Manfaat Susu Kambing: Bisa Turunkan Risiko Jantung dan Jaga Metabolisme

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Susu menjadi sumber protein dan kalsium utama, termasuk mengonsumsi susu kambing. Ternyata manfaat susu kambing tak kalah banyak jika dibandingkan dengan susu sapi lho! Apa saja manfaatnya? Simak di sini.

Susu kambing memiliki daya cerna yang tinggi daripada kebanyakan jenis susu lainnya. Susu ini juga dihomogenisasi secara alami dan menawarkan nilai-nilai terapi tertentu dalam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Bagi kesehatan tubuh, susu kambing memiliki banyak sekali manfaat. Kandungan susu kambing yakni nutrisinya, menjadi faktor utama banyaknya manfaat kesehatan yang bisa diperoleh.

Apa saja kandungan susu kambing yang baik untuk tubuh?

manfaat susu kambing
Manfaat susu kambing. Foto: shutterstock.com

Dikemas dengan vitamin dan mineral, alternatif pengganti susu sapi ini dapat dicerna secara lebih lembut di dalam perut dan memberikan solusi bagi sebagian orang dengan sensitivitas laktosa.

Dilansir dari Good House Keeping, kandungan susu kambing dalam setiap 1 cangkirnya, terdiri dari beberapa nutrisi berikut:

  • 140 kalori
  • 7 g lemak total
  • 4 g lemak jenuh
  • 0 g lemak trans
  • 25 mg kolesterol
  • 115 mg sodium
  • 11 g karbohidrat total
  • 0 g serat makanan
  • 11 g gula
  • 8 g protein
  • 3 mcg vitamin D
  • 300 mcg kalsium
  • 420 mg kalium

Tak hanya itu saja, menariknya, susu kambing mengandung lebih banyak vitamin A dan B jika dibandingkan dengan susu sapi.

Baca juga: Efektifkah Susu Penambah Berat Badan Menaikan Bobot? Yuk Simak Penjelasannya

Apa saja manfaat susu kambing?

Susu kambing juga memiliki banyak sekali manfaat yang dapat kamu peroleh jika kamu mengonsumsinya, berikut beberapa manfaat dari susu kambing.

1. Mudah untuk dicerna

Gumpalan lemak yang terdapat dalam susu kambing lebih kecil, dan hal ini mungkin saja salah satu alasan mengapa susu kambing lebih mudah untuk dicerna.

Meskipun susu kambing lebih mudah dicerna dibandingkan dengan susu sapi, keduanya mengandung jumlah laktosa yang sama.

Beberapa orang percaya susu kambing memiliki sedikit laktosa, tetapi hal ini tidak benar. Jika kamu memiliki masalah terhadap laktosa, sebaiknya periksakanlah diri terlebih dahulu sebelum mengonsumsi susu ini.

2. Dapat membantu kesehatan jantung

Susu kambing merupakan sumber yang baik dari magnesium, yakni mineral yang bermanfaat bagi jantung.

Magnesium membantu menjaga detak jantung secara teratur dan mencegah pembentukan gumpalan darah dan peningkatan kadar kolesterol.

Magnesium juga bekerja dengan vitamin D, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan jantung.

Kandungan magnesium yang lebih banyak juga ditemukan dalam susu kambing dibandingkan dengan susu sapi ataupun susu kerbau.

Baca juga: Mendadak Deg-degan? Ternyata Ini Lho Penyebab Jantung Berdebar

3. Dapat meningkatkan kekuatan tulang

Mengonsumsi 400 ml susu kambing memiliki dampak positif terhadap metabolisme tulang. Jika dikombinasikan dengan terapi tulang, susu kambing juga dapat membantu mencegah osteoporosis pada seseroang dengan rheumatoid arthritis.

4. Manfaat susu kambing sebagai agen metabolisme yang baik

Susu kambing merupakan agen metabolisme yang baik karena meningkatkan pemanfaatan metabolisme mineral seperti kalsium dan zat besi.

Tak hanya itu, susu kambing juga mengandung beta-casein A2 yang jauh lebih sehat dibandingkan dengan beta-casein A1 yang terkandung dalam susu sapi.

Beta-casein A2 dianggap sebagai varian beta-casein yang lebih aman.

5. Membantu untuk mengobati anemia

Sebuah penelitian menyatakan bahwa bioavailabitas susu kambing lebih unggul dibandingkan dengan susu sapi.

Tikus yang diberi susu kambing memiliki efisiensi regenerasi hemoglobin yang jauh lebih tinggi (yang merupakan persentase konversi zat besi menjadi hemoglobin).

6. Manfaat susu kambing untuk kulit

Susu kambing dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan bercahaya. Bisa dipakai dalam berbagai produk perawatan kulit, susu kambing bisa dikatakan merupakan salah satu pelembap yang sangat baik.

Susu kambing juga mengandung vitamin A, dan beberapa vitamin B termasuk riboflavin, niacin, B6, dan B12. Semuanya memiliki peran yang sangat penting dalam perawatan kulit, termasuk membantu mengurangi jerawat yang susah hilang.

