Info Sehat

6 Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Menawarkan Manfaat Layanan Telemedisin kepada Karyawan

July 21, 2022 | aldi heryadi | dr. Elizabeth C. Palar
feature image

Kehadiran telemedisin di masa pandemi COVID-19 seakan menjadi angin segar bagi masyarakat, termasuk karyawan perusahaan. Dengan layanan ini, mereka tak perlu repot-repot keluar rumah untuk memeriksakan kesehatan. 

Itulah sebabnya, kebanyakan karyawan mendambakan manfaat layanan telemedisin dalam paket asuransi yang disediakan perusahaan tempat mereka bekerja. Penyediaan layanan telemedicine tak hanya menguntungkan karyawan, tapi juga perusahaan itu sendiri. Simak penjelasannya berikut ini. 

Mengapa Perusahaan Perlu Menawarkan Manfaat Layanan Telemedisin kepada Karyawan?

Dikutip dari berbagai sumber, berikut enam alasan mengapa perusahaan perlu menawarkan manfaat layanan telemedisin kepada karyawan. 

1. Konsultasi lebih nyaman

Dengan layanan telemedicine, karyawan dan anggota keluarganya dapat melakukan konsultasi dokter dengan mudah melalui chat, telepon, atau videocall dari rumah mereka. Karyawan ataupun keluarganya pun bisa dengan mudah mengajukan pertanyaan, mencatat, hingga membeli obat yang diresepkan dokter. 

Jika memerlukan penanganan dokter spesialis, karyawan tinggal membuat janji temu lewat telemedisin. Hal tersebut tentu menghemat waktu dan tenaga jika dibandingkan dengan kunjungan ke klinik atau rumah sakit. 

2. Menawarkan akses cepat ke perawatan

Melalui telemedisin, dokter atau professional kesehatan dapat memberikan resep obat atau rujukan untuk melakukan tes kesehatan dengan segera. Dokter bisa mengatur janji terapi atau mengirim resep ke apotek yang dekat dengan rumah pasien. 

Proses tersebut membantu karyawan dan anggota keluarganya mendapatkan perhatian medis dengan lebih cepat. Jadi, bagi perusahaan, menawarkan manfaat telemedicine adalah cara terbaik mempromosikan perawatan untuk pencegahan penyakit. 

3. Hemat waktu dan uang 

Dengan telemedicine, karyawan bisa mendapatkan pertolongan langsung dari dokter untuk membantunya mengatasi gangguan kesehatan ringan, seperti flu biasa atau infeksi telinga. Chat, telepon atau videocall yang disediakan layanan telemedisin membuat mereka tak perlu menyisihkan waktu atau mengeluarkan ongkos menuju klinik atau rumah sakit. 

4. Mendukung kesehatan mental 

Banyak karyawan yang kini berjuang melawan kecemasan dan depresi akibat menyesuaikan diri dengan situasi pandemi. Telemedicine memungkinkan karyawan mendapatkan bantuan konseling. Mereka dapat melakukan konsultasi dengan psikolog atau dokter spesialis psikitari dan membantu mereka menemukan solusi yang tepat. 

5. Menjadi unggul dibandingkan kompetitor

Perusahaan yang menawarkan telemedisin dalam paket manfaat karyawan akan tampak lebih menarik daripada perusahaan yang tidak menawarkannya. Otomatis, perusahaan dapat lebih mudah mempertahankan dan merekrut pekerja berbakat. 

6. Meningkatkan produktivitas dan kinerja

Janji temu di rumah sakit dapat membuat karyawan meninggalkan pekerjaan di kantor selama beberapa jam di siang hari. Gangguan jadwal ini dapat mempengaruhi kinerja dan produktivitas. Dengan telemedicine, konsultasi berlangsung lebih singkat, sehingga karyawan dapat kembali bekerja dengan cepat.

telemedisin

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini ya.

register-docotr