Wajib Tahu, Ini Deretan Aplikasi untuk Menghitung Kalori

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Setiap orang yang melakukan diet bertujuan mendapatkan bentuk tubuh ideal. Namun, saat ini kamu tak perlu lagi membatasi makanan karena bisa langsung mengukur sendiri kalori yang masuk ke dalam tubuh loh. Yuk simak beberapa aplikasi untuk menghitung kalori berikut ini. 

Baca Juga: Kedutan Mata Kiri Pertanda Ada yang Kangen? Yang Pasti-Pasti Aja, Ini Alasan Medisnya

Aplikasi untuk menghitung kalori

Menghitung asupan makanan dan kalori sebenarnya adalah hal yang penting. Dilansir dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mencatat kalori, akan menurunkan lebih banyak berat badan dan lebih menyukai untuk menjaga berat badan dalam jangka waktu panjang. 

Saat ini, menghitung kalori sangat mudah. Ada banyak situs web dan aplikasi berguna yang membantu kamu mencatat makanan dan mengetahui asupan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu tentu semua lebih terkendali saat kamu ingin mengonsumsi makanan atau minuman. 

1. MyFitnessPal 

MyFitnessPal adalah salah satu aplikasi untuk menghitung kalori paling populer saat ini. Aplikasi ini dapat mengetahui berat badan dan menghitung asupan kalori harian yang direkomendasikan.

Tak hanya itu saja aplikasi ini juga berisi buku harian makanan yang dirancang dengan baik dan terdapat catatan olahraga. Pada bagian beranda menyediakan gambaran yang jelas tentang berapa banyak kalori yang telah kamu konsumsi sepanjang hari.

Selain itu, MyFitnessPal juga dapat menunjukkan sisa asupan yang disarankan dan jumlah kalori yang kamu bakar dengan berolahraga.

Aplikasi ini mampu melacak kemajuan kamu menuju berat badan yang dituju dan menawarkan forum obrolan dengan sesama pengguna. Forum yang terdapat pada aplikasi meliputi perbincangan seputar resep, kiat-kiat, dan kisah sukses pribadi.

Database nutrisi yang dimiliki oleh aplikasi MyFitnessPal sendiri memang sangat luas, yaitu memiliki lebih dari 5 juta menu makanan.

Kamu juga dapat mengunduh resep dari internet atau membuat makanan dan hidangan khusus. Aplikasi untuk menghituung kalori ini bahkan menyimpan makanan favorit kamu loh. 

Kelebihan lainnya yaitu alat scanner barcode MyFitnessPal memungkinkan kamu untuk secara langsung memasukkan informasi nutrisi dari beberapa makanan kemasan.

Setiap hari data-data yang diperlihatkan akan diolah menjadi sebuah diagram lingkaran untuk menunjukkan pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak yang ada di dalam tubuhmu. 

MyFitnessPal memang menawarkan versi gratis. Namun, beberapa fitur-fiturnya hanya dapat diakses dalam versi premium, yaitu seharga $ 49,99 per tahun.

2. Cronometer 

Perlu kamu ketahui aplikasi Cronometer adalah satu aplikasi untuk menghitung kalori.

Pada aplikasi ini kamu akan menginput makanan dan juga jumlahnya ke dalam menu yang telah disediakan. Tentu tak hanya itu saja Cronometer akan menunjukkan jumlah kalori dan juga nutrisi penting lainnya seperti vitamin, kalsium, zat besi, dan protein.

Ketika kamu olahraga juga bisa menggunakan Cronometer ini sebagai aplikasi untuk menghitung kalori yang terbakar. Namun jangan sampai lupa untuk memasukkan kegiatan atau olahraga apa yang dilakukan serta lama durasi saat kamu bergerak ya. 

3. FatSecret

FatSecret adalah salah satu aplikasi untuk menghitung kalori secara gratis. Ini termasuk buku harian makanan, database nutrisi, resep sehat, catatan olahraga, grafik berat badan dan jurnal.

Kelebihannya adalah aplikasi FatSecret menawarkan tampilan secara ringkas setiap bulannya, memberikan total kalori yang dikonsumsi setiap hari dan total rata-rata untuk setiap bulan. Fitur ini mungkin nyaman untuk mengetahui seberapa besar kemajuan kamu secara keseluruhan.

Aplikasi untuk menghitung kalori ini sangat user-friendly. Aplikasi ini juga memiliki komunitas obrolan di mana pengguna dapat bertukar kisah sukses dan mendapatkan tips, resep, dan lainnya.

Baca juga: Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Harus Kamu Ketahui

4. SparkPeople aplikasi untuk menghitung kalori

SparkPeople adalah aplikasi untuk menghitung kalori berfitur lengkap yang mampu mengetahui asupan nutrisi, aktivitas, tujuan, dan kemajuan kondisi tubuh yang dialami seseorang.

Situs SparkPeople memiliki komunitas besar. Beberapa isi di dalam aplikasinya termasuk resep, berita kesehatan, demo olahraga, hingga artikel oleh para ahli kesehatan dan kebugaran.

Versi gratisnya memiliki salah satu database makanan dan nutrisi online terbesar, tetapi sebagai salah satu syaratnya kamu harus meningkatkan akun untuk mengakses banyak fitur lainnya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

  1. Healthline.com (2018) diakses 9 Juli 2020. The 5 Best Calorie Counter Websites and Apps
  2. Goodhousekeeping.com (2019) diakses 9 Juli 2020. 6 Best Calorie Counting Apps, According to a Nutritionist
  3. Womenshealthmag.com (2020) diakses 9 Juli 2020. Best Calorie Counting Apps: 6 to Count Macros, Scan Snacks and Track Progress

 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin