Kehamilan

Ini Lho Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 1-2 Bulan

May 16, 2020 | Ahmad Ridwan | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Ingin konsultasi dengan dokter tentang kehamilan? Silakan chat langsung dengan dokter kami di fitur Kesehatan di aplikasi Grab. Atau langsung klik di sini untuk chat dengan dokter.

Pada masa kehamilan, tubuh membutuhkan asupan nutrisi dua kali lipat dari pada biasanya. Hal ini untuk menjaga kondisi janin agar semakin sehat, oleh karena itu, makanan untuk ibu hamil mau tak mau harus diperhatikan ya Moms.

Nah, berikut adalah sejumlah makanan untuk ibu hamil yang perlu diketahui nilai gizinya.

1. Yogurt

Makanan yang berasal dari fermentasi susu ini tak hanya lezat dikonsumsi, tapi juga sangat menyehatkan, terutama bagi ibu hamil. Dalam yogurt, terdapat kandungan kalsium yang tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang pada janin.

Meskipun belum terdapat tulang pada janin berusia 1 hingga 2 bulan, namun yogurt mengandung kalsium yang sangat membantu dalam pembentukan tulang.

Selama pembentukan tulang, jumlah kalsium yang diperlukan meningkat hingga 2 kali lipat. Kebutuhan kalsium yang tinggi ini dapat dipenuhi oleh secangkir yogurt yang mengandung kalsium hingga 345 mg.

2. Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang memiliki kadar gizi yang sangat tinggi karena mengandung asam folat yang sangat penting untuk pertumbuhan janin. Selain itu, ikan salmon juga memiliki zat AA dan DHA yang berfungsi membentuk sel-sel saraf pada otak.

Walaupun salmon terkenal lezat dan dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah, jika kamu sedang hamil hindari makan salamon secara mentah ya!

Masaklah ikan salmon hingga matang baru kemudian dikonsumsi.

3. Lele

Jika ikan salmon sulit didapat, maka alternatif ikan lain yang tak kalah bagusnya adalah ikan lele. Ikan lele mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan zat lain yang diperlukan oleh tubuh selama masa kehamilan.

4. Buah

Salah satu makanan yang sangat penting dalam masa kehamilan adalah buah. Buah mengandung banyak sekali vitamin yang sangat diperlukan ibu hamil yang tidak bisa didapatkan dari tubuh sendiri.

Bagi ibu yang sedang hamil muda, segala macam jenis buah boleh dikonsumsi. Biasanya buah yang agak asam dipilih karena mampu mengurangi rasa mual atau morning sickness.

Beberapa jenis buah yang juga penting untuk menambah folic acid misalnya jambu klutuk, alpukat dan jeruk.

5. Gandum

Gandum punya banyak kandungan yang baik untuk ibu hamil muda. Selain juga sebagai penambah asupan folic acid, gandum juga baik untuk mencegah ibu hamil yang mudah lelah.

Gandum kaya nutrisi di dalamnya termasuk protein, lemak dan karbohidrat yang penting untuk energi. Juga bisa mencegah bahaya kelelahan pada ibu hamil.

6. Telur

Meskipun bentuknya kecil dan harganya terjangkau, namun bukan berarti telur tidak mengandung manfaat yang besar. Telur sangat baik bagi ibu hamil. Kandungan proteinnya yang tinggi akan meningkatkan pertumbuhan janin secara optimal.

7. Sayuran

Seorang ibu hamil sangat membutuhkan makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Sayuran, terutama sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Hal ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya konstipasi yang biasa terjadi pada ibu hamil. Untuk sayuran, sebaiknya diolah dengan kondisi setengah matang agar zat yang terkandung di dalamnya tidak terlalu banyak terbuang.

8. Makanan Laut

Beberapa ahli menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi banyak protein agar pertumbuhan janin normal. Ikan, kerang, udang, dan hasil laut lainnya merupakan sumber protein yang sangat tinggi.

Namun meski sangat baik untuk ibu hamil, hasil laut ini juga harus dimasak dengan benar dan sebaiknya jangan pernah memakan dalam kondisi masih mentah karena berpotensi membawa bakteri yang berbahaya ke dalam janin.

9. Daging

Selain ikan, mengonsumsi daging sapi di saat hamil muda juga sangat baik. Kandungan protein dan zat besi yang tinggi dalam daging sangat penting untuk mencegah anemia yang sering dialami ibu hamil.

Namun hindari memasak daging dengan cara dipanggang karena terdapat kemungkinan tercemar dengan zat karsinogen yang sangat berbahaya bagi janin.

10. Kentang

Makanan lain yang baik untuk ibu hamil adalah kentang. Kentang mengandung potasium yang sangat penting dalam menjaga tekanan darah tetap stabil. Tekanan darah yang sering naik turun menyebabkan kondisi tubuh menjadi mudah sakit.

Cara memilih makanan untuk ibu hamil

Karena ada banyak sekali jenis makanan yang baik untuk ibu hamil 1-2 bulan, maka harus dipilih agar tidak berlebihan. Prinsipnya makanan yang baik adalah bervariasi namun tetap memiliki gizi yang seimbang.

Masaklah daging atau ikan hingga matang sempurna. Ibu bisa mengombinasikan karbohidrat seperti nasi, roti, atau kentang ditambah sayuran dan buah-buahan. Lalu lengkapi dengan protein semisal dari sapi, telur, lele, salmon, tahu atau tempe dengan produk susu misalnya susu atau yoghurt.

Jangan lupa pula untuk tetap meminum air sebanyak 8 gelas setiap hari ya.

Ingin konsultasi dengan dokter tentang kehamilan? Silakan chat langsung dengan dokter kami di fitur Kesehatan di aplikasi Grab. Atau langsung klik di sini untuk chat dengan dokter.

Reference

WebMD. Diakses 13 Oktober 2019. Your Healthy Pregnancy Diet: Top Nutrients

American Pregnancy Association. Diakses 13 Oktober 2019. Diet During Pregnancy

Healthline. Diakses 13 Oktober 2019. 13 Foods to Eat When You’re Pregnant

 

    register-docotr