Kehamilan

Sulit Dapat Momongan?Yuk, Simak 6 Cara Agar Cepat Hamil

September 9, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Cara agar cepat hamil merupakan tips yang banyak dicari oleh pasangan yang baru menikah. Memiliki momongan dengan cepat merupakan impian bagi banyak pasangan. Kehadiran si kecil tentu saja akan menambah kebahagiaan dalam kehidupan.

Akan tetapi, terkadang tak semua pasangan dianugerahi momongan secara cepat. Bahkan ada yang harus menunggu hingga bertahun-tahun lamanya.

Lalu, apa saja faktor yang menyebabkan seseorang sulit untuk memperoleh kehamilan? Bagaimana cara agar cepat hamil? Untuk mengetahui jawabannya, kamu dapat menyimak ulasan di bawah ini.

Faktor penyebab sulit hamil

Pernahkah kamu merasa bahwa terus berusaha untuk mendapatkan kehamilan tetapi tak kunjung dikaruniai momongan? Jika kamu pernah merasakannya kamu tak sendirian, ada sebagian orang yang juga mengalami hal ini.

Sulitnya untuk hamil ternyata dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut adalah faktor yang dilansir dari Very Well Family.

  • Tidak konsisten berusaha lebih lama
  • Tidak berovulasi
  • Masalah pada pasangan pria (kurang suburnya pasangan)
  • Faktor umur yang menyebabkan sulit hamil
  • Tuba falopi tersumbat
  • Mengalami endometriosis
  • Masalah medis lainnya
  • Infertilitas yang tidak dapat dijelaskan

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Tips Aman Ibu Hamil Naik Pesawat

Bagaimana cara agar cepat hamil?

Bagi kamu yang ingin cepat memperoleh kehamilan kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara agar cepat hamil yang dapat kamu lakukan.

Dirangkum dari Very Well Family, berikut adalah cara agar cepat hamil.

1. Hentikan pakai alat kontrasepsi

alat kontrasepsi
Alat kontrasepsi. Foto: shutterstock.com

Jika kamu ingin memperoleh kehamilan dengan cepat, sebaiknya setop menggunakan alat kontrol kelahiran (alat kontrasepsi).

Apa yang mungkin tidak kamu ketahui adalah kamu memerlukan waktu untuk mendapatkan kesuburan kembali. Hal ini bergantung pada jenis alat kontrol kelahiran yang kamu gunakan.

Kebanyakan jenis alat pengontrol kelahiran, membuat kamu akan mendapatkan kembali kesuburanmu pada fase berikutnya setelah kamu tidak menggunakan alat tersebut.

Mungkin saja ada beberapa bulan di mana hormonmu naik turun sementara siklusmu akan normal dengan sendirinya. Namun, hal ini juga dapat memungkinkan kamu memperoleh kehamilan pada bulan pertama saat kamu mendapatkan kesuburanmu kembali.

2. Perbanyak frekuensi berhubungan seksual

Melakukan hubungan seksual agar cepat hamil. Sumber foto: https://timesofindia.indiatimes.com/

Sering melakukan seks sepanjang bulan bisa menjadi salah satu tips berhubungan agar cepat hamil. Kamu dapat melakukannya setiap hari atau dua hari sekali.

Berhubungan seks setidaknya tiga hingga empat kali seminggu juga dapat meningkatkan peluang kesuksesan untuk hamil jika dilakukan sepanjang masa subur.

Selain frekuensi berhubungan seksual, kamu juga perlu mengetahui posisi tertentu yang perlu dilakukan dan dihindari. Ini juga menjadi bagian dari tips berhubungan agar cepat hamil. Kamu perlu memerhatikan dua posisi berikut ini:

  • Posisi yang membuat sperma lebih dekat dengan serviks. Dengan kata lain, kamu membutuhkan penetrasi yang lebih dalam. Tipsnya, kamu bisa melakukan gaya misionaris dan gaya doggy saat berhubungan seksual.
  • Posisi yang memudahkan sperma mencapai sel telur. Dilansir dari healthywomen.org, untuk mendukung sperma mencapai sel telur, sebaiknya hindari posisi wanita berada di atas. Selain itu sebaiknya wanita tetap berbaring hingga 30 menit setelah pria ejakulasi.

3. Gunakan alat tes masa subur atau monitor ovulasi

Hari-hari paling subur adalah dua hari sebelum terjadinya ovulasi. Kamu dapat mengetahui hari-hari ini melalui beberapa metode termasuk memetakan suhu basal tubuh.

Selain itu bisa juga dengan memeriksa lendir serviks yang subur, melacak perubahan serviks, serta menggunakan air liur kesuburan tester ovulasi mikroskop.

Namun, metode tersebut terkadang sulit untuk dilakukan. Kamu dapat menggunakan alat tes masa subur atau monitor ovulasi sebagai penggantinya.

Alat tes masa subur bekerja seperti alat tes cara mengetahui hamil, dan yang terpenting adalah kamu harus membaca instruksi secara teliti. Sebab, alat ini lebih sulit untuk dibaca dibandingkan dengan alat tes kehamilan.

