini dimaksudkan untuk melindungi pemakaian dari kontak dengan percikan yang mungkin mengandung virus.

Masker medis juga dapat menyaring partikel besar di udara saat pemakainya bernafas.

Masker N95

Meski masyarakat biasa dapat menggunakan masker ini, namun N95 merupakan jenis masker yang dianjurkan bagi tenaga kesehatan. Masker ini adalah salah satu satu jenis respirator yang menawarkan perlindungan lebih karena dapat menyaring partikel besar dan kecil saat bernafas.

Masker kain

Masker kain dimaksudkan untuk menjebak percikan pernapasan dari orang lain atau yang dikeluarkan saat pemakainya berbicara, batuk, atau bersin. Umumnya, masker kain akan lebih efektif ketika terbuat dari beberapa lapis kain yang ditenun rapat, seperti kapas. 

Langkah-langkah aman dalam memakai dan melepas masker

Perlu diketahui, penggunaan, penyimpanan, dan pembersihan masker yang tepat juga memengaruhi seberapa baik masker dapat melindungi dari virus. Untuk itu, terdapat beberapa langkah yang bisa diikuti saat memakai dan melepas masker.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pastikan untuk mencuci atau membersihkan tangan sebelum dan sesudah memakai masker. Selain itu, jangan pernah menyentuh masker saat memakainya karena virus dan bakteri bisa bertahan di bahan masker.

Jika tidak sengaja menyentuh masker, segera cuci atau bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. Ketika melepas masker, pastikan melepasnya dari telinga tanpa menyentuh bagian depan atau wajah dan segera cuci tangan setelah masker dilepas.

Baca juga: Penelitian: 40 Persen Pasien COVID-19 Alami Gejala hingga 4 Bulan

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference
  1. CDC (2021), diakses 28 Juni 2021. Improve How Your Mask Protects You
  2. Mayo Clinic (2021), diakses 28 Juni 2021. How well do face masks protect against coronavirus?
    register-docotr