Kehamilan

6 Daftar Makanan untuk Ibu Hamil agar si Kecil Cerdas Sejak dalam Kandungan

March 3, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Selama kehamilan, penting untuk memenuhi asupan nutrisi agar kesehatan ibu dan si Kecil tetap terjaga. Di samping itu, mengonsumsi makanan bergizi juga dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi.

Tahukah kamu bahwa terdapat beberapa makanan bergizi yang penting dikonsumsi selama kehamilan yang dapat membuat bayi cerdas sejak dalam kandungan? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Benarkah Jika Ibu Hamil Makan Nanas Dapat Menyebabkan Keguguran?

Daftar makanan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan

Berikut ini adalah daftar makanan bergizi yang penting untuk perkembangan otak si Kecil agar bayi cerdas sejak dalam kandungan:

1. Ikan yang mengandung omega-3

Ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 seperti DHA, dapat meningkatkan perkembangan otak bayi.

Menurut Lisa Eliot, PhD, asisten profesor di Rosalind Franklin University of Medicine and Science, omega-3 ditemukan pada membran sel otak. Maka dari itu, omega-3 dapat memengaruhi fungsi otak.

Salah satu ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 esensial adalah salmon. Salmon juga memiliki kandungan vitamin D, yang penting bagi kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

Ikan memang penting bagi perkembangan otak bayi, akan tetapi ada beberapa jenis ikan tinggi akan kandungan merkuri yang harus dihindari oleh ibu hamil, di antaranya adalah ikan hiu, king mackerel, ikan marlin, serta tilefish.

2. Sayuran hijau dan buah-buahan

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan baik untuk bayi di dalam kandungan. Sebab, antioksidan dapat membantu untuk melindungi jaringan otak bayi. Sayuran berdaun hijau, pepaya, blueberry, hingga tomat kaya akan kandungan antioksidan.

Brokoli dan sayuran hijau seperti kale atau bayam juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Adapun beberapa kandungan yang dimiliki oleh brokoli serta sayuran hijau adalah serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, serta kalsium.

3. Telur

Makanan yang baik untuk otak bayi adalah telur. Perlu diketahui bahwa telur hampir mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan. Bahkan, dalam satu telur berukuran besar mengandung sekitar 80 kalori, protein berkualitas tinggi, lemak, vitamin dan mineral.

Sebagai tambahan, telur merupakan sumber kolin, yakni nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan. Ini penting bagi perkembangan otak bayi serta dapat membantu mencegah kelainan perkembangan otak dan tulang belakang.

Sebaiknya, jika kamu ingin mengonsumsi telur hindarilah telur yang tidak dipasteurisasi. Sebab, telur yang tidak dipasteriusasi dapat mengandung bakteri yang mana dapat menyebabkan komplikasi.

4. Almond

Almond memiliki kandungan lemak sehat, magnesium, vitamin E, hingga protein. Di sisi lain, asam lemak omega-3 yang baik untuk otak juga ditemukan pada almond. Selain almond, kacang kenari juga kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang sehat.

Baca juga: Tak Hanya USG! Pemeriksaan Kehamilan secara Rutin Penting Dilakukan bagi Ibu Hamil Lho

5. Alpukat

Seperti yang sudah diketahui bahwa buah-buahan tertentu baik untuk perkembangan otak si Kecil. Nah, buah lainnya yang juga penting bagi otak si Kecil dalam kandungan adalah alpukat. Alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal.

Tak hanya itu, alpukat juga memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin B (terutama folat), vitamin K, kalium, vitamin E, serta vitamin C. Karena memiliki kandungan lemak sehat, folat, dan kalium yang tinggi alpukat baik untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Berdasarkan Healthline, lemak sehat penting bagi perkembangan otak dan jaringan si Kecil. Sedangkan, folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf, serta gangguan perkembangan otak dan tulang belakang.

6. Greek yoghurt

Melansir dari laman Firstcry.com, makanan yang kaya akan kandungan protein sangat penting untuk membentuk sel saraf sehat di dalam rahim yang dibutuhkan untuk perkembangan kognitif si Kecil.

Mengonsumsi sumber probiotik seperti greek yoghurt juga dapat membantu menambahkan asupan kalsium untuk perkembangan tulang bayi. Sebagai tambahan, greek yoghurt juga mengandung yodium, yang mana dapat membantu mencegah berat badan lahir rendah.

Nah, itulah beberapa makanan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar makanan bergizi yang penting dikonsumsi selama kehamilan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Firstcry.com (2019). Diakses pada 02 Maret 2021. What Foods to Eat During Pregnancy for an Intelligent Baby 

Healthline (2020). Diakses pada 02 Maret 2021. 13 Foods to Eat When You’re Pregnant 

Parents (2015). Diakses pada 02 Maret 2021. Prenatal Diet: The Best Foods for Baby Brain Development 

    register-docotr