Kehamilan

3 Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui, Moms Wajib Tahu!

March 21, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ibu hamil disarankan untuk rajin mengonsumsi makanan penuh nutrisi agar kandungan tetap terjaga, salah satunya daun katuk. Khasiat daun katuk untuk ibu hamil tak perlu diragukan lagi, karena sudah dibuktikan secara ilmiah oleh sejumlah penelitian.

Lantas, apa saja kandungan yang dimiliki oleh daun katuk? Apa saja manfaat dan khasiat daun katuk untuk ibu hamil? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu daun katuk?

Katuk adalah tanaman tropis yang bisa dijumpai di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Tanaman bernama ilmiah Sauropus androgynus ini memiliki daun berukuran 2-6 sentimeter dan lebar sekitar 3 sentimeter.

Bagian dari tanaman tersebut yang biasa dikonsumsi oleh manusia adalah daunnya. Masuk dalam golongan tanaman perdu, daun katuk memiliki banyak nutrisi yang bisa memberi manfaat pada kesehatan.

Daun katuk mempunyai nutrisi penting seperti protein, serat, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium, serta vitamin B, C, dan K. Tak hanya itu, sama seperti kebanyakan tanaman, daun katuk juga memiliki senyawa bioaktif khas tumbuhan yang disebut dengan fitokimia.

Baca juga: Meski Tumbuh Liar, Ini 10 Manfaat Daun Pegagan yang Menakjubkan

Manfaat daun katuk untuk ibu hamil

Seperti yang telah disebutkan, daun katuk mempunyai banyak nutrisi yang menyehatkan. Tanaman ini juga dapat memberi kebaikan untuk ibu hamil. Berikut beberapa manfaat daun katuk untuk ibu hamil:

1. Keseimbangan hormon

Tidak hanya saat menstruasi, ketika sedang hamil, wanita akan mengalami ketidakseimbangan hormon. Hal ini ditandai dengan sejumlah perubahan pada tubuh, misalnya mudah capek dan merasa sering pusing.

Daun katuk memiliki banyak senyawa kimia yang dapat merangsang pertumbuhan hormon penting di dalam tubuh (progesteron, estradiol, dan glukokortiroid). Dengan begitu, kadar hormon di dalam tubuh akan tetap seimbang meski sedang hamil.

2. Melancarkan produksi air susu ibu

Tak sedikit wanita yang mengalami keterlambatan keluarnya air susu ibu (ASI) setelah melahirkan. Padahal, normalnya, ASI sudah diproduksi beberapa hari sebelum proses persalinan.

Nah, untuk meminimalkan terjadinya kondisi tersebut, Moms bisa rajin mengonsumsi daun katuk saat sedang hamil. Manfaat daun katuk untuk ibu hamil yang satu ini tak lepas dari senyawa aktif sterol yang dimiliki.

Sterol mempunyai sifat estrogenik, bisa memberikan efek hormonal yang dapat memicu produksi ASI, sehingga volumenya akan melimpah begitu bayi dilahirkan.

Tak hanya itu, kandungan saponin, tanin, flavonoid, dan asam amino lain juga bisa membuat tekstur ASI menjadi lebih halus sehingga si Kecil akan mudah untuk menelannya.

3. Menjaga kesehatan kulit

Stretch mark adalah guratan pada kulit yang hampir setiap wanita hamil memilikinya. Guratan itu muncul ketika kulit mengalami peregangan akibat ukuran perut yang terus membuncit.

Tak perlu khawatir, Moms bisa mengatasinya dengan daun katuk. Zat fitokimia pada daun katuk dapat membantu mengatasi guratan di kulit tersebut.

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, nutrisi seperti vitamin, polifenol, flavonoid, serta antioksidan khas tumbuhan bisa membantu menyamarkan stretch mark yang mengganggu.

Tak hanya itu, berbagai kandungan pada daun katuk juga bisa menjaga kesehatan kulit agar tetap cerah, kencang, halus, dan terhindar dari tanda-tanda penuaan.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 8 Cara Mencegah Stretch Mark saat Hamil

Nah, itulah beberapa manfaat daun katuk untuk ibu hamil yang perlu Moms ketahui. Imbangi juga dengan konsumsi makanan bergizi lainnya ya…

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. DrHealthBenefits, diakses 10 Maret 2021, 20 Scientific Health Benefits of Katuk Plant (#Top for Pregnancy & Breastfeeding).
  2. Research Gate, diakses 10 Maret 2021, Sauropus androgynus Leaves for Health Benefits: Hype and the Science.
  3. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 10 Maret 2021, Discovering the link between nutrition and skin aging.

    register-docotr