6 Penyebab Wanita Sulit Orgasme saat Bercinta, Mau Tahu Apa Saja?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Diakui atau tidak, ada banyak hal yang dianggap tabu saat kita hendak menyelami kehidupan seksual kaum hawa. Salah satunya adalah saat ingin mencari tahu penyebab wanita sulit orgasme.

Padahal hal ini tak sekadar berkaitan dengan urusan ranjang, melainkan juga bisa menandakan gangguan kesehatan yang serius. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui berbagai penyebab wanita sulit orgasme berikut ini.

Apa itu gangguan orgasme pada perempuan

Dikenal dengan istilah medis anorgasmia, gangguan orgasme pada perempuan terjadi ketika ia kesulitan orgasme meski memiliki hasrat seksual normal dan telah melakukan stimulasi yang cukup.

Dilansir dari Healthline, sekitar 11 sampai 41 persen kaum hawa diketahui mengalami gangguan ini.

Penyebab wanita sulit orgasme

Menurut nhs.uk, penyebab wanita sulit orgasme bisa datang dari faktor fisik maupun mental.

Gangguan ini sendiri dibedakan menjadi 2 jenis. Pertama, saat perempuan tidak pernah sama sekali mengalami orgasme. Kedua, ketika perempuan pernah mengalami orgasme di masa lalu tapi tidak bisa mendapatkannya kembali saat ini.

Penyebabnya secara umum adalah sebagai berikut:

Konsumsi obat-obatan tertentu

Dilansir dari Healthline, beberapa jenis obat anti depresi seperti citalopram, duloxetine, escitalopram, paroxetine, fluoxetine, dan sertraline dapat menimbulkan efek samping berupa masalah seksual.

Ini dikarenakan obat-obatan tersebut termasuk dalam kategori obat yang disebut SSRIs (selective serotonin reuptake inhibitors). Tujuan dari golongan obat ini adalah meningkatkan kadar serotonin di dalam tubuh agar orang yang mengonsumsinya bisa merasa tenang.

Di saat yang bersamaan, hal ini disertai dengan penurunan hasrat seksual yang cukup signifikan. Ini terjadi karena hormon yang membuat tubuh bereaksi terhadap seks tidak bisa sampai ke otak.

Perempuan yang mengonsumsi obat-obatan jenis ini juga bisa lebih sulit mengalami vagina basah dan kesulitan orgasme.

Usia lanjut

Perubahan perilaku seksual seiring dengan pertambahan usia adalah hal yang wajar. Ini karena ada banyak fungsi organ yang mengalami penurunan seiring dengan seseorang semakin tua.

Hal yang sama juga berlaku untuk kaum hawa. Beberapa faktor seperti perubahan hormon akibat dari menopause, atau konsumsi obat-obatan tertentu sangat bisa menurunkan gairah seksual. Secara tidak langsung ini akan berujung pada kesulitan orgasme saat berhubungan intim.

Menderita penyakit diabetes

Penderita gangguan kesehatan ini umumnya akan mengalami penurunan nafsu birahi yang cukup drastis. Khusus untuk kaum hawa, penyakit ini juga membuat vagina menjadi sangat kering. Ini disebabkan perubahan hormon atau aliran darah yang berkurang ke alat kelamin.

Tak hanya itu, perempuan yang mengidap diabetes tipe 2 juga lebih berisiko terkena infeksi vagina, bahkan kerusakan syaraf pada kandung kemih. Kedua hal ini tentu membuat perempuan berpotensi merasa sakit saat berhubungan intim.

Pernah mengalami operasi pada sistem reproduksi

Jika kamu pernah menjalani operasi histerektomi untuk menghilangkan rahim, besar kemungkinan kamu akan kesulitan mencapai orgasme dalam beberapa waktu setelah tindakan.

Ini dikarenakan kehilangan indung telur yang menghasilkan hormon testosteron dan estrogen akan menurunkan gairah seksual yang kamu miliki.

Selain itu, operasi ini juga akan menyebabkan efek samping berupa rasa sakit dan perdarahan pada alat reproduksi. Kedua hal tersebut secara tidak langsung akan menghalangi perempuan menikmati hubungan seksual.

Akan tetapi kamu tak perlu khawatir karena hal ini hanya berlangsung sementara. Seiring dengan berjalannya proses penyembuhan yakni sekitar beberapa minggu, kamu akan bisa kembali mencapai orgasme.

Rasa malu

Terkadang perempuan merasa malu saat hendak berhubungan intim karena takut tidak memuaskan pasangannya.

Sedikit banyak perasaan ini menjadi hambatan baginya untuk menyampaikan apa yang dirasakan terkait kehidupan seksualnya. Jika terjadi terus-menerus, tak jarang ini akan menjadi salah satu penyebab wanita sulit orgasme yang sulit diatasi.

Stres

Perempuan yang memiliki kadar hormon kortisol tinggi akan kesulitan merasa bergairah dan cenderung mudah terganggu saat berhubungan intim.

Hal ini didukung penelitian yang dilansir dari ncbi.gov. Di situ disebutkan bahwa efek dari tekanan mental maupun kadar hormon penyebab perasaan tertekan yang tinggi akan sangat membuat perempuan sulit orgasme.

Jika kamu merasa memiliki pertanyaan seputar penyebab wanita sulit orgasme atau hal lainnya, jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut kepada dokter profesional di layanan konsultasi Good Doctor yang dapat diakses melalui aplikasi Grab 24/7 sekarang.

Orgasmic Dysfunction, https://www.healthline.com/health/orgasmic-dysfunction diakses pada 3 Juli 2020

Chronic stress and sexual function in women, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4199300/ diakses pada 3 Juli 2020

What You Should Know About Shyness, https://www.healthline.com/health/shyness diakses pada 3 Juli 2020

How to Approach Sex After a Hysterectomy, https://www.healthline.com/health/sex-after-hysterectomy diakses pada 3 Juli 2020

Sex and Aging, https://www.healthline.com/health/healthy-sex-and-aging diakses pada 3 Juli 2020

Type 2 Diabetes and Sexual Health, https://www.healthline.com/health/type-2-diabetes/sex-health diakses pada 3 Juli 2020

What can cause orgasm problems in women?, https://www.nhs.uk/common-health-questions/sexual-health/what-can-cause-orgasm-problems-in-women/ diakses pada 3 Juli 2020

Managing Antidepressant Sexual Side Effects, https://www.healthline.com/health/erectile-dysfunction/antidepressant-sexual-side-effects, diakses pada3 Juli 2020

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin