Kehamilan

Jangan Tertukar! Ini Perbedaan Gejala Mual karena Hamil dan Maag

January 28, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Baik kehamilan maupun maag, keduanya sama-sama dapat menimbulkan gejala berupa mual. Hal ini mungkin sedang kamu alami dan membuatmu ragu.

Meskipun ada gejala yang umum terjadi pada keduanya, ada beberapa tanda yang menunjukkan penyebab mual tersebut adalah kehamilan.

Agar tidak salah mendiagnosis mual yang kamu alami, mari simak pembahasan mengenai perbedaan mual karena maag dan karena kehamilan berikut ini!

Tanda-tanda mual karena kehamilan

Menjelang kehamilan, sebagian wanita mengalami morning sickness berupa mual dengan atau tanpa muntah. Mual yang dialami selama kehamilan ini biasanya terjadi di pagi hari setelah bangun tidur.

Kondisi tersebut paling umum terjadi selama trimester pertama. Kadang-kadang dimulai paling cepat dua pekan setelah pembuahan. Namun, meski namanya morning, tapi gejalanya bisa saja muncul di siang atau sore hari.

Perbedaan utama antara mual akibat morning sickness dan mual akibat kondisi lain termasuk maag adalah morning sickness akan disertai gejala awal kehamilan lainnya. 

Jika kamu mual dan mengalami beberapa gejala-gejala berikut, berarti mual yang kamu alami adalah tanda awal kehamilan:

1. Jadwal menstruasi terlambat

Menstruasi yang terlambat memang gejala khas dari awal kehamilan. Jika kamu merasa mual dan jadwal menstruasi kamu sudah mundur, bisa jadi kamu hamil.

Namun, jika kamu mengalami menstruasi yang tidak teratur, akan lebih sulit untuk menentukan apakah menstruasi kamu terlambat atau tidak sama sekali.

Beberapa orang mungkin juga mengalami perdarahan setelah mereka hamil tetapi pendarahan ini sangat ringan dan jauh lebih pendek dari biasanya. 

2. Perubahan pada payudara

Biasanya kehamilan menyebabkan payudara bengkak atau sensitif yang terasa lembut saat disentuh. Ini juga dapat menyebabkan penggelapan area di sekitar puting susu (areola). 

Perubahan pada payudara ini dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, perubahan kontrol kelahiran, dan pre-menstrual syndrome (PMS).

3. Sakit punggung bagian bawah

Selain karena kehamilan, gejala ini juga dapat disebabkan oleh PMS, postur tubuh yang buruk saat berolahraga, cedera, kebiasaan tidur yang buruk, alas kaki yang buruk, kelebihan berat badan, dan stres.

4. Sakit kepala

Sakit kepala biasanya disebabkan oleh dehidrasi dan kafein. Mereka juga bisa disebabkan oleh PMS, penarikan diri dari obat-obatan atau alkohol, ketegangan mata, dan stres.

5. Mood swings 

Gejala awal kehamilan yang lain adalah perubahan suasana hati yang disebabkan oleh perubahan hormonal.

Kamu mungkin merasa bahagia suatu saat dan depresi di saat lainnya. Perubahan suasana hati juga dapat disebabkan oleh nutrisi yang buruk, ketidakseimbangan hormon, atau masalah kesehatan mental yang mendasarinya.

6. Mengidam

Salah satu gejala awal kehamilan yang umum adalah mengidam. Jika setelah mual kamu ingin sekali mengonsumsi makanan tertentu, bisa jadi kamu mengidam karena sedang hamil.

Kamu mungkin merasa ingin makan makanan yang biasanya tidak disukai atau menghindari makanan yang biasanya kamu sukai.

Gejala-gejala ini juga dapat disebabkan oleh pola makan yang buruk, kekurangan nutrisi yang tepat, kecemasan dan stres, depresi, PMS, atau penyakit.

Tanda-tanda mual karena maag

Lapisan perut atau lambung memiliki tugas penting. Ia membuat asam dan enzim yang membantu memecah makanan sehingga kamu dapat mengekstrak nutrisi yang dibutuhkan. 

Lapisan ini juga melindungi dirinya dari kerusakan asam dengan mengeluarkan lendir. Tapi terkadang lapisannya meradang dan mulai membuat lebih sedikit asam, enzim, dan lendir. 

Jenis peradangan ini disebut gastritis atau maag dan dapat menyebabkan masalah jangka panjang. Jika mual karena kehamilan disertai dengan berbagai gejala awal kehamilan, begitu pula mual akibat maag dengan tanda:

  • Muntah
  • Perut kembung
  • Gangguan pencernaan
  • Perut terasa seperti terbakar di antara waktu makan atau di malam hari
  • Cegukan
  • Kehilangan selera makan
  • Muntah darah atau bahan seperti kopi bubuk
  • Feses berwarna hitam
  • Cegukan parah

Pada kasus gastritis yang parah, kamu mungkin juga mengeluhkan nyeri dada, sesak napas, kelemahan, atau ketidakmampuan untuk menoleransi, makanan atau cairan apapun melalui mulut bersamaan dengan demam tingkat tinggi.

Jika gejala mual tidak sembuh dalam beberapa hari, melakukan tes kehamilan dapat memastikan apakah kamu hamil atau hanya terkena sakit maag.

Cek kesehatan lambungmu di Klinik Maag bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 28 Januari 2021. What Does Nausea Feel Like?

Avail. Diakses pada 28 Januari 2021. How to Know If Nausea Is a Sign of Pregnancy or Just a Stomach Bug

What to Expect. Diakses pada 28 Januari 2021. Morning Sickness and Nausea During Pregnancy

NIH. Diakses pada 28 Januari 2021. Gut Feelings About Gastritis

Medicine Net. Diakses pada 28 Januari 2021. What Does Gastritis Feel Like?

    register-docotr