Resep Smoothies Bowl untuk Sahur, Makanan Mudah Nan Sehat!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Resep smoothies bowl untuk sahur bisa kamu buat dengan mudah di bulan puasa. Menu ini kaya nutrisi dan membuat kamu lebih kuat menjalani aktivitas.

Smoothies kaya akan vitamin, antioksidan, dan yang paling penting adalah rasanya tidak berkurang. Rutin mengkonsumsi smoothies sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat yang akan didapat seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlancar sistem pencernaan, serta memperbaiki kualitas tidur.

Baca juga: Berat Badan Naik saat Puasa, Apa Penyebabnya?

Daftar resep smoothies bowl untuk sahur yang bisa dicoba

Resep smoothies bowl untuk sahur bisa dibuat karena cara cukup mudah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada. Namun, perlu diketahui jika smoothies dan jus adalah hal yang berbeda.

Jus biasanya terbuat dari campuran buah, air gula, dan es batu. Nah, untuk smoothies bahan yang gunakan cukup banyak, seperti sayuran atau buah, susu, serta yogurt.

Rasa dari smoothies juga lebih lezat karena komposisi yang beragam dan tentunya menyehatkan. Jika kamu kurang suka mengunyah sayur, maka mengikuti resep smoothies bisa menjadi solusi paling tepat.

Nah, untuk itu simak beberapa ide resep smoothies sehat, segar, serta lezat yang bisa diikuti berikut ini.

1. Resep smoothie pisang selai kacang

Resep smoothie untuk menu sahur yang pertama bisa dimulai dengan menggunakan selai kacang dan pisang. Smoothie jenis ini dapat memberikan energi yang tahan lama dan sangat cocok untuk memulai hari.

Pilihlah selai kacang alami yang tidak mengandung gula tambahan dan minyak terhidrogenasi.

Cara pembuatan smoothie ini adalah masukkan 1 buah pisang, 1 sendok teh selai kacang, dan 10 ons susu rendah lemak. Smoothies ini juga bisa ditambahkan madu untuk menambah cita rasa manis. 

2. Resep smoothie kedelai stoberi pisang

Smoothie yang bisa kamu konsumsi ketika sahur adalah berbahan dasar stroberi dan pisang. Kandungan protein yang tinggi dalam smoothie ini dapat meningkatkan semangat dalam memulai hari ketika berpuasa.

Kedelai juga dikenal sebagai penurun kolesterol jahat karena mengandung antioksidan yang kuat.

Pembuatan smoothies ini adalah dengan mencampurkan 1 cangkir susu kedelai polos, 1 pisang yang telah dipotong-potong, 2 cangkir stroberi, serta 2 sendok teh madu.

Konsumsilah ketika sahur agar tubuh bisa beraktivitas dengan lebih baik.

3. Resep smoothie alpukat raspberry

Kombinasi alpukat dan raspberry memang jarang digunakan untuk membuat smoothies, namun khasiat yang akan didapat tak kalah bagus.

Alpukat memiliki banyak potasium, vitamin C, serat, dan antioksidan yang dapat membantu melawan perkembangan jenis kanker tertentu. 

Resep smoothies ini bisa dibuat dengan mencampurkan 1 buah alpukat, ¾ cangkir jus raspberry, dan ½ cangkir raspberry. Konsumsilah smoothies ini setiap sahur untuk menambah energi ketika berpuasa.

4. Resep smoothie mangga pepaya

Mangga dan pepaya dikenal sebagai sumber vitamin A yang baik untuk tubuh. Tak hanya itu, kedua jenis buah ini kaya akan zat besi serta antioksidan yang mampu membantu melancarkan pencernaan.

Rutin mengkonsumsi smoothies ini bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat karena serta yang terkandung di dalamnya. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah mangga, 1 buah pepaya, 2 cangkir yogurt tawar, 2 sendok makan jus jeruk nipis, 3 sendok makan madu, dan ¼ ekstrak almond.

Campurkan semua di dalam mangkuk dan konsumsi setiap sahur ketika akan berpuasa.

5. Resep smoothie tomat

Resep smoothies bowl praktis dan sehat untuk sahur selanjutnya bisa menggunakan tomat. Khasiat tomat sangatlah bagus untuk kesehatan karena mengandung vitamin A, C, dan K.

Kandungan nutrisi dalam tomat ini dapat meningkatkan kesehatan kulit, mengatur gula dalam darah, melawan kanker, dan meningkatkan kesehatan mata.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat smoothies tomat adalah 2 cangkir tomat, ½ cangkir jus tomat, dan 2 gelas es. Beberapa bahan lain juga bisa ditambahkan, seperti ¼ jus apel, ½ cangkir wortel, dan ¼ cangkir seledri. 

Baca juga: Buka Puasa dengan Makanan Pedas, Apa Efeknya?

Manfaat rutin konsumsi smoothies bowl saat sahur

Bahan utama dalam pembuatan smoothies sehat dan segar adalah sayuran atau buah, dan susu atau yoghurt. Campuran bahan-bahan tersebut sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin saat puasa karena kandungan serta di dalamnya tidak menghilang.

Tubuh yang menerima vitamin dan mineral dalam jumlah cukup akan berdampak baik, terutama pada sistem pencernaan.

Selain itu, manfaat lain yang akan didapat adalah kemampuan mental dan kognitif meningkat lebih tajam, tubuh terhidrasi dengan baik, membantu membuang racun dalam tubuh, dan membantu menurunkan berat badan.

Jika resep smoothies sudah diketahui, segera praktekkan di rumah sebagai menu sahur, ya! Selain memperbanyak pahala di bulan suci Ramadhan, kamu juga perlu menjaga asupan nutrisi ke dalam tubuh.

  1. Healthline (2017), diakses 24 April 2020. 9 Healthy Smoothie Recipes
  2. Boldsky (2015), diakses 24 April 2020. How Smoothies Change Your Life For Good
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin