Covid-19

8 Rekomendasi Kegiatan di Rumah untuk Quality Time Bersama Keluarga saat Pandemi

July 20, 2022 | Arianti Khairina
feature image

Seperti yang kita ketahui untuk memutus rantai penularan virus COVID-19, memang sangat disarankan untuk melakukan berbagai kegiatan di rumah . Namun, tak perlu bingung, berikut ini beberapa rekomendasi kegiatan di rumah untuk quality time bersama keluarga di era pandemi. 

Rekomendasi kegiatan di rumah untuk quality time bersama keluarga di era pandemi

Relax asian family laying with happy and smile on carpet in living room at home.
Source: freepik.com/our-team

Ketika pandemi COVID-19, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga. Sehingga, pastikan kamu mendapatkan waktu yang berkualitas dengan merencanakan berbagai kegiatan di rumah agar tidak bosan dan tetap menyenangkan. 

Berikut beberapa rekomendasi kegiatan seru di rumah untuk quality time bersama keluarga saat pandemi seperti dilansir dari Infinity Dish

1. Melakukan kegiatan masak dan makan bersama

Pertama, melakukan kegiatan masak dan makan bersama keluarga. Cobalah untuk merencanakan menu apa yang akan dimasak dan disantap bersama selama berada di rumah saat pandemi COVID-19. 

Daripada harus memesan makanan di luar, kamu bisa memasaknya sendiri di rumah sehingga lebih sehat dan bernutrisi. Selain itu, kamu juga bisa memasak hidangan baru setiap saat, dengan mencoba beragam resep menarik. Sehingga kegiatan memasak di rumah bersama keluarga pun jadi tidak membosankan. 

2. Melakukan kegiatan membersihkan rumah bersama

Kedua, membersihkan rumah bersama-sama. Dalam kegiatan satu ini kamu bisa coba untuk merombak beberapa bagian ruangan di dalam rumah seperti, memindahkan furniture, dan menyingkirkan semua benda yang sudah tidak lagi terpakai. 

3. Melakukan kegiatan olahraga bersama

Ketiga, melakukan olahraga bersama. Ini juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan dan mudah dilakukan karena dapat berolahraga di halaman atau ruangan kosong saat ada waktu senggang. 

Selain itu, melakukan kegiatan olahraga bersama keluarga juga bisa menjadi awal untuk tetap menjaga kesehatan selama pandemi COVID-19. Sehingga imun tubuh mampu terus bertahan dalam kondisi yang baik.

4. Melakukan kegiatan belajar bersama

Keempat, melakukan belajar bersama baik mengerjakan tugas sekolah atau hanya sekadar melihat-lihat beberapa halaman pelajaran secara online. Pasalnya, belajar bersama adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan keluarga. 

5. Membuat jadwal kegiatan bersama 

Kelima, membuat jadwal bersama dengan keluarga agar nantinya dapat dijadikan prioritas kegiatan saat berada di rumah. Contohnya membuat jadwal untuk kegiatan keluarga saat malam hari sebelum tidur seperti kumpul, bercerita dan makan bersama. 

6. Melakukan kegiatan membaca bersama

Keenam, melakukan kegiatan membaca bersama. Memulai kegiatan satu ini dapat memberikan kesempatan besar untuk membuka diskusi dan membicarakan topik yang mungkin sulit untuk dibicarakan ketika sedang kumpul keluarga. 

7. Menonton film bersama 

Happy black family watching something on laptop and laughing
Source: freepik.com

Ketujuh, melakukan kegiatan menonton film bersama. Kegiatan satu ini memang lebih banyak disukai oleh banyak orang baik itu anak-anak, remaja bahkan hingga orang dewasa. Sehingga memang sangat cocok dilakukan ketika quality time bersama keluarga di rumah. 

Cobalah untuk menonton film favorit keluarga atau berlangganan layanan streaming tertentu yang menyediakan film terbaru. Selain itu, siapkan juga tempat nonton yang nyaman atau lengkapi dengan camilan untuk menyempurnakan acara menonton bersama keluarga.

8. Melakukan permainan bersama keluarga

Family having some quality time together outdoors
Source: freepik.com

Kedelapan atau yang terakhir adalah melakukan permainan tertentu bersama keluarga. Beberapa permainan sederhana yang dapat dilakukan bersama yaitu monopoli, ular tangga dan lain-lainnya. Tak hanya sekadar seru dilakukan bersama keluarga, tetapi juga membuat orang tua dan anak semakin dekat. 

Itulah beberapa rekomendasi kegiatan di rumah untuk quality time bersama keluarga. Selain itu, pastikan juga kamu bersikap baik kepada diri sendiri, ya. Pasalnya mengubah seluruh kegiatan dan kebiasaan untuk terus berada di rumah memang tidaklah mudah. Sehingga, cobalah untuk tenang ketika menjalani kegiatan quality time bersama keluarga di rumah. 

Meluangkan waktu sejenak untuk bernapas secara perlahan dapat membuat detak jantung lebih teratur, dan mengurangi perasaan panik hingga mampu menghentikan aliran hormon stres kortisol ke otak. 

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Kesehatan Mental Remaja

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

Reference
  1. Infinitydish.com (2020) diakses pada 20 Juli 2022. 11 Ways to Have Quality Family Time at Home
  2. Baylor.edu (2020) diakses pada 20 Juli 2022. Family Quality Time During the Coronavirus Pandemic
  3. Publichealth.hscni.net (2020) diakses pada 20 Juli 2022. Making the most of family time during the COVID-19 lockdown: Why routine, relationships and play matter so much
  4. Kidsmindsmatter.com (2021) diakses pada 20 Juli 2022. Positive Family Impact During the Pandemic
  5. Amnesty.org (2020) diakses pada 20 Juli 2022. 6 things to do while at home during COVID-19 pandemic
    register-docotr