4. Cara agar cepat hamil dengan mengoptimalkan kesuburan

Dalam jangka waktu pendek, ada beberapa hal yang harus dilakukan dan tidak harus dilakukan wanita untuk memperoleh kehamilan di antaranya adalah:

Harus dilakukan:

  • Tidur yang cukup
  • Makanlah makanan yang seimbang dan minum banyak air
  • Berolahraga

Tidak boleh dilakukan:

  • Terlalu stres
  • Melakukan vaginal douche

Selain hal-hal tersebut, masih ada hal lain yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kesuburan, yakni dengan mencapai berat badan yang sehat. Sebab, sedikit kelebihan berat badan dapat mengurangi tingkat kesuburan.

5. Lakukan tes kehamilan dengan mudah

Berkali-kali menggunakan test pack sebagai cara mengetahui hamil atau tidak, justru akan membuatmu stress dan merasa tertekan. Kamu hanya akan terus berharap alat tersebut menunjukkan hasil positif.

Sebagai gantinya, kamu perlu melakukan cara mengetahui hamil menggunakan alat tes jika siklus menstuasimu setidaknya terlambat satu hari.

6. Berkonsultasilah dengan dokter

Cara agar cepat hamil terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan berkonsultasi pada dokter. Mendapatkan bantuan dari dokter bukan berarti kamu menyerah.

Jika kamu berkonsultasi pada dokter kamu dapat menemukan alasan mengapa kamu tidak kunjung hamil serta cara mengatasinya.

Mendapatkan bantuan dokter dapat membantu kamu hamil lebih cepat dengan bantuan perawatan.

Selain cara-cara yang telah dijelaskan di atas, kamu juga bisa mengupayakan kehamilan dengan cara-cara lainnya. Berikut cara lain dan tips yang bisa kamu coba.

Cara cepat hamil setelah haid yang perlu dicoba

Menyiapkan waktu untuk berhubungan seksual saat merencanakan kehamilan adalah salah satu yang penting. Waktu tersebut bisa dimulai saat kamu haid atau menstruasi. Hari pertama kamu menstruasi adalah hari pertama siklusmu.

Setelah mencatat hari pertama, kamu perlu mengetahui berapa lama waktu siklus menstruasimu. Normalnya, wanita memiliki siklus menstruasi 28 hari. Jika kamu memiliki siklus normal dan rutin, maka di tengah rentang antara hari pertama hingga ke-28 ada yang disebut masa subur.

Jadi cara cepat hamil setelah haid adalah segera mencari tahu puncak masa suburmu. Yaitu, normalnya di hari ke-14 siklus menstruasi, jika kamu rutin memiliki siklus menstruasi 28 hari. Kamu sebaiknya melakukan hubungan seksual di waktu tersebut.

Kabar baiknya, cara cepat hamil setelah haid bukan cuma berhubungan di di puncak masa subur. Kesempatan hamil juga lebih besar jika kamu melakukan hubungan seksual dimulai tiga hari sebelum masa ovulasi. Dengan kata laih di hari ke-11 hingga 13 siklus mentruasi.

Jika kamu memiliki lama menstruasi 7 hari, maka kamu bisa mulai merencanakan kehamilan dengan berhubungan seksual empat hari setelah haid hingga di puncak masa suburmu.

Didukung makanan sehat

Waktu yang tepat sudah disiapkan, begitu juga dengan tips berhubungan agar cepat hamil. Satu lagi cara yang bisa mendukung adalah mengonsumsi makanan agar cepat hamil.

Mengonsumsi makanan agar cepat hamil bisa menjadi pilihanmu, seperti makanan yang mengandung asam folat. Kandungan asam folat bisa berasal dari sayuran berdaun hijau, brokoli dan juga kacang-kacangan.

Kamu juga bisa mengonsumsi makanan agar cepat hamil lainnya, seperti makanan kaya akan serat. Makanan ini yang bisa meningkatkan kesuburan dan kamu bisa mendapatkannya dengan mudah dari sayuran dan buah.

Jangan lupa juga untuk menambahkan multivitamin. Karena sebuah penelitian menyebutkan masalah kesuburan dapat dihindari jika wanita mengonsumsi tiga kali atau lebih multivitamin dalam seminggu.

Terakhir, sebaiknya kurangi kafein. Karena wanita yang mengonsumsi lebih dari 500 miligram kafein setiap harinya, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa hamil, dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi kafein.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Very Well Family (2019). Diakses pada 25 Mei 2020. Why Am I Not Getting Pregnant? 

Very Well Family (2020). Diakses pada 25 Mei 2020. How To Get Pregnant Fast 

Webmd (2011). Diakses pada 25 Mei 2020. 7 Tips to Getting Pregnant Faster 

Healthywomen.org (2014). Diakses pada 8 September 2020. 4 Sex Tips to Help You Get Pregnant

    Berita Terkait
    register-docotr