Kehamilan

Kaya Nutirisi, Ini Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil yang Perlu Kamu Ketahui!

March 7, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Karena kaya nutrisi, jambu biji menjadi salah satu buah yang baik untuk ibu hamil. Konsumsi buah ini di masa kehamilan dapat membantu otot menjadi rileks, menyokong pencernaan dan mengurangi konstipasi.

Kandungan nutrisi jambu biji

Satu jambu biji mengandung lebih dari dua kali lipat asupan harian vitamin C yang disarankan. Selain vitamin C, buah ini juga mengandung nutrisi lain seperti:

  • Zat besi
  • Kalsium
  • Vitamin A
  • Potassium

Berdasarkan komposisinya, dalam satu buah utuh jambu biji terdapat:

  • 37 kalori
  • 1 gram lemak
  • 0 mg kolesterol
  • 1 mg sodium
  • 8 gram karbohidrat
  • 3 gram serat
  • 5 gram gula
  • 1 gram protein

Apa saja manfaat jambu biji untuk ibu hamil?

Kandungan nutrisi dan komponen nabatinya yang kaya membuat jambu biji bisa jadi buah yang baik untuk ibu hamil. Jambu biji dipercaya bisa meningkatkan kesehatan di masa kehamilan dan mencegah kemungkinan komplikasi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jambu biji yang berguna untuk ibu hamil:

Memberikan nutrisi yang tinggi

Ibu hamil membutuhkan protein, vitamin C, folat dan beberapa nutrisi lain yang lebih tinggi daripada orang biasa. Hal ini untuk menjaga mereka tetap sehat dan mendukung pertumbuhan janin.

Secara khusus vitamin C merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan optimal janin. Vitamin C juga membantu dalam meningkatkan penyerapan zat besi, yakni nutrisi yang banyak dibutuhkan ibu hamil untuk mengedarkan oksigen untuk bayi.

Selain itu, konsumsi folat yang cukup di masa kehamilan bisa mencegah bayi mengalami cacat lahir dan masalah perkembangan tulang belakang.

Manfaat konsumsi jambu biji untuk pencernaan ibu hamil

Sebuah kajian yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Review menyebut konsumsi jambu biji dapat mengatasi masalah pencernaan seperti asam lambung, diare dan konstipasi. Semua masalah tersebut umum dialami oleh ibu hamil.

Menurunkan risiko tekanan darah tinggi

Beberapa ibu hamil mengalami preeklamsia, sebuah komplikasi masa kehamilan yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah dan kemungkinan adanya kerusakan lever.

Dalam hal ini, jambu biji bisa membantu mengurangi kenaikan darah tinggi, sebagaimana disebut dalam penelitian yang diterbitkan Journal of Intercultural Ethnopharmacology.

Dalam penelitian tersebut disebutkan jika komponen yang terkandung di dalam daun jambu biji bisa menghambat enzim yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Lebih jauh, penelitian lain yang diterbitkan dalam Journal of Human Hypertension menyebut 145 orang dewasa yang mengonsumsi jambu biji sebelum makan mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan.

Meningkatkan kontrol gula darah

Diabetes di masa kehamilan (gestational diabetes) merupakan kondisi yang umum terjadi pada ibu hamil. Sebuah penelitian tahun 2016 bahkan mencatat 10 persen ibu hamil di Amerika Serikat mengalami masalah kesehatan ini.

Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup atau sel tubuh menjadi resistan terhadap insulin di masa kehamilan. Hasilnya, level gula darah kamu akan tinggi dan berpotensi mengalami komplikasi seperti bayi lahir prematur.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition & Metabolism menyebut teh yang terbuat dari daun jambu biji dapat membantu dalam menurunkan gula darah.

Meskipun demikian, manfaat jambu biji di masa kehamilan masih perlu dikaji lebih lanjut. Pasalnya, penelitian hanya mencakup pada kegunaan teh daun jambu biji dan tidak spesifik pada diabetes di masa kehamilan.

Adakah aturan makan jambu biji untuk ibu hamil?

Situs kesehatan Healthline menyebut jika kamu ingin menikmati jambu biji di  masa kehamilan, sebaiknya bersihkan dan kupas kulit buah ini. Hal ini bertujuan untuk menurunkan risiko masuknya bakteri atau parasit yang dapat membahayakan kamu dan si Kecil.

Sementara, situs kesehatan WebMD menyebut selain dimakan dengan mentah, kamu bisa mengolah buah ini menjadi smoothies, salad hingga jus.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang jambu biji untuk ibu hamil. Selalu konsumsi nutrisi terbaik di masa kehamilan, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
register-docotr