Wajib Dicatat! Ini Makanan Sumber Vitamin C Baik untuk Puasa

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Pada dasarnya tubuh kita memang membutuhkan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi saat berpuasa, kita harus memiliki asupan vitamin yang cukup agar tubuh kita tetap prima. Inilah beberapa makanan sumber vitamin C untuk sahur dan buka puasa, apa saja ya?

Baca Juga: Cegah Sakit, Ini Vitamin yang Dibutuhkan Saat Puasa

Beberapa buah yang memiliki sumber vitamin C yang sangat baik untuk tubuh

Salah satu yang paling dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin C. Banyak manfaat yang didapatkan dari vitamin C, salah satunya untuk menjaga kekebalan dan menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit. Nah, inilah beberapa buah yang memiliki sumber vitamin C untuk sahur dan buka puasa.

  • Buah Jeruk
shutterstock.com

Buah ini adalah salah satu sumber vitamin C untuk sahur dan buka puasa. Sebagaimana kita ketahui buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh kamu. Kamu bisa memakan buah jeruk secara langsung ataupun diolah menjadi jus yang sangat menyegarkan.

Tetapi harus diingat, sebelum kamu mengonsumsi buah ini kamu harus memakan makanan terlebih dahulu. Karena jika perut kamu dalam keadaan kosong, malah hal ini dapat mengakibatkan perut kamu menjadi sakit karena gangguan maag.

  • Buah Pepaya

Pasti kamu sudah mengetahui bahwa buah papaya ini memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita. Buah papaya juga mudah sekali ditemukan dan harganya pun sangat murah. Buah papaya juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kebutuhan puasa kamu loh.

Kamu bisa memakannya secara langsung maupun dijus untuk menyegarkan ketika kamu sahur dan buka puasa. Mungkin bagi sebagain kamu sering merasa sembelit ketika puasa, buah papaya ini sangat cocok untuk melancarkan pencernaan kamu loh. Tidak hanya itu saja, buah ini juga sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh.

  • Buah Jambu Biji

Salah satu sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan kamu ada di buah ini loh. Selain baik untuk meningkatkan daya tubuh kamu, jambu biji juga dapat memelihara kesehatan gigi dan gusi  kamu loh. Jambu biji juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit karena kandungan vitamin A dan E.

Manfaat lain dari buah ini juga memiliki kandungan serat yang dapat berfungsi sebagai penurun kolesterol dalam darah. Selain itu juga dapat melancarkan pencernaan kamu.

Beberapa sayuran yang memiliki sumber vitamin C yang cocok untuk sahur dan buka puasa

Pastinya ketika kamu berpuasa, kamu diharuskan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin seperti sayur-sayuran. Hal ini bertujuan agar tubuh kamu tetap sehat meski sedang menjalankan puasa. Inilah beberapa sayuran yang memiliki sumber vitamin C yang baik untuk sahur dan buka puasa:

  • Brokoli
sumber vitamin c untuk sahur dan buka puasa
shutterstock.com

Ternyata vitamin C tidak hanya dimiliki oleh buah-buahan saja tetapi ada beberapa sayur yang memiliki vitamin C yang tinggi seperti brokoli ini. Selain mengandung vitamin C yang tinggi, brokoli juga memiliki kandungan antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kamu bisa mengolah makanan ini dengan berbagai macam resep nikmat, seperti cah brokoli, brokoli jamur, bahkan bisa dijus dengan campuran buah lain juga sangat nikmat. Dengan mongonsumsi brokoli setiap harinya saat sahur ataupun berbuka puasa, kamu sudah mencukupi vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kamu.

  • Kentang
sumber vitamin c untuk sahur dan buka puasa
Kentang mengandung vitamin. Foto:https://www.bonappetit.com

Mungkin belum banyak yang tahu, kentang ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup baik untuk kesehatan tubuh kamu. Banyak olahan kentang yang kamu bisa konsumsi saat sahur ataupun berbuka puasa. Mulai dari perkedel, sup kentang, dan sebagainya.

Tak sedikit orang yang mengganti kentang sebagai sumber karbohidrat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Memang jika kentang diolah dan dimasak kadar vitamin C nya lebih rendah, tetapi kandungan vitamin C setelah diolah sudah dapat memenuhi kebutuhan sehar-hari kamu juga kok.

  • Paprika

Buah yang sering menjadi salah satu bahan olahan salad ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Rasanya yang unik seperti rasa manis dan sedikit pedas ini, sangat menggugah selera kamu ketika sahur dan buka puasa. 

Kamu tidak perlu khawatir sakit perut ketika mengonsumsi buah ini saat sahur maupun buka puasa. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar sumber vitamin C? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin