Kedutan Mata Kiri Pertanda Ada yang Kangen? Yang Pasti-Pasti Aja, Ini Alasan Medisnya

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Pasti banyak orang yang mengatakan bahwa jika mengalami kedutan mata kiri atas ada yang sedang merindukanmu. Kamu percaya? Daripada mengharap yang belum pasti, ternyata begini lho penjelasannya medisnya. Simak ulasannya yuk!

Baca Juga: Benarkah Seks Oral Menyebabkan Kanker Mulut, dan Apa Saja Gejala Kanker Mulut?

Arti kedutan mata kiri atas secara medis

Secara umum kedutan mata kiri atas ditandai dengan perasaan berdenyut atau bergetar di area kelopak mata, bawah mata, hingga alis. Kondisi tersebut terjadi secara berulang dan tidak terkendali. 

Biasanya kamu akan merasakan kedutan mata kiri atas pada satu waktu atau sebaliknya. Kondisi ini jarang terjadi pada kedua mata dalam waktu yang sama.

Pada dunia medis, kedutan mata kiri bagian atas biasa dikenal dengan istilah myokymia. Sensasi berdenyut yang muncul disebabkan oleh saraf kelopak mata bagian atas atau bawah yang menegang dan kejang.

Kondisi ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya. Namun, bisa jadi sangat mengganggu jika kedutan yang dialami ternyata cukup kuat hingga menyebabkan kelopak mata sampai benar-benar menutup dan membuka kembali.

Penyebab kedutan mata kiri atas

Biasanya ada beberapa hal yang menyebabkan mata kiri atas berkedut, antara lain:

Kelelahan

Biasanya kamu akan mengalami mata menjadi berkedut di area kiri atas, setelah seharian menggunakan mata untuk belajar dan bekerja, maka mata akan kelelahan. Hal tersebut membuat kamu menjadi kurang tidur dan mengakibatkan beberapa gangguan pada mata.

Stres

Biasanya jika kamu sedang mengalami stres, mengakibatkan mengalami kedutan mata di area kiri atas. Namun biasanya setelah stres membaik, masalah kedutan mata ini pun akan berangsur hilang.

Konsumsi kafein

Ketika kafein masuk ke tubuh, zat ini akan merangsang sistem saraf pusat, yaitu otak. Kamu mungkin menyadari salah satu efeknya, yaitu mengurangi rasa kantuk.

Tetapi jika kamu mengonsumsi kafein terlalu banyak juga dapat menyebabkan otot tubuh mengejang dan berisiko menimbulkan mata kamu menjadi berkedut.

Alergi adalah faktor penyebab kedutan mata kiri atas

Jika kamu mengalami mata berkedut di kiri atas dapat menjadi tanda bahwa kamu mengalami konjungtivitis alergi. Kondisi ini dapat menyebabkan mata gatal, sehingga seringkali penderita akan mengucek matanya untuk menghilangkan rasa gatal.

Aktivitas ini dapat memicu pengeluaran histamin yang akhirnya dapat mengiritasi mata, sehingga memicu terjadinya kedutan.

Merokok dan minum alkohol

Minuman alkohol dan asap rokok juga merangsang otot pada tubuh kamu menjadi tegang. Alkohol mengandung kafein dan asap rokok mengandung ribuan zat kimia yang masuk ke tubuh.

Kemungkinan besar senyawa pada rokok dan alkohol bisa memicut terjadinya saraf kelopak mata menjadi tegang.

Mata kering

Ketika mata kering secara tidak sadar kamu akan lebih sering berkedip agar mata tetap lembap. Kedipan itulah yang dapat memicu saraf di sekitar mata untuk berkedut. 

Sebaiknya hindarilah hal-hal yang dapat membuat mata kamu kering, seperti misalnya terlalu lama menatap layar gadget.

Cara mencegah dan menangani kedutan mata kiri atas

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah mata berkedut di kiri atas, antara lain:

Mengompres mata

Lakukan hal ini setiap malam menjelang tidur dengan mempelkan kompresan air hangat pada mata yang berkedut. Jika kedutan masih sering muncul, cobalah untuk gonta-ganti kompres air hangat dengan air dingin setiap 10 menit sekali.

Atur jam tidur

Usahakan jangan sampai begadang, karena hal ini dapat menyebabkan mata kamu menjadi kedutan. Usahakan atur jam tidur kamu agar kamu mendapatkan tidur yang cukup.

Akupuntur/pijat

Akupuntur dapat mengurangi mata berkedut di kiri atas caranya dengan menekan dengan jari di area alis dan pijat lembut dengan gerakan memutar selama beberapa menit untuk melemaskan otot-otot mata. Lalu, perlahan bergerak ke sisi luar mata, area bawah mata, dan bagian dalam mata.

Kurangi konsumsi alkohol dan kafein

Usahakan untuk mengurangi konsumsi alkohol, karena alkohol dapat menyebabkan mata berkedut di area kiri atas. Begitu juga kafein, kandungan yang ada di dalam kopi dan teh dapat menyebabkan mata kedutan.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

  1. healthline.com (2018) diakses 6 Juli 2020. Eyelid Twitch. 6 Juli 2020 pukul 18.30. 
  2. Mayo Clinic (2019). Diakses pada 04 Juli 2020. Eye Twitching 
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin