Info Sehat

Kenali Obat Sakit Perut Anak dari Kimia hingga Alami

May 17, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Obat sakit perut anak tersedia dengan berbagai macam baik alami maupun kimiawi. Moms harus kenali ragamnya supaya bisa atasi keluhan sakit perut pada anak.

Keaktifan anak dalam mencoba hal baru, terutama makanan membuat sakit perut menjadi salah satu risikonya. Beberapa kegiatan pun sering mengakibatkan masalah pada perut mereka.

Tapi, jangan panik dulu, Moms perlu tahu sejumlah obat sakit perut anak seperti dijelaskan berikut ini.

Obat sakit perut anak alami

Obat sakit perut anak berikut ini mengandalkan bahan-bahan yang bisa Moms temui di dalam rumah. Beberapa di antaranya harus diminum, namun ada juga yang digunakan di luar tubuh.

Asafetida

Bagi balita, asafoetida atau hing adalah salah satu obat sakit perut yang ampuh. Bumbu dapur ini meringankan sakit perut dengan membantu dalam pelepasan gas dari dalam tubuh.

Caranya cukup mudah, moms cukup campurkan bubuk asafetida ini ke dalam air sampai mengental. Dan oleskan pada sekitar pusar anak, pastikan anak dalam posisi berbaring agar tidak masuk ke dalam pusar.

Yogurt dan makanan probiotik

Makanan-makanan probiotik terkenal dapat menenangkan sakit perut. Sebagai contoh adalah yogurt yang memiliki kandungan probiotik, dapat meringankan diare dan kram.

Makanan dengan probiotik ini memiliki banyak bakteri baik yang dapat mengimbangi hilangnya mikroba di dalam usus.

Teh herbal

Menjaga anak tetap hidrasi adalah hal penting saat mereka terkena sakit perut. Salah satunya adalah dengan minum teh.

Teh herbal dapat menenangkan sakit perut bagi balita. Moms bisa parut sedikit jahe dan rebus bersama teh lalu berikan ke anak yang sudah berusia dua tahun ke atas.

Tapi jika masih di bawah dua tahun, Moms bisa parut jahe lalu oleskan ke sekitar pusar anak.

Teh dengan campuran daun mint dan beberapa tetes lemon juga dapat menjadi ramuan untuk meringankan sakit perut anak.

Madu

Madu merupakan sumber karbohidrat, gula dan antioksidan yang baik. Moms bisa berikan ini ke anak dengan menambahkannya ke dalam teh atau air hangat.

Beberapa anak menyukai madu dengan memakannya secara langsung. Yang perlu diingat, jangan berikan madu pada anak usia kurang dari 2 tahun, ya.

Obat kimia untuk sakit perut anak

Selain obat alami, ada juga obat yang dapat dibeli di apotek atau toko obat. Beberapa obat yang mungkin disarankan dokter antara lain:

Obat diare anak

Penyakit diare biasa disebabkan oleh infeksi yang biasa disebut flu perut. Saat anak terkena diare, dia pun akan merasakan sakit di perutnya.

Berdasarkan anjuran Asosiasi Makanan dan Obat (FDA) Amerika Serikat, beberapa obat yang dapat ditemukan di apotek untuk menyembuhkan diare pada si kecil adalah produk rehidrasi seperi pedialyte, naturalyte, enfalyte dan ceralyte.

Obat intoleransi laktosa

Beberapa anak dapat memiliki intoleransi terhadap laktosa. Dalam artian mereka kesulitan untuk mencerna produk susu dan olahannya.

Salah satu efek dari ketidakmampuan mencerna laktosa membuat anak sakit perut, lho. Untuk itu, Moms harus perhatikan apa yang dikonsumsi anak jika memiliki masalah ini, ya.

Jika anak mengalami sakit perut karena ini, biasanya dokter akan memberikan obat dengan enzim laktase, obat ini hadir dalam bentuk pil maupun cair.

Obat konstipasi anak

Konstipasi menjadi penyebab paling sering sakit perut pada anak. Kalau anak tidak buang air besar untuk beberapa waktu, atau pergerakan ususnya terasa sakit, maka Moms bisa curiga kalau anak terkena konstipasi.

Obat-obatan di apotek yang dapat diberikan pada anak adalah suplemen serat jika Moms kurang memberikan makanan banyak serat kepada anak, obat ini antara lain metamucil atau citrucel.

Selain itu, pemberian suppositoria gliserin juga bisa dilakukan untuk membuat lunak kotoran bagi anak yang tidak bisa menelan obat dalam bentuk pil.

Dokter juga mungkin akan memberikan pencahar untuk menghancurkan sumbatan di usus. Contoh obatnya adalah glycolax dan miralax.

Obat lain

Selain obat-obat di atas, beberapa obat lain untuk sakit perut si kecil di adalah:

  • Liprolac, suplemen probiotik untuk anak.
  • Polysilane untuk anak, untuk meringankan asam lambung.
  • Vometa, obat mual untuk anak.
  • Dramamine, obat untuk mengurangi mual akibat mabuk perjalanan.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Fda.gov (2011) diakses 14 Mei 2020. https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/how-treat-diarrhea-infants-and-young-children
  2. Kidshealth.org (2015) diakses 14 Mei 2020. https://kidshealth.org/en/kids/lactose.html
  3. Mayoclinic.org (2019) diakses 14 Mei 2020. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation-in-children/diagnosis-treatment/drc-20354248
  4. Verywellhealth.com (2019) diakses 14 Mei 2020. https://www.verywellhealth.com/over-the-counter-medicine-for-kids-2633424
  5. Kidshealth.og (2019) diakses 14 Mei 2020. https://kidshealth.org/en/kids/abdominal-pain.html
  6. Parenting.firstcry.com (2019) diakses 14 Mei 2020. https://parenting.firstcry.com/articles/10-best-home-remedies-for-stomach-pain-in-toddlers/
    Berita Terkait
    register-docotr