Melahirkan

Hati-Hati, Ini Penyebab Pembuluh Darah Mata Pecah Saat Melahirkan

February 11, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Tak sedikit ibu yang mengalami kejadian pecah pembuluh darah di bagian mata saat melahirkan. Saat terjadi, Moms mungkin tak akan merasakan sakit, namun hal ini akan sangat mengganggu setelah proses melahirkan.

Apa sebenarnya penyebab pembuluh darah mata pecah saat melahirkan?

Apa penyebab pembuluh darah mata pecah saat melahirkan?

Melansir penjelasan laman Healthline, pembuluh darah yang pecah saat melahirkan diakibatkan karena adanya dorongan kuat selama persalinan. Hal itu dapat meledakkan pembuluh darah kecil atau disebut bagian kapiler di mata. 

Kondisi tersebut tentu saja membuat darah menumpuk di bagian putih mata. Hal ini juga mungkin terjadi apabila Moms memiliki tekanan darah tinggi.

Dengan kata lain, pecahnya pembuluh darah mata saat melahirkan juga bisa disebabkan karena Moms salah mengejan saat proses persalinan berlangsung.

Pecahnya pembuluh darah mata saat melahirkan sering kali tak membuat Moms merasakan kesakitan. Tetapi kondisi tersebut akan sangat mengganggu kenyamanan karena melihat bayangan merah di mata saat melihat ke arah depan.

Selain itu, gangguan retina mata karena minus besar sebelum proses persalinan juga memperbesar risiko pecahnya pembuluh darah mata saat persalinan. 

Apakah pecahnya pembuluh darah mata setelah melahirkan itu berbahaya? 

Seperti dilansir laman What To Expect, pembuluh darah pada mata memang rentan pecah. Sebab, pembuluh darah di mata berupa pembuluh darah kapiler yang sangat halus dengan diameter yang sangat kecil dan memiliki dinding yang sangat tipis. 

Menurut Baby Center, ketika pembuluh darah mata pecah, tidak diperlukan perawatan khusus dari medis. Ini karena kemerahan akan hilang dengan sendirinya saat tubuh menyerap kembali darah.

Namun demikian, kondisi ini sebaiknya tetap diperiksa terlebih dahulu oleh dokter. Jangan gunakan obat tetes mata yang dijual bebas karena berisiko menimbulkan efek lain, termasuk proses pemulihan yang semakin lama.

Berapa lama kemerahan pada mata akan hilang?

Pembuluh darah pada mata umumnya akan membutuhkan waktu untuk sembuh, paling tidak 1-2 pekan.

Jika setelah waktu tersebut kemerahan pada mata tak kunjung membaik dan malah semakin parah, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. 

Bagaimana cara mengatasi mata merah setelah melahirkan?

Melansir penjelasan laman Healthline, biasanya pecah pembuluh darah mata saat melahirkan akan sembuh sendiri dalam waktu 7-14 hari. Proses ini terjadi secara bertahap dan tidak bisa instan.

Untuk membantu meredakan keluhan, Moms bisa mengompres mata dengan air dingin beberapa kali dalam sehari selama 10 menit.

Jangan tunda pemeriksaan lebih lanjut ke dokter jika kondisi ini terjadi akibat tekanan darah tinggi atau gangguan pendarahan. Umumnya Moms nanti akan diresepkan obat sesuai hasil pemeriksaan.

Baca juga: Setelah Melahirkan, Kapan Waktu Tepat Mulai Menggunakan Alat KB?

Bagaimana cara mengejan yang aman saat melahirkan? 

Demi menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti pecah pembuluh darah mata saat melahirkan, upayakan untuk mengejan dengan aman.

Berikut ini cara mengejan yang benar seperti dilansir laman What To Expect

  • Cari posisi yang paling nyaman saat mengejan, contohnya berbaring menyamping
  • Posisikan dagu di atas dada dan tarik kaki ke arah dada
  • Ambil napas dalam ketika mulai merasakan kontraksi, lalu tahan
  • Kencangkan otot perut dan mulai mengejan sampai hitungan ke-10
  • Ambil napas cepat dan mengejan kembali sampai hitungan 10
  • Usahakan untuk mengejan sebanyak tiga kali setiap kali kontraksi
  • Gunakan perasaan dan seluruh tenaga saat mengejan
  • Sangat tidak disarankan untuk menegangkan wajah saat mengejan
  • Ingatlah untuk beristirahat di antara waktu kontraksi untuk menambah energi saat persalinan
  • Saat mengejan, Moms juga bisa memakai otot-otot yang digunakan ketika buang air besar. Otot-otot tersebut sangat kuat dan efektif untuk mendorong bayi keluar.

Demikian ulasan tentang pecah pembuluh darah mata saat melahirkan. Ingat, segera konsultasi ke dokter apabila kondisi ini tidak kunjung sembuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2018) diakses pada 10 Februari 2021. Bleeding Under the Conjunctiva (Subconjunctival Hemorrhage)
  2. Whattoexpect.com (2020) diaskes pada 10 Februari 2021. Bloodshot Eyes Postpartum
  3. Babycenter.com (2020) diakses pada 10 Februari 2021. Postpartum: Bloodshot eyes
  4. Whattoexpect.com (2018) diakses pada 10 Februari 2021. Childbirth Stage 2: Pushing the Baby Out 
    register-docotr