Di pasaran, kamu bisa mendapatkan manfaat susu kambing untuk kulit melalui berbagai jenis produk seperti:

Sabun susu kambing

Susu kambing ternyata juga bisa diambil manfaatnya dengan diolah menjadi sabun. Ya, kini permintaan akan sabun alami seperti susu kambing semakin populer karena sifatnya yang tidak banyak tercampur oleh bahan-bahan kimiawi.

Dilansir dari Healthline, kandungan susu kambing yang kaya akan lemak jenuh dan tak jenuh memang sangat ideal untuk dibuat menjadi sabun.

Lemak jenuh bisa menghasilkan banyak busa atau gelembung, sedangkan lemak tak jenuh dapat memberikan kelembapan dan menutrisi kulit dengan baik.

Sabun susu kambing juga baik dipakai oleh penderita gangguan kulit seperti psoriasis dan eksim. Hal ini karena kadar kolesterol dan asam lemak pada sabun susu kambing dapat menggantikan lemak yang hilang sekaligus memberikan kelembapan pada kulit para penderita penyakit tersebut.

Handbody susu kambing

Jika setiap hari kamu terus beraktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan, sudah pasti kamu akan memerlukan perlindungan tambahan agar kulit tidak menjadi kusam dan kering. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah memakai handbody susu kambing.

Dibuat dari susu kambing segar, kamu bisa menemukan produk ini dalam 2 bentuk yang berbeda di pasaran. Pertama losion susu kambing yang berbentuk krim dan seperti cairan. Biasanya ini tersedia dalam botol semprot atau botol pompa.

Kedua adalah solid goat milk lotion yang memiliki konsistensi mirip lip balm. Jenis yang satu ini bisa ‘meleleh’ saat dioleskan ke kulit dan umum dijual dalam bentuk stik.

7. Mengandung lebih sedikit alergen

Susu sapi mengandung 20 alergen yang berbeda, kandungan tersebut merupakan alergen yang paling umum di antara anak-anak yang dapat bertahan hingga dewasa. Susu kambing tidak mengandung protein yang memicu alergen.

Meskipun susu kambing mengandung beta-casein A2, tetapi hal tersebut tidak menimbulkan peradangan dan menjadikan susu kambing sebagai susu yang paling mendekati ASI.

Jika kamu bosan dengan susu sapi, tak ada salahnya lho menjadikan susu kambing sebagai pilihanmu untuk mengganti susu sapi.

Selain mengandung banyak nutrisi penting, manfaat yang sudah disebutkan di atas juga dapat kamu peroleh jika kamu mengonsumsi susu sapi.

8. Manfaat susu kambing untuk promil

Apabila saat ini kamu sedang berupaya menjalami program kehamilan (promil), kamu juga bisa mengonsumsi susu kambing sebagai bagian dari ikhtiarmu.

Dilansir dari Delameredairy, kandungan zat besi yang terdapat dalam susu kambing sangat baik untuk memperbaiki kualitas sperma maupun sel-sel telur.

Hal yang sama juga berlaku pada saat kamu hamil, mengonsumsi susu kambing untuk ibu hamil sangat dianjurkan karena kandungan nutrisi di dalamnya bisa mendukung perkembangan janin dengan baik.

9. Manfaat susu kambing untuk pria

Tahukah kamu bahwa pria dua kali lebih mungkin menunjukkan gejala penyakit jantung atau hati daripada wanita? Hal ini bisa dicegah salah satunya dengan rutin mengonsumsi susu kambing,

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, susu kambing mengandung protein, antioksidan dan mudah untuk sistem pencernaan dan hati.  

Jadi selain akan memberikan nutrisi yang baik, kamu juga bisa mencegah risiko terjadinya penyakit jantung dan hati.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

BT. Diakses pada 01 Juni 2020. The Suprising Health Benefits og Goat’s Milk: 6 Reasons to Switch to It 

Healthline (2018). Diakses pada 01 Juni 2020. Goat’s Milk: Is This the Right Milk for You?

Good House Keeping (2020). Diakses pada 01 Juni 2020. All of The Nutritional Facts and Health Benefits of Goat Milk 

Style Craze (2019). Diakses pada 01 Juni 2020. Goat Milk: Health Benefits and Why It Could Be Better Than Cow Milk

Pubmed.gov (1986). Diakses pada 01 Juni 2020. Bioavailability of Iron in Goat Milk Compared with Cow Milk Fed to Anemic Rats

 

 

 

 

6 Surprising Benefits of Goat Milk Soap, https://www.healthline.com/nutrition/goat-milk-soap-benefits#what-it-is diakses pada 23 Oktober 2020

Why Goat Milk is Important in Handmade Soap?, https://www.roseofsharonacres.com/goat_milk_skin_benefits diakses pada 23 Oktober 2020

What is the Best Goat Milk Lotion?, https://goatmilkstuff.com/blogs/goat-milk-soap/goat-milk-lotion diakses pada 23 Oktober 2020

Health Benefits of Goat milk, https://www.bubsaustralia.com/pages/goats-milk-benefits#:~:text=Pregnant%20women%20can%20benefit%20too,in%20the%20best%20way%20possible. diakses pada 23 Oktober 2020

Nutrition for Fertility, https://www.delameredairy.co.uk/living/nutrition-for-fertility/ diakses pada 23 Oktober 2020

 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin