Kehamilan

Jangan Sembarangan Minum Ya Moms, Inilah Obat Maag yang Aman untuk Ibu Hamil

July 30, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Saat hamil, pastinya banyak ibu hamil yang mengalami gangguan pencernaan salah satunya maag. Tetapi jangan sembarangan mengonsumsi karena dapat membahayakan janin. Berikut ini adalah obat maag yang aman untuk ibu hamil, simak yuk!

Baca Juga: Bukan Cuma Penyedap Masakan, Jahe dan Kunyit Bisa Menjadi Obat Maag Alami

Obat maag yang aman untuk ibu hamil

Maag dapat menyebabkan nafsu seseorang berkurang dan bisa membahayakan ibu hamil. Inilah obat mengatasi maag yang aman untuk ibu hamil, antara lain:

Obat yang mengandung omeprazole

Obat ini biasa digunakan untuk meredakan sakit pada lambung maupun kerongkongan, misalnya kenaikan asam lambung maupun adanya luka pada dinding lambung.

Obat ini tergolong dalam kelas pump inhibitors (PPIs). Kandungan yang ada di obat omeprazole tergolong obat yang aman untuk ibu hamil. Tetapi sebaiknya kamu tetap konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar lebih akurat lagi.

Obat antasida

Antasida merupakan salah satu obat maag yang dapat dikonsumsi untuk ibu hamil. Kadar magnesium serta natrium di dalam obat antasida yang tidak terlalu tinggi, kemungkinan besar aman untuk diminum oleh ibu hamil. 

Agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau apoteker mengenai jenis obat maag terbaik selama masa kehamilan. Hindari minum obat antasida saat hamil tanpa berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelumnya.

Ranitidine termasuk obat maag yang aman untuk ibu hamil

Ranitidin merupakan jenis obat untuk menghalangi atau mengurangi asam berlebihan dalam lambung atau saluran pencernaan. Obat ini bisa mengurangi refluks asam lambung dari saluran pencernaan sehingga mengurangi rasa sakit seperti mual dan perih akibat maag.

Obat ini termasuk obat yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena tidak menyebabkan masalah untuk janin, meskipun obat ini juga akan melewati plasenta bayi dan bisa saja sampai ke janin.

Tetapi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang mengerti kondisi kehamilan kamu.

Baca Juga: Selain Segar dan Manis, Apa Saja Manfaat Sirsak untuk Ibu Hamil?

Herbal dan cara alami untuk atasi maag bagi ibu hamil

Jahe

Jahe merupakan obat alami untuk mengatasi maag yang aman dikonsumsi ibu hamil. Kandungan senyawa fenolat pada jahe dipercaya dapat meredakan iritasi pada saluran cerna dan mengurangi kontraksi lambung. 

Hal inilah yang dapat mengurangi risiko zat asam dari lambung bergerak naik ke kerongkongan. Dengan kata lain, kemungkinan refluks asam lambung bisa dihindari dengan konsumsi jahe.

Kamu dapat mengonsumsi jahe merah yang telah direbus. Kemudian seduh menggunakan sedikit madu. Minuman ini mampu mengurangi rasa mual di dalam lambung dan mencegah peradangan akut.

Air kelapa

Selain baik untuk ibu hamil, ternyata air kelapa dapat dijadikan obat maag alami yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Air kelapa mengandung banyak mineral dan vitamin yang mampu mengurangi rasa mual pada lambung. 

Air kelapa juga dapat membantu memperbaiki pencernaan, memperkuat sistem pencernaan, mencegah sembelit maupun rasa panas (heartburn) ketika asam lambung meningkat. 

Tidak hanya itu saja, air kelapa juga mampu mengatur kadar pH dalam tubuh, mencegah asam lambung tinggi, dan memperbaiki metabolisme tubuh.

Hindari makanan yang mengandung ragi

Sebaiknya kamu hindari mengonsumsi segala jenis makanan yang mengandung pengembang atau tepung-tepungan seperti roti atau kue kering. 

Hal ini dikarenakan makanan tersebut dapat menyebabkan asam lambung meningkat secara drastis dan timbulnya rasa mual serta perih pada bagian perut. Jika kamu ingin memakan roti, sebaiknya pilihlah yang mengandung gandum, supaya tinggi akan serat.

Hindari mengonsumsi kafein

Sebaiknya para ibu hamil tidak mengonsumsi minuman dengan kandungan tinggi kafein seperti kopi, teh dan cokelat. Minuman yang mengandung kafein ini justru dapat memperburuk kondisi kesehatan serta membuat perut semakin mual dan ingin muntah.

Cek kesehatan lambungmu di Klinik Maag bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini ya!

register-docotr