Covid-19

5 Tips Aman Rayakan Imlek saat Pandemi COVID-19

February 12, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Perayaan tahun baru Imlek tahun ini akan dirayakan berbeda karena kita tengah berada di tengah pandemi COVID-19.

Imlek yang rencananya akan dirayakan pada Jumat­­­­­­­, 12 Februari mendatang bertepatan dengan libur panjang akhir pekan.

Belajar dari beberapa kasus libur panjang sebelumnya­­­­­­­, di mana kasus positif COVID-19 kerap melonjak usai libur panjang.

Nah, ada baiknya kamu menyimak beberapa tips aman merayakan Imlek atau libur panjang di tengah pandemi berikut ini!

Upaya pemerintah tekan penyebaran virus corona

Demi menekan laju penularan virus corona­­­­­­­, pemerintah juga telah melakukan beberapa langkah preventif jelang perayaan Imlek tahun ini.

Berikut beberapa peraturan pemerintah jelang libur panjang Imlek:

1. Melarang ASN pergi ke luar kota

Saat libur panjang nanti­­­­­­­, pemerintah melarang para aparatur sipil negara atau ASN­­­­­­­, pegawai BUMN­­­­­­­, hingga anggota TNI/POLRI untuk bepergian ke luar kota.

Maka dari itu, jika kamu bagian dari ASN­­­­­­­, sebaiknya tetap berada di rumah untuk mematuhi aturan pemerintah ini ya!

2. Pengurangan masa berlaku tes COVID-19

Untuk yang akan bepergian ke luar kota­­­­­­­, pemerintah membuat kebijakan bahwa semua orang harus melakukan tes COVID setidaknya 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Tes bisa dilakukan menggunakan metode swab antigen­­­­­­­, swab PCR­­­­­­­, atau yang terbaru adalah tes menggunakan GeNose.

Peraturan ini berlaku bagi kamu yang akan melakukan perjalanan darat menggunakan transportasi umum.

3. Bagikan angpao dalam bentuk digital

Melansir Detik­­­­­­­, menteri kesehatan Budi Gunadi memberikan himbauan kepada yang akan memberikan angpao untuk beralih ke digital.

Biasanya angpao berisi uang tunai akan diberikan menggunakan amplop berwarna merah. Namun­­­­­­­, demi mencegah penularan virus maka Menkes menghimbau untuk memberikan angpao dengan cara ditransfer. 

4. Penerapan PPKM

Selama libur panjang Imlek pemerintah juga akan memberlakukan PPKM atau Pengaturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. PPKM akan diberlakukan dengan skala mikro.

Artinya setiap kepala daerah akan menetapkan daerah-daerah mana saja yang harus memberlakukan PPKM didasarkan pada status penyebaran COVID di daerah tersebut.

Pastikan kamu mematuhi peraturan PPKM berdasarkan tempat kamu tinggal ya.

Tips aman merayakan Imlek selama pandemi COVID-19

Nah selain pemerintah sudah melakukan beberapa upaya­­­­­­­, kita sebagai masyarakat juga bisa berperan besar dalam menekan laju penyebaran virus.

Berikut beberapa tips aman merayakan Imlek saat pandemi:

1. Di rumah saja

Saat pandemi COVID-19­­­­­­­, kita disarankan untuk tetap di rumah saja. Selain mencegah tertular virus­­­­­­­, kita juga bisa mencegah menularkan virus ke orang lain.

Kita disarankan untuk merayakan Imlek bersama keluarga dan tetap di rumah saja. Jika harus berkomunikasi dengan keluarga yang jauh­­­­­­­, kita bisa memanfaatkan teknologi.

Kamu bisa melakukan panggilan video dan bersua secara virtual. Hal ini senada dengan seruan menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Saya telah berbicara dengan para pemuka agama Konfusianisme dan pemimpin Indonesia keturunan Tionghoa, mengungkapkan harapan saya bahwa Tahun Baru Imlek yang akan datang akan dirayakan dengan cara yang sederhana melalui sarana virtual­­­­­­­,” ucanya melansir rilis Sekretariat Kabinet RI.

2. Tetap terapkan protokol kesehatan

Meski di rumah saja­­­­­­­, kita juga tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Jangan lupa untuk sering cuci tangan dengan sabun­­­­­­­, membersihkan rumah dengan cairan disinfektan­­­­­­­, dll­­­­­­­.

Jika harus keluar rumah­­­­­­­, untuk olahraga misalnya­­­­­­­, maka saat kembali ke rumah jangan lupa untuk langsung mandi dan jangan sentuh barang apapun di rumah sebelumnya.

3. Angpao digital

Kebiasaan berbagi angpao di dalam amplop harus kita minimalisir demi menurunkan risiko penularan virus.

Sebagai alternatif­­­­­­­, kamu bisa mengirim angpao melalui m-banking­­­­­­­, internet banking­­­­­­­, atau transfer menggunakan berbagai aplikasi dompet digital.

4. Berbelanja online

Imlek pasti tidak lengkap dong tanpa berbagai pajangan bernuansa merah. Nah saat pandemi­­­­­­­, kamu tidak disarankan untuk berbelanja ke pasar untuk beli ornamen Imlek.

Sebagai gantinya­­­­­­­, kamu bisa membeli berbagai perlengkapan Imlek secara online. Hal juga berlaku untuk pembelian berbagai bahan makanan jelang Imlek.

Kamu bisa belanja bahan makanan secara online. Tapi jangan lupa­­­­­­­, saat paketnya sampai bersihkan dulu dengan cairan disinfektan ya.

5. Berdoa untuk Indonesia

Tahun baru adalah harapan baru. Nah pada perayaan tahun baru Imlek ini­­­­­­­, jangan lupa untuk berdoa untuk Indonesia ya.

Semoga pandemi COVID-19 bisa segera berakhir dan tahun depan kita bisa merayakan Imlek secara normal kembali.

Jika kamu harus melakukan ritual keagamaan saat Imlek di pusat keagamaan, maka jangan lupa untuk:

  • Menggunakan masker dan face shield jika perlu
  • Jangan lupa untuk menjaga jarak aman
  • Selalu bawa masker cadangan dan hand sanitizer
  • Jangan lupa cuci tangan saat masuk dan keluar dari pusat keagamaan
  • Untuk hindari kerumuman­­­­­­­, kamu bisa pilih pusat kegamanaan yang sepi atau memilih datang pada jam-jam yang tidak ramai pengunjung
  • Setelah selesai beribadah­­­­­­­, maka langsung pulang dan tidak berkerumun di tempat umum

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Sekretariat Kabinet RI. Diakses pada 10 Februari 2021. Gov’t Calls for Simple Ways of Chinese New Year Celebration This Year

Detik. Diakses pada 10 Februari 2021. 4 Langkah Pemerintah Jelang Long Weekend Libur Imlek

    register-docotr