Sering Dibuang, Ternyata Ini Manfaat Tersembunyi Air Tajin untuk Kecantikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Apakah kamu suka membuang air tajin ketika sedang masak nasi? Nah, setelah membaca artikel ini pasti kamu menyesal melakukan itu. Ternyata air tajin punya manfaat untuk kecantikan. Bahkan air tajin untuk kecantikan populer di Asia sebagai toner alami. 

Air ini memiliki khasiat untuk meningkatkan pertumbuhan sel, merangsang aliran darah dan menjaga kulit tetap halus dan cerah. Maka, tak heran jika air tajin untuk kecantikan sangat bisa diandalkan. Ingin tahu apa saja manfaat air tajin untuk kecantikan? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Jangan Abaikan Bekas Luka, Ternyata Ini Penyebab Keloid

Apa itu air tajin?

Air tajin adalah air yang tersisa setelah nasi dimasak. Karena dihasilkan dari proses memasak nasi, air tajin juga biasa disebut air beras atau air pati. Di dalam air pati, terkandung 9 persen zat pati yang dimanfaatkan produk kosmetik asal Jepang.

Di Jepang, air tajin untuk kecantikan sudah dimanfaatkan sejak 1.000 tahun lalu.

Air tajin diketahui mengandung zat yang dikenal dapat membantu melindungi dan memperbaiki kerusakan kulit. Menariknya, air yang seringkali dibuang saat memasak nasi ini bisa kamu dapatkan dengan mudah, praktis, dan tentunya gratis.

Sederet manfaat air tajin untuk kecantikan

Air tajin untuk kecantikan banyak dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan air tajin mengandung asam ferulic, antioksidan kekuatan dan allantois yang mengandung sifat anti-inflamasi.

Selain itu, air tajin juga mengandung vitamin yang membantu mengurangi pigmentasi kulit gelap. Kemudian mineral yang mengencangkan pori-pori terbuka kulit dan memiliki asam amino yang penting untuk rambut dan kulit yang indah.

Untuk lebih jelasnya, kenali manfaat air tajin berikut ini.

1. Mencerahkan kulit

Manfaat air tajin untuk kecantikan sangat direkomendasikan karena membantu memiliki kulit cerah dengan perawatan alami. Tak hanya itu, air tajin juga mampu menutupi flek hitam di wajah, loh!

Banyak produk kecantikan seperti sabun, toner, hingga krim wajah mengandung air tajin. Senyawa kimia alami yang terkandung dalam air tajin diyakini dapat mengurangi pigmen di kulit.

2. Air tajin untuk kecantikan bisa memperbaiki kerusakan kulit

Sebuah studi yang dilakukan pada 2013 menunjukkan bahwa air tajin dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari. Hasil penelitian mengungkap bahwa air tajin memiliki sifat tabir surya alami.

Selain itu, air tajin untuk kecantikan juga dapat dimanfaatkan sebagai anti aging alami. Dengan kemampuannya meningkatkan kolagen di kulit, air tajin dapat membuat kulitmu lebih kenyal dan mencegah keriput.

3. Merawat rambut rusak

Air tajin mengandung inositol yang dibawa dari beras. Inositol adalah senyawa kimia alami yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk perawatan tubuh.

Pada rambut rusak, inositol membantu memperbaiki rambut dari dalam jaringan hingga lapisan terluar rambut. Inositol juga dipercaya dapat mengatasi rambut bercabang.

4. Melembapkan rambut

Kadar asam amino yang terkandung dalam air tajin dapat melembapkan rambutmu yang kekeringan. Air tajin juga menyeimbangkan tingkat PH kulit kepala dan meningkatkan kekuatan rambut.

Kamu juga bisa menjadikan air tajin sebagai hair conditioner. Oleskan pada rambut sesudah keramas, diamkan 10 menit lalu bilas lagi menggunakan air dingin.

5. Mengatasi jerawat dan peradangan kulit

Banyak orang mengklaim bahwa menggunakan air tajin dapat menenangkan kulit dan mengatasi jerawat. Air tajin juga dipercaya dapat membersihkan noda yang disebabkan oleh kondisi kulit seperti eksim.

Air tajin mengurangi kemerahan pada kulit dengan mengencangkan pori-pori. Ini dapat dilakukan dengan mengompres wajah menggunakan air tajin selama kurang lebih 10 menit.

Studi yang dilakukan Vrije University di Belgia menemukan bahwa air tajin mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Pasien yang menderita dermatitis atopik dapat sembuh dengan mandi air tajin setidaknya selama 15 menit dua kali sehari.

6. Pembersih wajah

Memakai make-up seharian dan tidak membersihkannya dapat mendatangkan masalah di wajah seperti jerawat. Nah, jika biasanya kamu membersihkan wajah menggunakan bahan yang mengandung kimia. Sesekali kamu harus mencoba pembersih wajah dari air tajin yang alami.

Cara penggunaannya juga mudah, kamu cukup mencelupkan kapas ke wadah yang berisi air tajin dan memijatnya dengan lembut selama dua menit lalu biarkan mengering. Penggunaannya yang teratur membuat wajah kenyal, lembut, kencang dan bercahaya.

7. Air tajin untuk kecantikan memperlambat penuaan

Sebuah studi mengevaluasi efek formulasi gel yang mengandung air beras pada kulit manusia. Penelitian ini melibatkan 12 sukarelawan yang menggunakan formulasi selama 28 hari.

Ditemukan bahwa air beras sarat dengan antioksidan yang dapat menghambat aktivitas elastase (enzim yang merusak elastin). Dengan demikian, ini bisa membantu menjaga elastisitas kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

Baca Juga: Banyak Menyerang Lansia, Kenali Cara Mencegah Alzheimer

Cara menggunakan air tajin untuk kecantikan

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Pertama-tama, sebelum kamu gunakan, pastikan kamu telah mencuci beras dengan bersih. Cara penggunaannya seperti:

1. Dididihkan

Gunakan sekitar empat kali lebih banyak air daripada nasi. Aduk nasi dan air bersama-sama dan didihkan.

Ambil sendok dan tekan beras untuk melepaskan bahan kimia, lalu saring air dengan saringan. Setelah semua tersaring, masukan ke dalam wadah yang kedap udara dan diamkan selama satu minggu.

Air beras akan menjadi kental, sebelum digunakan tambahkan sedikit air.

2. Direndam

Cara ini sangat mudah, kamu cukup merendam air dan beras selama kurang lebih 30 menit.

3. Fermentasi

Untuk membuat air beras fermentasi, rendam air beras. Masukkan ke dalam stoples pada suhu kamar selama satu atau dua hari. Saat wadah mulai berbau tidak sedap, masukkan ke dalam kulkas. Encerkan dengan air biasa sebelum digunakan.

Ada banyak cara untuk membuat kamu cantik, salah satunya dengan cara alami dengan air pati dari beras. Kamu bisa mulai mencoba dan rasakan manfaatnya.

Jika kamu punya pertanyaan lebih lanjut mengenai masalah kesehatan lainnya. Jangan ragu untuk berkonsultasi secara online di GrabHealth!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin