News from Good Doctors

BPJS Kesehatan dan Good Doctor Bekerja Sama dalam Memperluas Akses Kesehatan bagi Masyarakat Indonesia Melalui Solusi Berbasis Teknologi

November 8, 2021 | Dewi Nurfitriyana
feature image
  • BPJS Kesehatan dan Good Doctor berkolaborasi untuk memberikan kemudahan akses informasi kesehatan yang kredibel bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui solusi berbasis teknologi
  • Melalui kerjasama ini, BPJS Kesehatan dan Good Doctor bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi, komunikasi, edukasi, dan akses program JKN-KIS melalui aplikasi
  • Good Doctor menggunakan pendekatan berbasis digital untuk manajemen perawatan kesehatan dalam mewujudkan tujuannya menyediakan satu dokter untuk setiap keluarga di Indonesia

JAKARTA, 5 November 2021 – BPJS Kesehatan dan Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) berkolaborasi untuk memberikan kemudahan akses kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Melalui kerjasama ini, BPJS Kesehatan dan Good Doctor bersinergi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi, edukasi, dan akses program JKN-KIS melalui aplikasi Good Doctor. Aplikasi Good Doctor akan memberikan informasi dan edukasi bagi peserta JKN-KIS tentang administrasi, pendaftaran, hak dan tanggung jawab, tata cara, dan informasi mengenai pelayanan di fasilitas kesehatan. Kerjasama ini merupakan bagian dari upaya BPJS Kesehatan untuk terus meningkatkan pelayanan JKN-KIS dan wujud dari ambisi Good Doctor untuk menyediakan satu dokter untuk setiap keluarga di Indonesia.

Dalam mewujudkan Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera, peningkatan dan perluasan akses layanan kesehatan selalu menjadi tujuan utama. Oleh karena itu, sejak peluncuran aplikasinya tahun lalu, Good Doctor terus memberikan layanan dan inovasi untuk memberdayakan sektor kesehatan di Indonesia menggunakan teknologi digital. Melalui aplikasinya, Good Doctor menggunakan pendekatan berbasis digital untuk manajemen perawatan kesehatan dengan menyediakan berbagai layanan dan bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang memiliki tujuan yang selaras di Indonesia, termasuk BPJS Kesehatan. Upaya berkelanjutan ini merupakan bukti komitmen Good Doctor dalam memberikan layanan kesehatan yang berkualitas, karena Good Doctor percaya bahwa layanan kesehatan yang didukung oleh teknologi akan menciptakan akses yang lebih luas dan lebih mudah bagi masyarakat.

Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana menyatakan, “Kami menyambut baik kerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam meningkatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Pada tahap awal, Good Doctor siap mendukung edukasi dan sosialisasi JKN-KIS kepada masyarakat Indonesia melalui aplikasi kami. Kami berharap kontribusi Good Doctor dapat membantu meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan, melalui sumber terpercaya dan kredibel yang dikurasi oleh tim medis kami. Dalam jangka panjang, kami akan mendukung dan bersinergi dengan BPJS Kesehatan untuk mengembangkan solusi kesehatan yang sesuai dengan masyarakat Indonesia dan sejalan dengan tujuan JKN-KIS”.

Sebagai lembaga yang diamanatkan oleh undang-undang untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan nasional bagi seluruh rakyat Indonesia, BPJS Kesehatan terus meningkatkan kualitas cakupan kesehatan yang universal. Hingga saat ini, terdapat 226 juta penduduk Indonesia yang telah tercakup dalam program JKN-KIS, yang mencapai 84% dari total penduduk. BPJS Kesehatan terus meningkatkan cakupan kepesertaan dan kualitas layanan, dan hingga akhir tahun diharapkan cakupannya meningkat menjadi 86%. Selain meningkatkan cakupan JKN-KIS, BPJS Kesehatan terus berupaya mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat luas tentang JKN-KIS, mulai dari proses pendaftaran hingga manfaat dan tanggung jawab peserta.

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan David Bangun mengatakan, “Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BPJS Kesehatan dan Good Doctor merupakan titik awal bagi kami untuk bersama-sama mengembangkan layanan kesehatan yang terbaik dan paling sesuai untuk masyarakat. Dengan memanfaatkan teknologi digital yang telah merambah semua sektor, dipadukan dengan keahlian Good Doctor yang sudah memiliki pengalaman luas di bidang ini, kami bertujuan untuk mengembangkan solusi berbasis teknologi yang cocok untuk masyarakat Indonesia dan sejalan dengan konsep JKN. Kami berharap kerjasama ini terus berkembang, dan bersama-sama kita dapat terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.”

Didukung oleh teknologi yang menghadirkan akses, kenyamanan, dan kecepatan yang tidak dibatasi oleh tantangan geografis dan demografis seperti yang dihadapi oleh layanan kesehatan tradisional, Good Doctor menyediakan berbagai solusi untuk layanan kesehatan. Aplikasi Good Doctor menghubungkan pasien dengan dokter tepercaya dan kredibel, di mana pasien dapat membuat janji konsultasi dengan lebih mudah. Aplikasi ini juga dapat dihubungkan dengan asuransi peserta untuk akses dan proses layanan yang lebih cepat. Aplikasi Good Doctor juga menyediakan platform e-commerce untuk berbagai produk kesehatan dan kebugaran, serta berbagai konten kesehatan yang dikurasi oleh tim profesional.

Sebagai mitra pemerintah, Good Doctor juga terus berperan di tengah situasi pandemi COVID-19 melalui berbagai inisiatif. Good Doctor ditunjuk sebagai mitra telemedis pemerintah untuk memberikan layanan bagi pasien COVID-19 yang sedang menjalani karantina mandiri. Good Doctor juga telah meluncurkan COVID-19 Care Center dalam aplikasi yang merupakan bagian dari inisiatif #LawanPandemi. Good Doctor juga mendukung program vaksinasi nasional melalui screening dan registrasi online melalui aplikasi Good Doctor.

Tentang Good Doctor Technology Indonesia

Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) adalah penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi yang memiliki visi ‘Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia’. Good Doctor bekerja sama dengan Grab untuk menyediakan layanan telemedis terpadu, yaitu GrabHealth powered by Good Doctor dengan misi memberikan akses akan layanan kesehatan berkualitas untuk para pengguna di Indonesia. Dengan didukung oleh lebih dari 10.000 dokter siaga dan 2.000 apotek resmi terpercaya di 100 kota di Indonesia, Good Doctor siap untuk menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat. Good Doctor adalah mitra resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Informasi dan Komunikasi dalam usaha percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia sejak Maret 2020 lalu. Setelah sukses bermitra dengan Grab Indonesia dalam menghadirkan solusi layanan kesehatan, Good Doctor meluncurkan aplikasinya pada Maret 2021 sebagai wujud komitmen berkelanjutan untuk memajukan layanan kesehatan berbasis aplikasi dan membangun ekosistem digital di bidang kesehatan. Layanan Good Doctor memberikan solusi perawatan kesehatan 24/7 yang lengkap melalui fitur Konsultasi Medis, layanan e-commerce Obat dan Produk Kesehatan untuk pembelian dan pengiriman mitra dengan lebih dari 2.000 apotek, serta Appointment Booking, yang telah bekerjasama dengan lebih dari 1.000 rumah sakit, klinik, dan laboratorium, dan Artikel Kesehatan, konten tentang kesehatan, tip, dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim dokter. Sebagai platform penyedia layanan kesehatan online terkemuka, Good Doctor memiliki ribuan spesialis medis dalam platformnya dari 26 departemen spesialisasi klinis yang berbeda, serta ribuan dokter umum.

Good Doctor juga telah meluncurkan aplikasi Good Doctor yang dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore maupun iOS App Store. Kunjungi kami di www.gooddoctor.co.id.

Kontak Media:

Tim Media Relation GDTI: media@gooddoctor.co.id

Prasanti Dhewi, Revi Renita

Weber Shandwick Indonesia for Good Doctor

ws.gooddoctor@webershandwick.com

register-docotr